25 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu merupakan cairan manis yang menyerupai sirup yang dihasilkan oleh hewan lebah. Madu memiliki segudang manfaat diantarany yaitu dapat digunakan untuk kesehatan, digunakan untuk kecantikan, juga digunakan sebagai pemanis rasa pengganti gula.

Madu memiliki sangat banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya adalah Fruktosa, Glukosa, Maltosa, dan Sukrosa. Dibandingkan dengan gula madu dikenal lebih baik digunakan sebagai pemanis rasa untuk mencegah penyakit seperti diabetes.

Namun kamu tidak dianjurkan untuk minum madu setiap hari. Karena ada beberapa efek samping dari madu yang kurang baik jika kamu meminumnya secara berlebihan. Berikut ini adalah manfaat dari madu dan juga efek sampingnya jika kamu meminum madu setiap hari.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

manfaat madu untuk kesehatan

Sudah sejak jaman dahulu para orang tua kita memanfaatkan madu sebagai kesehatan dan juga sebagai obat alami. Madu dipercaya mempu mengobati berbagai penyakit seperti batuk, dan alergi. Madu juga dapat menambah stamina tubuh dan membantu menjaga metabolsime tubuh.

Berikut ini merupakan manfaat madu untuk kesehatan secara umum :

Mengobati Batuk

Penelitian menunjukan kandungan pada madu dapat meringankan batuk pada anak anak dan orang dewasa. Terlebih dimalam hari biasanya batuk akan sangat mengganggu aktifitas tidur kamu. Jika kamu mengalami batuk yang membandel, cobalah untuk meminum 1 sendok madu dan air hangat dimalam hari.

Mencegah Penyakit Kangker

Jumlah penderita penyakit kangker di indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Penyakit ganas ini menyerang tubuh seseorang yang memiliki tingkat metabolisme tubuh yang rendah. Sebagai pencegahan kamu dapat meminum madu sebanyak 3 kali dalam seminggu. Ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat metabolisme tubuh kamu agar tidak mudah terserang penyakit.

Mengobati luka kulit

Madu memiliki kandungan anti bakteri yang alami guna menyembuhkan luka pada kulit. Oleskanlah madu pada sekeliling luka yang kamu miliki. Kemudian diamkan beberapa saat hingga kandungan alami madu bekerja pada luka kamu.

 

Manfaat Madu Untuk Kecantikan

manfaat madu untuk kecantikan

Selain untuk kesehatan, madu juga dapat kamu gunakan untuk perawatan kecantikan seperti wajah, rambut dan kulit. Diantara manfaat madu untuk kecantikan adalah sebagai berikut.

Sebagai Masker Wajah

Madu memiliki kandungan alami yang berguna untuk memperbaiki sel sel kulit yang mati. Kamu dapat membuat masker wajah dari madu dengan cara mengoleskan madu ke area wajah kamu. Kemudian kamu dapat mendiamkannya beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

Sebagai Lulur Kulit

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kandungan madu juga sangat baik untuk kulit tubuh. kamu dapat membuat lulur dari madu secara instant. Oleskanlah madu pada sekujur tubuh kamu. Kemudian kamu dapat melakukan relaksasi sambil menunggu kandungan alami pada madu menyerap di kulit. Kemudian bilas dengan cara mandi.

Sebagai Conditioner Rambut

Kamu juga dapat memanfaatkan madu sebagai conditioner untuk rambut. Kandungan alami pada madu sangat baik untuk menutrisi rambut dan mencegah kerontokan. Kamu hanya perlu mengoleskan madu dengan sisir ke rambut kamu. Diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

Manfaat Madu Untuk Wajah

manfaat madu untuk wajah

Sudah sama sama kita ketahui sebelumnya, manfaat madu yang kaya akan zat dan nutrisi sangat baik digunakan untuk wajah. Kamu dapat membuatnya sebagai masker wajah, atau bisa dengan cara mengkonsumsinya.

