15 Manfaat VCO (Virgin Coconut Oil) Untuk Tubuh, Kulit dan Rambut

Manfaat VCO – Pernahkah Anda mendengar yang namanya virgin coconut oil atau yang lebih dikenal dengan sebutan minyak kelapa murni? Siapa sangka jika minyak yang essensial dari sari kelapa ini ternyata banyak memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Tidak mengherankan jika kini minyak tersebut banyak dijumpai di berbagai toko obat. Dengan manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) yang sangat luar biasa ini, sudah saatnya Anda mendapatkan produk tersebut demi menjaga kesehatan diri Anda.

manfaat minyak vco untuk kesehatan

manfaat minyak vco untuk kesehatan

Manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil)

Selanjutnya, tanpa mengabaikan manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) sesungguhnya, pada hakikatnya minyak ini dibuat dengan mengambil sari kelapa yang masih muda. Melalui proses pemanasan yang tepat akan dihasilkan minyak kelapa murni tersebut.

Setelah minyak tersebut diambil, Anda bisa menyimpannya hingga mampu bertahan selama 12 bulan lamanya pada suhu ruangan. Untuk lebih jelasnya mengapa kita harus memiliki minyak tersebut, berikut ini beberapa manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) yang perlu Anda ketahui lebih lanjut.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) yang perlu Anda ketahui adalah peningkatan sistem kekebalan tubuh seseorang yang menjadi lebih baik. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya kandungan anti-virus atau yang lebih dikenal dengan nama antibiotic di dalamnya. Ketika Anda berpeluang terinfeksi suatu penyakit, dengan mengkonsumsi minyak vco ini, Anda nantinya akan bisa bertahan dan tidak mudah sakit.

manfaat minyak vco untuk kecantikan

manfaat minyak vco untuk kecantikan

  1. Meningkatkan sistem kerja kardiovaskuler

manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) yang lainnya juga bisa Anda rasakan dengan adanya peningkatkan kinerja sistem kardiovaskuler. Hal ini disebabkan oleh adanya kemampuan minyak VCO dalam menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan jantung juga.

Pengaruh minyak kelapa yang mampu menurunkan kadar kolesterol ini juga dibuktikan sejak lama oleh kaum Polinesia yang berada di kepulauan Cook. Disebutkan bahwa terkait dengan manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) ini, kebanyakan orang Polinesia tersebut mengkonsumsi banyak minyak kelapa, sehingga kebanyakan dari mereka memiliki kolesterol yang stabil serta peluang terserang penyakit jantung yang rendah.

  1. Meringankan gejala hypothyroidism

Kaitannya dengan manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil), disebutkan bahwa minyak VCO ini juga sangat ampuh dalam meringankan permasalahan hyphothyroidisme yang dalam hal ini dikenal dengan sebutan pembesaran kelenjar thyroid. Dikatakan bahwa banyak orang yang telah membuktikan manfaat minyak VCO tersebut.

BACA  35 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Namun demikian, Anda yang ingin menjajal cara ini di saat kelenjar thyroid Anda mengalami pembengkakan, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dahulu dengan dokter pribadi Anda. hal ini penting untuk menghindari dampak negative atas pemberhentian obat–obatan yang diberikan dan beralih ke manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil).

  1. Menurunkan berat badan

Siapa sangka Anda yang mengeluhkan permasalahan kegemukan bisa diatasi dengan mendapatkan manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) itu sendiri. Dikatakan demikian sebab pengkonsumsian minyak kelapa ini mampu meluruhkan lemak yang terdapat dalam tubuh sehingga berat badan Anda menjadi lebih terjaga.

Disamping itu, adanya kandungan asam medium membuat lemak yang ada di dalam tubuh diubah menjadi energi. Secara tidak langsung hal ini akan membuat tubuh Anda langsing secara bertahap.

manfaat minyak vco untuk diet

manfaat minyak vco untuk diet

  1. Membantu dalam penyembuhan luka

Ketika Anda memiliki sebuah luka pada permukaan kulit, permasalahan ini bisa Anda atasi dengan mendapatkan manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil). Dengan kata lain, Anda bisa mengoleskan minyak VCO ini pada permukaan tubuh yang terluka.

