50 Manfaat Masker Madu Setiap Hari Untuk Wajah

Selain banyaknya manfaat untuk kesehatan ternyata madu juga sangat banyak manfaatnya untuk kecantikan terutama pada bagian wajah dan kulit. Madu terkenal kaya akan berbagai macam kandungan zat yang sangat baik untuk kulit.

Madu memiliki kandungan antioksidan, anti mikroba dan memiliki khasiat yang efeknya adalah menenangkan kulit wajah. Kandungan antioksidan pada madu berguna untuk menangkal radikal bebas akibat paparan polusi dan juga pola hidup yang tidak sehat.

Radikal bebas dapat menyebabkan terjadinya kulit kusam dan penuaan dini pada kulit dan wajah kamu. Bahkan lebih berbahayanya lagi radikal bebas ternyata merupakan salah satu penyebab terjadinya kangker kulit.

Madu dapat dijadikan salah satu solusi untuk masalah perawatan kulit dan wajah. Kamu dapat mengolahnya menjadi masker atau dapat langsung menggunakanya secara langsung. Pada dasarnya keduanya sama saja, hanya berbeda pada tujuan dan bahan campuran yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa manfaat masker madu dan juga cara pembuatannya.

Masker Madu Untuk Jerawat

masker madu untuk jerawat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Madu memiliki kandungan anti mikroba atau anti bakteri yang berguna untuk mengatasi permasalahan jerawat pada wajah kamu. Jerawat muncul karena beberapa faktor seperti terpapar polusi dan pada wanita biasanya terjadi pada siklus menstruasi.

Kamu dapat menggunakan madu sebagai masker untuk mencegah dan mengobati jerawat pada kulit wajah. Caranya pun sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya mahal seperti perawatan di salon kecantikan pada umumnya.

Cara menggunakannya yaitu pertama kamu perlu membuka pori pori kulit wajah kamu dengan mengusapkan air hangat pada wajah kamu. Usap lembut menggunakan kapas atau juga kamu dapat membasuhnya menggunakan tangan.

Kemudian kamu dapat mengoleskan madu ke area wajah. Kamu dapat menggunakan kuas atau dapat juga dengan menggunakan jari-jari kamu. Lalu diamkan selama 15-30 menit agar kandungan zat pada madu menyerap dikulit wajah kamu.

BACA  15 Manfaat VCO (Virgin Coconut Oil) Untuk Tubuh, Kulit dan Rambut

Kemudian bilaslah kembali menggunakan air hangat agar penyerapan zat pada madu mendapatkan hasil yang optimal. Terakhir kamu dapat membilasnya kembali dengan air dingin agar pori-pori kulit pada wajah kamu kembali tertutup.

Manfaat Masker Kopi dan Madu

manfaat masker kopi dan madu

Kamu dapat juga mencampurkan masker madu dengan bubuk kopi. Kopi memiliki kandungan yang dapat meremajakan kulit wajah. Dengan mencampur madu dengan kopi kamu akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal untuk kulit wajah kamu.

Manfaat yang diberikan oleh masker madu dan kopi ini sangatlah banyak. Berikut ini merupakan manfaat dari masker madu dan kopi untuk wajah kamu.

1. Menghilangkan Flek Hitam

Kamu dapat menjadikan masker madu dan kopi ini untuk membantu menghilangkan flek atau noda hitam pada wajah kamu. Flek atau noda hitam pada wajah biasanya terjadi pada bekas jerawat ataupun bekas komedo.

2. Mengatasi Masalah Komedo dan Jerawat

Jika kamu memiliki permasalahan komedo dan jerawat pada wajah kamu. Maka masker madu dan kopi ini sangat direkomendasikan untuk kamu. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya madu memiliki kandungan anti bakteri yang sangat baik untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah.

3. Melembabkan Kulit Wajah

Masker madu dan kopi juga dapat kamu gunakan untuk mengembalikan kelembaban kulit wajah kamu. Jika kamu memiliki banyak kegiatan diluar ruangan, sinar ultraviolet dari matahari akan cepat menyebabkan kulit kamu menjadi kering dan lambat laun akan menjadi penyebab kulit kusam.

4. Memutihkan dan Mencerahkan Kulit Wajah

Bagi kamu memiliki permasalahan kulit kusam, sangat disarankan untuk rutin menggunakan masker madu dan kopi ini. Kulit yang kusam dapat membuat wajah kamu menjadi hitam dan gelap. Gunakanlah masker madu dan kopi ini pada malam hari secara rutin. Maka permasalahan kulit kusam pada wajah kamu akan menghilang.

Baca Juga : 25 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Masker Madu dan Jeruk Nipis

manfaat masker madu dan jeruk nipis

Kamu juga dapat mencampurkan madu dan jeruk nipis untuk membuat masker wajah. Jeruk nipis memiliki kandungan zat yang berguna untuk mengecilkan pori-pori kulit yang dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah.

