20 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan dan Kesehatan

Selain air dan daging buahnya yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kelapa juga dapat diolah menjadi minyak kelapa yang tidak kalah banyak manfaatnya. Olahan minyak kelapa dapat digunakan untuk wajah, rambut, dan kulit.

Minyak kelapa juga aman digunakan untuk ibu hamil dan untuk bayi. Karena merupakan minyak alami dan tidak memiliki efek samping. Berikut ini adalah manfaat lain daripada minyak kelapa yang wajib untuk kamu ketahui.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah

 manfaat minyak kelapa untuk wajah

Penelitian menunjukan bahwa, minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat dan vitamin E yang sangat tinggi. Ini berguna untuk kesehatan wajah, menghilangkan jerawat, menghalau sinar ultra violet, dan untuk membersihkan wajah dari polusi yang menempel di wajah.

1. Manfaat Minyak Kelapa Untuk Menghilangkan Jerawat

Untuk wanita, biasanya jerawat sering muncul bersamaan dengan fase haid setiap bulannya. Ini tentunya akan sangat mengganggu penampilan kamu. Namun kamu tidak perlu khawatir dengan masalah jerawat. Kamu dapat mengoleskan jerawat dengan minyak kelapa agar jerawat cepat menghilang.

Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat dan antiseptik alami. Ini berguna untuk membunuh kuman yang berada di jerawat kamu. Dengan mengoleskan minyak kelapa pada jerawat maka jerawat akan menghilang dalam 3 hari atau kurang dari seminggu.

2. Manfaat Minyak Kelapa Untuk Membersihkan Wajah

Sudah disebutkan sebelumnya, minyak kelapa mengandung zat antiseptik yang sangat baik untuk membunuh kuman. Untuk membersihkan wajah caranya adalah kamu dapat menggunakan kapas lalu tuangkan minyak kelapa secukupnya.

BACA  Manfaat Air Alkali untuk Kesehatan Tubuh

Kemudian kamu dapat mengusapkannya pada wajah kamu. Kamu dapat mendiamkannya selama 5 – 10 menit agar nutrisi alami minyak kelapa meresap di kulit wajah. Setelah itu dapat kamu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin maka wajah kamu akan terhindar dari kotoran dan masalah jerawat.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

 manfaat minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa dapat juga digunakan untuk rambut. Minyak kelapa mengandung vitamin E yang sangat baik untuk menutrisi dan menyuburkan rambut. Selain itu kamu juga dapat menggunakan minyak kelapa untuk konditioner rambut. Berikut ini merupakan manfaat lain dari minyak kelapa untuk rambut kamu.

1. Untuk Menghilangkan Ketombe

Ketombe dapat disebabkan oleh kulit kepala yang kering akibat terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Minyak kelapa dapat kamu jadikan solusi untuk mengatasi ketombe pada rambut kamu.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala dan rambut secara rutin pada pagi dan sore hari. Kemudian kamu diamkan 5 – 10 menit hingga nutrisi alami minyak kelapa meresap kedalam kulit kepala. Lalu bilaslah dengan air bersih hingga bersih dan tidak bersisa.

 2. Untuk Menyuburkan Rambut

Kandungan vitamin E yang tinggi pada minyak kelapa dipercaya sejak jaman dahulu sebagai penyubur rambut yang paling ampuh. Biasanya cara ini sering digunakan untuk bayi supaya rambut mereka dapat tumbuh dengan cepat dan lebat.

3. Untuk Mencegah Kerontokan Pada Rambut

Kurangnya nutrisi pada rambut akan menyebabkan munculnya masalah kerontokan pada rambut. Dengan menggunakan minyak kelapa kamu dapat mencukupi nutrisi rambut kamu dengan cara mengoleskan minyak kelapa pada rambut.

Kamu dapat menggunakan sisir maupun jari tangan agar merata pada rambut kamu. Ini dapat juga bermanfaat untuk menghaluskan atau meluruskan rambut yang keriting.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil

 manfaat minya kelapa untuk ibu hamil

Pada saat proses mengandung, banyak calon ibu yang mengeluhkan sering mual dan pusing. Ditambah lagi dengan nafsu makan yang berkurang dan belum lagi masalah strecthmark setelah melahirkan.

Solusi untuk masalah diatas adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa. Berikut ini adalah manfaat dari minyak kelapa untuk ibu hamil.

1. Menghilangkan Rasa Mual Dan Pusing

Bila merasa mual atau pusing, Kamu bisa meminum minyak kelapa sebagai obatnya. Lakukan secara teratur pada pagi hari dan sore hari agar rasa mual dan pusing saat hamil dapat berkurang. Hal ini sudah diteliti oleh banyak ahli, bahwa meminum minyak kelapa dapat mengurangi rasa mual dan pusing pada  saat ibu hamil.

