Cara Mengobati dan Menghilangkan Penyakit Mata Ikan

Mata Ikan – Penyakit mata ikan merupakan jenis penyakit kulit yang cukup menyengsarakan di antara penyakit kulit lainnya. Karena posisi tumbuhnya penyakit di tempat yang sering kali digunakan untuk beraktivitas yaitu di tangan dan di telapak kaki. Bagi anda yang dulunya mantan santri, tentu sudah tidak asing lagi dengan penyakit ini.

Apa Itu Mata Ikan?

mata ikan di kaki

mata ikan di kaki

Mata Ikan merupakan penyakit kulit yang biasanya menyerang bagian telapak kaki. Dalam istilah medis penyakit ini biasa disebut dengan clavus yang disebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV). Penyakit mata ikan ini pada umumnya tumbuh pada kulit permukaan kaki, jari-jari kaki, tumit, telapak dan jari-jari tangan. Gejala-gejala yang ditimbulkan yaitu ditandai dengan penebalan dan pengerasan kulit.

Penyebab Mata Ikan

penyebab mata ikan

penyebab mata ikan

Sebagaimana telah disinggung di atas, penyakit mata ikan disebabkan oleh virus Human Papilomavirus (HPV). Virus Human Papilomavirus ini (HPV) ada dua jenis yakni HPV-1 dan HPV-2. HPV-1 menyerang pada kaki, sedangkan HPV-2 menyerang pada tangan. Munculnya virus HPV dikarenakan beberapa macam kondisi. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab mata ikan di kaki ataupun di tangan:

  1. Kurang dalam menjaga kebersihan, seperti menggunakan sepatu dan kaus kaki yang kotor atau lembab, karena jarang dicuci atau diganti.
  2. Tekanan yang berlebihan, seperti menggunakan sepatu yang sempit atau cara berjalan yang salah.
  3. Adanya gesekan secara terus menerus pada area kaki atau tangan.
  4. Kamar mandi yang kotor, seperti menggunakan kamar mandi secara bersamaan (biasa di tempat kost, asrama, dan lain sebagainya)
  5. Jarang cuci tangan dan kaki.

Dari beberapa poin di atas, dapat disimpulkan bahwa terjadinya penyakit mata ikan disebabkan karena masalah kebersihan dan tekanan yang berlebihan.

Cara Mengobati dan Menghilangkan Mata Ikan

mengobati-mata-ikan

satujam.com

Tidak perlu khawatir dengan mata ikan, karena penyakit ini bisa disembuhkan. Untuk mengobati atau menghilangkan mata ikan bisa dengan obat alami atau tradisional, tergantung dari tingkat penyakit mata ikan tersebut.

Jika mata ikan itu sudah terinfeksi atau akut (diobati tapi tidak kunjung sembuh) lebih baik di bawa ke dokter spesialis kulit, kemungkinan harus di operasi kecil untuk di keluarkan mata ikannya.

Namun jika masih dini bisa disembuhkan dengan cara alami dan tradisional. Ada beberapa bahan alam dari tumbuh-tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan mata ikan, di antaranya:

Getah Pepaya

Getah pepaya sangat berguna untuk dijadikan obat mata ikan yang ampuh. Caranya pertama-tama, bersihkanlah terlebih dahulu kaki yang terkena mata ikan dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur garam. Rendamlah area kaki yang terkena mata ikan di air hangat tersebut selama kurang lebih 15 menit.

Setelah itu, bersihkanlah menggunakan air biasa lalu keringkan menggunakan handuk yang bersih. Setelah kering, oleskan getah pepaya di area yang terkena mata ikan tersebut. Dan lakukanlah pengobatan ini secara terus-menerus hingga mata ikan membaik dan sembuh. Usahakan juga untuk tidak menggunakan area yang terkena mata ikan ketika beraktitas agar proses penyembuhannya berjalan cepat.

