10 Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Mete – Kacang mete atau kacang mede merupakan makanan yang sangat banyak sekali manfaatnya. Selain rasanya yang enak, kandungan zat dan vitamin dalam kacang mete sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Kadang kita temukan kacang mete dijadikan sebagai selai untuk roti atau dijadikan cemilan. Bagi yang sangat suka ngemil kacang mete baik di goreng atau di panggang, jangan khawatir. Karena mengkonsumsi kacang mete malah justru menyehatkan. Akan tetapi tentu harus dengan batas yang wajar.

Kira-kira apa saja sih khasiat dari kacang mete? Nah, berikut ini 10 manfaat kacang mete bagi kesehatan tubuh. Di antaranya:

1. Meningkatkan Stamina

Kandungan kalori dalam kacang mete/mede sangat tinggi, sehingga dapat menjadi nutrisi yang sangat baik bagi kita yang kekurangan energi. Kalori merupakan sumber energi utama yang dapat meningkatkan energi dan stamina untuk beraktivitas.

2. Merawat Rambut dan Kesehatan Kulit

Kacang mete juga kaya akan tembaga dan mineral, yaitu suatu komponen penting untuk mengatur produksi enzim dan tembaga. Dalam satu enzim yang mengandung tembaga terdapat tirosinase, tirosin berfungsi untuk mengkonversi ke melanin yaitu pigmen yang menjaga kesehatan kulit dan warna rambut.

3. Mencegah Terjadinya Kanker

Kacang mete juga memiliki kandungan proanthocyanidins, yang salah satu jenisnya adalah zat flavanol, yaitu zat yang dapat menghentikan pertumbuhan tumor dan menghentikan perkembangbiakan sel-sel kanker. Dalam sebuah studi, menunjukkan bahwa kacang mete dapat mengurangi risiko kanker usus.

Sebagaimana telah disebutkan, hal tersebut karena kacang mete memiliki kadar tembaga yang sangat tinggi, selain itu kacang mete juga dapat menghilangkan radikal bebas, sebagai sumber phytochemical dan antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit kanker dan jantung.

4. Mengontrol Berat Badan

Kandungan lemak dalam kacang mete juga sangat tinggi. Namun lemak yang terdapat di dalam kacang mete merupakan jenis lemak yang baik untuk tubuh (HDL). Selain itu, kandungan lemak dalam kacang mete lebih rendah dibandingkan dengan kacang almond, tanah, dan jenis kacang-kacangan lainnya.

5. Menyehatkan Jantung

Kacang mete memiliki kandungan asam oleat yang mampu meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat bekerja membantu mengurangi tingkat trigliserida yang berkenaan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler dan jantung koroner. Kandungan magnesiumnya dapat membantu mencegah serangan jantung dan menurunkan tekanan darah.

kacang-mete-matang

kacang mete goreng per toples

Jual Kacang Mete Matang dan Mentah Murah Berkualitas, silahkan lihat harga dan katalognya di kacang mete.

6. Mencegah Batu Empedu

Setelah diteliti selama berpuluh-puluh tahun, ternyata mengkonsumsi kacang mete dapat mengatasi batu empedu. Studi ini dilakukan oleh Nurses Health Study, mereka menemukan dari 80.000 wanita menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi setidaknya 1 ons kacang mete atau selai kacang setiap minggu memiliki risiko 25% lebih rendah terkena batu empedu.

Di dalam 1 Ons kacang mete terdapat sekitar 2 sendok makan. Dengan mengkonsumsi kacang mete secara rutin sangat baik untuk pencegahan batu empedu, demi kesehatan kita dan keluarga kita di masa depan.

7. Baik untuk Kesehatan Saraf

kacang mete mengandung magnesium yang dapat membuat saraf lebih rileks. Dengan demikian pembuluh darah dan otot juga akan lebih terlihat santai. Terlalu sedikit magnesium di dalam tubuh akan mengakibatkan terlalu banyaknya kalsium yang masuk ke sel saraf, sehingga dapat menyebabkan terlalu banyak kontraksi.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan magnesium dalam kacang mete sama halnya dengan fungsi kalsium. Yaitu berguna untuk memperkuat tulang. Magnesium berperan sebagai zat penyusun tulang yang berfungsi menggabungkan kolagen dan elastin, hal terebut juga dibantu dengan adanya tembaga zinc, sehingga memberikan substansi dan fleksibilitas dalam tulang dan sendi.

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam kacang mete sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Dua komponen nutrisi tersebut sangat berperan dalam mengurangi risiko terkena penyakit katarak.

10. Menurunkan Depresi

Kacang mete memiliki kandungan asam amino L-triptofan yang dapat merangsang serotonin di otak. Kehadiran serotonin telah terbukti dapat memengaruhi suasana hati dan mampu mengurangi rasa sedih yang dialami.

Baca juga, cara menggoreng kacang mete

One Response

  1. D Sukmana Adi Mei 31, 2016

Leave a Reply

privacy policy