BACA  8 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini merupakan manfaat yang kamu dapatkan jika rutin menggunakan masker madu dan jeruk nipis pada wajah :

  1. Menghaluskan kulit wajah
  2. Mengobati iritasi pada jerawat
  3. Mengencangkan kulit wajah
  4. Memutihkan wajah
  5. Mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit wajah
  6. Menghilangkan bekas komedo dan jerawat
  7. Melembabkan kulit wajah
  8. Mencegah munculnya flek hitam pada wajah

Kamu dapat menggunakan masker madu dan jeruk nipis pada pagi sebelum beraktifitas atau malam sebelum beristirahat.

Baca Juga : 50 Manfaat Madu Hitam Pahit Untuk Kesehatan dan Kejantanan

Manfaat Masker Madu dan Putih Telur

manfaat masker madu dan putih telur

Kamu juga dapat mencampurkan madu dengan putih telur dalam membuat masker. Perlu diingat kamu hanya menggunakan bagian putih telur saja. Kamu dapat memisahkan putih telur dengan kuningnya. Kemudian campurkan dengan madu untuk membuat masker.

Putih telur memiliki sangat banyak kandungan vitamin dan protein yang sangat baik untuk meremajakan kulit wajah kamu. Berikut ini adalah manfaat dari masker madu dan putih telur.

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya kandungan vitamin dan protein yang terdapat pada putih telur sangat berguna untuk meremajakan kulit wajah. Dengan menggunakan masker madu dan putih telur maka sel sel kulitmati pada wajah akan terangkat dan digantikan oleh sel sel kulit yang baru.

2. Mencegah Penuaan Dini

Akibat dari penuaan dini adalah muncul keriput pada bagian wajah kamu. Kamu dapat mengatasinya dengan rutin menggunakan masker madu dan putih telur pada pagi atau malam hari. Lakukan perawatan ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Melembabkan Kulit Wajah

Kandungan vitamin dan protein pada putih telur dan madu sangat baik untuk membantu melembabkan kulit wajah kamu. Menjaga kelembaban kulit wajah akan menghindari kamu dari permasalahan kulit  kusam pada wajah.

 

Cara Membuat Masker Madu

cara membuat masker madu

Setelah kamu mengetahui berbagai manfaat yang diperoleh dari masker madu dan bahan lain. Kini tiba saatnya pada pembahasan cara membuat masker madu.

Sebenarnya membuat masker madu sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan berupa madu dan beberapa jenis campuran lain sesuai selera seperti bubuk kopi, jeruk nipis, putih telur, maupun bahan lainnya.

BACA  30 Manfaat Yoga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sebelum menggunakan masker madu , kamu harus membasuh wajah kamu menggunakan air hangat agar poro\i-pori kulit pada wajah terbuka. Kemudian kamu dapat mulai untuk mengoleskan madu ke wajah kamu menggunakan kuas.

Oleskan secara merata pada area wajah kamu. Kemudian diamkan selama 15-30 menit agar kandungan nutrisi pada madu menyerap ke kulit wajah. Lalu bilaslah kembali wajah kamu menggunakan air hangat, kemudian kamu dapat membilasnya kembali dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit.

Cara Membuat Masker Madu Untuk Memutihkan Wajah

cara membuat masker madu untuk memutihkan wajah

Masker madu yang paling baik untuk memutihkan wajah kamu adalah campuran antara madu dan kopi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kandungan madu dan kopi dapat mereemajakan kulit kamu dan mengangkat selsel kulit mati.

Berikut ini merupakan bahan yang kamu perlukan dalam membuat masker madu untuk memutihkan kulit wajah :

  1. Madu murni
  2. Bubuk kopi murni
  3. Wadah berupa mangkok atau piring
  4. Air hangat

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan madu dengan 1/2 sdm bubuk kopi. Kemudian aduk hingga merata menggunakan kuas atau dapat juga menggunakan jari.

Cara menggunakan masker madu ini sangatlah mudah berikut ini urutan menggunakan masker madu untuk memutihkan kulit wajah kamu :

  1. Usap area wajah kamu menggunakan air hangat
  2. Oleskan masker madu yang telah kamu buat menggunakan kuas hingga merata pada area wajah
  3. Diamkan selama 15-30 menit sambil melakukan relaksasi tubuh
  4. Setelah itu bilas menggunakan air hangat
  5. Kemudian bilas kembali wajah kamu menggunakan air dingin

Cara Membuat Masker Susu dan Madu

cara membuat masker madu dan susu

Kamu juga dapat menggunakan susu untuk membuat campuran dari masker madu. Caranya adalah kamu dapat mencampurkan madu dengan 100ml susu cair kedalam sebuah wadah. Kemudian aduklah hingga merata dan tercampur sempurna.

Kemudian kamu dapat langsung mengoleskannya pada area wajah kamu. Tentunya sebelumnya kamu harus membersihkan wajah kamu terlebih dahulu dengan cara mencucu muka atau dengan membasuhnya dengan air hangat.

Dengan melakukan perawatan wajah menggunakan masker madu. Wajah kamu akan kembali cerah dan terhindar dari permasalahan seperti komedo, jerawat, flek hitam dan masalah kulit wajah kusam. Rutinlah menggunakan masker madu pada malam hari sebelum beristirahat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Reply