Share

Nutrisi untuk Ibu Menyusui Agar ASI Banyak, Berlimpah dan Lancar

Nutrisi untuk ibu menyusui biasanya didapat dari makanan yang dikonsumsinya. Makanan yang dikonsumsi ibu menyusui harus makanan yang memiliki gizi yang baik, sehingga nutrisi untuk ibu menyusui dan bayinya tercukupi. Apabila nutrisi sang ibu tercukupi secara otomatis ASI yang dihasilkan juga berlimpah dan berkualitas.

Makanan untuk Ibu Menyusui

Nah, makanan apa saja yang sangat baik di konsumsi ibu menyusui? Nutrisi apa yang harus terpenuhi? Dan seberapa banyak nutrisi yang dibutuhkan?

Untuk menjawab itu semua, mari simak penjelasan di bawah ini.

1. Manfaat Nasi Merah dan Gandum Utuh untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui tentu saja membutuhkan karbohidrat yang cukup. Asupan karbohidrat bisa didapat dari nasi dan roti. Agar tidak bosan, bisa sesekali mengganti menu makanannya dengan bahan gandum utuh. Karena seratnya lebih banyak dibandingkan dengan nasi.

Makanan ini memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk ibu dan bayi, karena terdapat kandungan asam folat. Selain itu ada juga yang bisa dijadikan alternatif, yaitu nasi merah. Dengan mengkonsumsi nasi merah maka produksi ASI akan terus meningkat dan berkualitas, hal tersebut dikarenakan ketersediaan kalori dalam nasi merah yang sangat tinggi.

2. Manfaat Telur dan Ikan untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui tentu harus cukup kebutuhan protein di dalam makanannya. Oleh karena itu konsumsilah telur dan daging, karena banyak mengandung vitamin D yang sangat berperan untuk pembentukan tulang bayi. Telur juga memiliki DHA yang kaya, sehingga kandungan asam lemak esensial didapat lebih tinggi.

Selain telur, ikan juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Setidaknya dua porsi dalam seminggu. Pilihlah ikan yang kandungan DHA nya banyak, seperti ikan salmon. Kandungan DHA ini selain baik untuk perkembangan syaraf bayi, juga baik untuk mengurangi stres setelah melahirkan.

3. Manfaat Buah dan Sayuran untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui juga disarankan sering makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Kandungan serat dalam buah dan sayuran sangat baik untuk sistem pencernaan sang ibu. Bermacam mikronutrisi dalam buah dan sayuran juga berperan dalam pertumbuhan ibu dan anaknya.

Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran secara rutin, adanya konstipasi pasca melahirkan akan bisa teratasi. Dengan catatan buah dan sayuran yang dikonsumsi bebas dari pestisida.

Tingkat Kecukupan Nutrisi Bagi Ibu Menyusui

Kebutuhan gizi bagi ibu menyusui itu berbeda dengan wanita yang tidak menyusui. Oleh karena itu tingkat nutrisinya juga berbeda. Kira-kira seberapa banyak sih kalori, vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk ibu menyusui? Berikut ini penjelasannya.

1. Kalori untuk Ibu Menyusui

Kalori yang dibutuhkan ibu menyusui adalah 500 kalori. Lalu bagaimana mengetahui tingkat kalorinya? Caranya dengan berpatokan rasa lapar yang sering terjadi.
Setiap individu memiliki penghitungan kalori yang berbeda. Hal ini dikarenakan kebutuhan makanan busui dipengaruhi oleh berbagai kondisi dan faktor. Oleh sebab itu ibu menyusui harus memperhatikan metabolisme tubuhnya, aktivitasnya dan frekuensi menyusui.

2. Vitamin dan Mineral untuk Ibu Menyusui

Vitamin dan mineral merupakan nutrisi yang wajib terpenuhi oleh ibu menyusui. Vitamin dan mineral yang cukup akan memberikan pertumbuhan yang baik bagi ibu dan bayi.