Lambat laun, hal ini akan membantu mempercepat dalam penyembuhan. Manfaat tersebut rupanya telah dibuktikan dengan suatu percobaan pada tikus yang terbukti berhasil dengan daya sembuh yang sangat cepat.

  1. Memberikan manfaat luar biasa pada kulit

Selain manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) yang tersebut di atas, minyak VCO juga sangat baik untuk mengatasi permasalahan kulit. Manfaat ini bisa didapatkan dengan menggantikan lotion dengan minyak VCO itu sendiri. Melalui pemakaian yang sangat rutin, Anda akan bisa mendapatkan manfaat berupa pengurangan pada kulit yang keriput, permasalahan jerawat hingga permasalahan kulit termasuk di dalamnya adalah eczema.

manfaat minyak vco untuk kulit

manfaat minyak vco untuk kulit

  1. Menyehatkan rambut

Pemakaian minyak kelapa yang digunakan pada bagian rambut ternyata bisa memberikan manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) yang luar biasa hebatnya. Dalam hal ini, Anda yang mengusapkan beberapa tetes minyak kelapa ke rambut dan permukaan kulitnya, akan mendapatkan manfaat berupa pertumbuhan rambut yang lebih lebat dan hitam.

BACA  20 Manfaat Madu Klanceng Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tindakan ini bisa dilakukan dengan mengusapkan pada rambut dan mendiamkannya selama beberapa menit. Selanjutnya, Anda bisa membilas rambut Anda seperti biasa.

manfaat minyak vco untuk rambut

manfaat minyak vco untuk rambut

  1. Meningkatkan kinerja sistem perncernaan

Selain beberapa manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) yang tersebut di atas, dikatakan bahwa minyak ini juga sangat baik dalam meningkatkan sistem pencernaan. Hal ini dibuktikan dengan berkurangnya bakteri jahat yang terdapat di dalam sistem pencernaan dan terganti dengan bakteri yang lebih baik. Selain itu, pengkonsumsian minyak VCO ini juga akan meringankan permasalahan konstipasi.

  1. Meningkatkan stamina

Mungkin manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) yang satu ini tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Disebutkan bahwa minyak VCO ini ternyata memiliki manfaat mampu menambah stamina, khususnya pada atlet yang akan bertanding. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi minyak VCO ini sebagai bentuk menjaga stamina Anda dari rasa capek yang berlebih.

  1. Sangat baik untuk kesehatan tulang

Secara tidak langsung, kebiasaan Anda dalam mengkonsumsi minyak VCO ini memberikan manfaat yang tidak terduga. Dalam hal ini, manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) sangat baik untuk kesehatan tulang. Oleh sebab itu, bagi Anda yang mengalami permasalahan osteoporosis, sudah saatnya Anda mengkonsumsi minyak kelapa murni ini untuk menjadikan tulang Anda tetap dalam kondisi sehat dan kuat.

  1. Menangkal efek samping radikal bebas

Virgin coconut oil dikenal manfaatnya untuk menangkal dampak negative dari adanya permasalahan radikal bebas. Beberapa manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) yang terkait akan hal ini diantaranya adalah mampu menjaga diri dari penuaan hingga berbagai gangguan kesehatan lainnya, termasuk di dalamnya adalah permasalahan kanker. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi minyak VCO ini secara rutin setiap hari.

  1. Mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga

Banyak orang yang mungkin tidak tahu jika manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) bisa membantu dalam mengatasi permasalahan gatal pada permukaan kulit yang disebabkan oleh adanya gigitan serangga. Namun, hal ini memang benar adanya, dan Andapun bisa membuktikan kehebatan minyak kelapa ini sebagai solusi gatal karena gigitan serangga.

BACA  10+ Manfaat AC untuk Kesehatan

Minyak kelapa murni atau yang lebih dikenal dengan sebutan minyak VCO ini dibuat dengan cara pemanasan sari kelapa. Selanjutnya, minyak ini dikenal dengan manfaatnya yang sangat banyak dan luar biasa. Beberapa manfaat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) yang bisa didapatkan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlancar sistem peredaran darah dan masih banyak lagi. Dengan mengkonsumsi minyak VCO, maka kesehatan Anda akan tetap terjaga.

Leave a Reply