BACA  Manfaat dan Khasiat Pasak Bumi untuk Kesehatan Pria dan Wanita

2. Mencegah Strecthmark Setelah mengandung

Satu lagi masalah yang ditakutkan para ibu setelah melahirkan, yaitu munculnya strecthmark pada bagian perut. Ini terjadi karena saat hamil perut akan membesar sehingga kulit bagian perut akan melebar. Setelah melahirkan kulit pada perut akan meninggalkan beas berupa strecthmark.

Kamu dapat menghilangkanya dengan rajin mengoleskan minyak kelapa pada pagi dan sore hari. Minyak kelapa terbukti dapa menghilangkan strecthmark dan mengembalikan kelenturan kulit.

 

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Bibir

 manfaat minyak kelapa untuk bibir

Beberapa permasalahan bibir seperti bibir kering, pecah-pecah, dan sariawan dapat kamu atasi dengan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung banyak zat yang mampu melembabkan bibir. Juga mengandung zat antiseptik untuk mengobati sariawan pada bibir kamu.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada bibir yang kering atau pecah-pecah menggunakan jari tangan atau cutton bud. Kamu juga dapat mengoleskanya pada sariawan di bibir kamu. Minyak kelapa akan bekerja cepat mengatasi bibir kering dan sariawan.

 

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Bayi

 manfaat minyak kelapa untuk bayi

Sangat banyak manfaat minyak kelapa untuk bayi yang baru lahir. Jika kamu menggunakan bahan kimia akan berpengaruh terhadap kulit bayi yang sensitif. Solusinya adalah menggunakan minyak kelapa. Selain alami minyak kelapa juga tidak memiliki efek samping pada kulit bayi yang sensitif.

1. Untuk Menjaga Kelembaban Kulit Bayi

Kelembaban kulit pada bayi harus selalu dijaga agar tidak terkena iritasi. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit bayi secara merata. Dengan kandungan vitamin yang terdapat pada minyak kelapa maka kulit bayi kamu akan selalu terjaga kelembabannya.

2. Untuk Minyak Urut Alami

Bayi juga harus sering diurut agar pertumbuhannya dapat berjalan lancar. Penggunaan minyak urut sangat berpotensi pada kulit bayi yang sensitif. Kamu dapat mengurut menggunakan minyak kelapa sebagai minyak urut alami untuk bayi.

3. Untuk Menyuburkan Rambut Pada Bayi

Sulitnya tumbuh rambut pada bayi dapat kamu atasi dengan menggunakan minyak kelapa. Vitamin E pada minyak kelapa membantu untuk  menyuburkan rambut pada bayi. Caranya adalah dengan mengusapkan secara lembut pada rambut bayi. Maka rambut pada bayi kamu akan tumbuh dengan subur secara alami.

Baca Juga : Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kulit

 manfaat minyak kelapa untuk kulit

Minyak kelapa sangat terkenal akan manfaatnya untuk kulit dan juga untuk rambut. Karena banyak sekali kandungan minyak kelapa yang sangat berguna kulit dan juga minyak kelapa merupakan bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping. Diantara manfaat minyak kelapa untu kulit adalah sebagai berikut.

BACA  10+ Manfaat Okra untuk Kesehatan dan Pengobatan

1. Untuk Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Sel kulit mati biasanya terjadi karena kulit kekurangan nutrisi dan kelembaban alami. Sel-sel kulit mati yang tidak terangkat akan menimbulkan kerutan pada kulit.

Kamu dapat menggunakan minyak kelapa untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menutrisinya. Caranya adalah dengan rutin mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang mati. Cara ini juga berguna untuk menjaga kelembaban kulit agar kamu terlihat awet muda.

2. Untuk Obat Luka

Kandungan antiseptik dari minyak kelapa sangat baik untuk membunuh kuman pada luka. Jika kamu mengalami luka pada kulit. Maka kamu dapat menggunakan minyak kelapa sebagai antiseptik alami. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kuman pada luka yang dapat menyebabkan infeksi kulit.

 

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Payudara

 manfaat minyak kelapa untuk payudara

Minya kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk mengencangkan payudara kamu. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada payudara, kemudian memijitnya secara perlahan dan teratur. Cara ini dipercaya dapat mengencangkan payudara. Bahkan kabarnya minyak kelapa juga dapat memperbesar ukuran payudara.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Dimana Beli Minyak Kelapa ?

dimana beli minyak kelapa

Banyaknya manfaat alami dari minyak kelapa yang dapat kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari. Maka ada baiknya kamu memiliki persedian minyak kelapa dirumah.

Saat ini tidaklah sulit untuk membeli minyak kelapa, Kamu dapat menemukanya dengan mudah melalu internet atau kamu juga dapat membuatnya sendiri dirumah. Cara membuat minyak kelapa akan dijelaskan pada artikel kami yang selanjutnya.

Baca Juga : Artikel Menarik Tentang Manfaat Bahan Alami Lainnya

Leave a Reply