Getah Kamboja

Cara menghilangkan mata ikan di telapak kaki dan tangan yang selanjutnya adalah menggunakan getah kamboja. Sejak jaman dahulu, getah dari pohon yang biasa tumbuh di area pemakaman ini memang terkenal sebagai obat berbagai penyakit kulit yang mujarab.

Untuk cara pengobatannya, pertama-tama bersihkan dulu area yang terkena mata ikan seperti cara di atas.
Setelah itu, petik daun kamboja lalu oleskanlah getahnya di area tersebut secara merata. Lakukanlah pengobatan ini secara rutin hingga mata ikan menghilang.

Daun Dewa

Daun dewa memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal, salah satunya yaitu untuk menyembuhkan penyakit mata ikan. Caranya, ambilah 5 helai daun dewa kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, tempelkan tumbukan daun dewa pada area kulit yang terkena mata ikan secara merata. Kemudian balutlah dengan perban. Usahakan agar daerah tersebut tidak digunakan untuk beraktivitas terlebih dahulu. Lebih baik digunakan saat malam hari menjelang tidur.

Bawang Putih

Selain sebagi bahan bumbu dapur, bawang putih ternyata berkhasiat sebagai obat mata ikan di telapak kaki dan tangan. Caranya, ambillah satu siung bawang putih kemudian tumbuk hingga halus. Setelah halus, oleskanlah ke seluruh permukaan kulit yang terkena penyakit mata ikan. Lalu, balutlah dengan menggunakan perban atau kain kasa. Lalukanlah secara rutin. Dalam beberapa hari, mata ikan akan mulai membaik dan akhirnya sembuh secara total.

Buah Lemon

Selama ini buah lemon memang dikenal dapat menghaluskan kulit yang kasar. Nah, lemon juga ternyata
dapat membantu proses pengobatan mata ikan. Caranya, gosoklah area kulit yang terkena mata ikan secara teratur dengan buah lemon. Berangsur-angsur area kulit tersebut akan halus sehingga mudah untuk digosok dengan menggunakan batu apung.

Cuka Apel

Sama halnya seperti lemon, cuka sari apel juga dapat membantu menghaluskan daerah kulit yang terkena mata ikan sebelum digosok dengan batu apung. Caranya, cukup rendam daerah mata ikan tersebut selama kurang lebih 20 menit dengan cuka sari apel. Setelah itu, gosoklah dengan menggunakan batu apung.

Lakukan aktivitas pengobatan ini secara rutin selama 3 kali sehari. Banyak orang yang menyatakan, dengan menggunakan trik ini akan membuat akar mata ikan terlepas dengan sendirinya. Dan setelah beberapa hari bekas mata ikan pun akan kering.

Cara Praktis – Anda bisa menggunakan Callusol yang banyak dijual di apotik. Silahkan dibaca terlebih dahulu cara pemakaiannya.

Cara Mencegah Mata Ikan

Mencegah penyakit mata ikan sangat erat kaitannya dalam menjaga kebersihan. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga diri agar terhindar dari penyakit mata ikan, di antaranya:

  1. Gunakanlah sepatu dan kaus kaki yang bersih. Bila sepatu dan kaus kaki basah akibat hujan, lekas cuci dan jemur agar tidak lembab. Biasakan untuk menggantik kaus kaki secara rutin agar tidak menjadi sarang bakteri.
  2. Hindari menggunakan alas kaki atau sepatu yang sempit. Gunakanlah alas kaki atau sepatu yang nyaman. Bila dirasa sudah kekecilan segera ganti dengan alas kaki atau sepatu yang nyaman digunakan.
  3. Sebelum tidur atau setelah beraktivitas usahakan cuci tangan dan kaki.

Demikianlah beberapa cara mengobati dan menghilangkan mata ikan dengan cara alami atau tradisional. Jikalau sekiranya mata ikan itu sudah terinfeksi dan tak kunjung sembuh, segera konsultasi ke dokter sepesialis kulit. Semoga sembuh bagi yang sakit dan semoga terhindar bagi yang sehat.

Tags:

Leave a Reply

Share
Additional Info