Vitamin dan mineral ini berasal dari makanan yang bernilai gizi tinggi, seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan dan ikan. Energi makanan yang berbasis alami akan bertahan lebih lama daripada yang berbahan sintesis. Ini juga akan membiasakan bayi ketika diberikan makanan pendamping ASI.

3. Cairan Tubuh untuk Ibu Menyusui

Cairan dalam tubuh juga sangat penting bagi ibu menyusui. Minumlah air agar cairan dalam tubuh terpenuhi. Jangan menunggu ketika haus, tapi biasakan minum air putih secara rutin.

Memang dengan banyak minum air tidak berpengaruh terhadap produksi ASI untuk bayi, akan tetapi usaha untuk mencukupi cairan dalam tubuh sang ibu sangatlah penting. Perlu diingat bahwa ketika ibu menyusui, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin, akibatnya sang ibu akan sering merasa kehausan.

Makanan yang Harus Dihindari oleh Ibu Menyusui

Ibu menyusui harus berhati-hati terhadap makanan yang dikonsumsinya. Hindari makanan yang berpotensi mengganggu kesehatan sang ibu dan bayinya.

Berikut ini makanan atau zat yang harus dihindari oleh ibu menyusui, diantaranya:

1. Minuman keras

Setiap makanan atau minuman yang ibu konsumsi akan menjadi makanan bagi sang bayi. Kandungan alkohol dalam minuman keras (misalnya dari sebotol bir) dapat bertahan di dalam tubuh sekitar 2 sampai 3 jam. Jika sang ibu mengkonsumsi minuman yang beralkohol, maka sang bayi juga akan mengkonsumsinya melalui ASI yang diberikan pada jangka waktu tersebut.

2. Kafein

Mengkonsumsi kafein secara berlebihan juga tidak diperkenankan bagi ibu menyusui. Karena dapat mengganggu sistem pencernaan bagi sang buah hati. Kandungan kafein dapat ditemukan di dalam kopi, coklat, minuman ringan dan teh. Saran kami cukuplah dengan mengkonsumsi air mineral saja.

3. Ikan yang Terkontaminasi Merkuri

Ikan memang memiliki banyak protein, akan tetapi hindari ikan yang telah terkontaminasi oleh merkuri. Ada beberapa ikan yang terkontaminasi oleh merkuri diantara, makarel, hiu, kakap dan todak.

Suplemen untuk Ibu Menyusui

asi-booster-tea

jual asi booster tea

Untuk memenuhi nutrisi ibu menyusui, selain dari makanan-makanan yang tadi telah dijelaskan. Ibu menyusui juga disarankan untuk mengkonsumsi suplemen untuk kualitas ASI nya. Salah satunya adalah ASI Booster Tea. Berikut ini penjelasannya:

***Untuk pemesanan silahkan hubungi SMS/WA 085780391203 PIN BB 5B8D8D36***

1. Manfaat ASI Booster Tea untuk Memperbanyak ASI

ASI Booster Tea bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ASI dan poduksi ASI. ASI yang berkurang produksinya disebabkan oleh asupan makanan dan kondisi mood sang ibu. Jika ibu sedang stess dan pola makan yang buruk, dapat mengakibatkan produksi ASI berkurang.

Oleh karena itu ASI Booster Tea berguna untuk mengcover kondisi ASI sang ibu agar selalu produktif dan berkualitas.

2. Manfaat ASI Booster Tea untuk Memperlancar ASI

Jika sang ibu dalam kondisi yang tidak sehat, maka akan terjadi penyumbatan pada saluran ASI. Penyumbatan ini terjadi karena terdapat epitel-epitel yang terlepas, yang disebabkan oleh kondisi psikis sang ibu dan kebersihannya.

Oleh karena itu ASI Booster Tea berguna untuk memperlancar ASI karena terdapat kandungan alami herbal. Yuk konsumsi ASI Booster Tea agar ASI sang bunda lancar dan melimpah.

Leave a Reply