Manfaat madu untuk wajah antara lain sebagai berikut :

  1. Menghilangkan jerawat
  2. Menghilangkan sel sel kulit mati
  3. Menghaluskan kulit wajah
  4. Mengencangkan kulit wajah
  5. Menghilangkan bekas luka
  6. Memutihkan wajah

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan madu ke area wajah kamu. Kemudian lakukanlah relaksasi sambil menunggu kandungan madu terserap pada kulit wajah. Lakukan secraa teratur yaitu seminggu sekali.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

manfaat madu untuk ibu hamil

Sangat banyak permasalahan pada ibu hamil, mulai dari mual hingga nafsu makan yang berkurang. Penting untuk mencukupi nutrisi pada ibu hamil agar bayi dalam kandungannya tetap sehat. Madu Mengandung sangat banyak nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu hamil.

Pada ibu hamil daisarankan untuk mengkonsumsi 1sdt madu 3 kali dalam seminggu. Tidak direkomendasikan untuk terlalu sering mengkonsumsi madu. Karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil.

Berikut ini manfaat lain madu untuk ibu hamil :

  1. Meringankan rasa mual dan mulas
  2. Menjaga sistem kekebalan tubuh
  3. Mengatasi morning sickness
  4. Menjaga hemoglobin tubuh
  5. Mengurangi insomnia
  6. Mengatasi sakit pada perut

 

Manfaat Madu Untuk Bibir

manfaat madu untuk bibir

Selain untuk wajah dan kulit, madu juga memiliki beberapa manfaat untuk mempercantik bibir kamu. Madu berguna untuk mencegah bibir kering, mengobati sariawan, mengatasi bibir pecah-pecah dan lain sebgainya. Berikut ini adalah beberapa manfaat madu untuk bibir kamu :

  1. Sebagai obat sariawan
  2. Mengatasi bibir pecah pecah
  3. Melembabkan bibir
  4. Mengatasi bibir kering
  5. Menghilangkan warna hitam pada bibir akibat merokok

Cara menggunakan madu untuk bibir adalah dengan mengoleskannya pada area bibir kamu. Kamu dapat menunggu kandungan nutrisi pada madu meresap pada bibir kamu. Kemudian kamu dapat membilasnya menggunakan air bersih.

Dengan rajin mengoleskan madu pada bibir kamu maka kamu akan mendapati bibir kamu menjadi merona dan cantik.

Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Efek Samping Minum Madu Tiap Hari

efek samping minum madu tiap hari

Sangat banyak kandungan manfaat yang dimiliki oleh madu. Namun perlu kamu ketahui, madu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Karena ada beberapa efek samping yang akan ditimbulkan apabila kamu mengkonsumsinya setiap hari.

Berikut ini merupakan efek samping apabila kamu mengonsumsi madu secara berlebihan.

Baca Juga : Kumpulan Artikel Tentang Madu

Efek Jangka Pendek

Efek samping mengkonsumsi madu pada jangka pendek yang dapat kamu rasakan diantara lain mual, keram pada perut, kembung dan juga diare. Hal ini disebabkan karena kandungan fruktosa pada madu jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mempengaruhi usus dalam menyerap nutrisi.

Efek Jangka Panjang

Efek samping mengkonsumsi madu secara berlebihan pada jangka panjang akan menyebabkan timbulnya masalah pada pencernaan kamu. Bahkan dapat menyebabkan ketidak pekaan insulin hingga berakibat tidak terkontrolnya gula pada darah.

Berikut ini merupakan tips mengkonsumsi madu yang paling baik untuk kamu :

  1. Sebaiknya mengkonsumsi madu dilakukan sebelum makan
  2. Sebaiknya dikonsumsi tanpa dicampur dengan lainnya
  3. Konsumsi madu sebaiknya di pagi atau malam hari
  4. Takaran madu untuk orang dewasa sebaiknya tidak lebih dari 3 sdm
  5. Takaran madu untuk anak-anak sebaiknya tidak lebih dari 1 sdm

Mengkonsumsi madu sesuai takaran akan berdampak sangat baik bagi tubuh kamu. Namun kamu perlu mencermati jika mengkonsumsi madu setiap hari. Karena ada efek samping dari madu yang tidak baik untuk pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Ada baiknya kamu mengkonsumsi madu asli yang murni, yaitu madu dari para petani madu secara langsung tanpa dicampur dengan apapun. Karena kandungan madu akan terlarut jika kamu mencampurnya.

Jika kamu merasa ada yang kurang pada artikel kali ini, kamu dapat menambahkannya pada kolom komentar dibawah ini. Jangan lupa untuk membaca dan subscribe untuk mendapatkan artikel kami langsung ke email kamu.

 

Leave a Reply

privacy policy