Manfaat Daun Kratom Untuk Kesehatan dan Bahayanya

Daun kratom mungkin banyak dari kamu yang belum tau mengenai tanaman yang satu ini. Daun kratom merupakan jenis tanaman yang daunnya dapat dijadikan obat untuk penahan ataupun penghilang rasa sakit. Di indonesia sendiri daun kratom memiliki beberapa sebutan antara lain daun purik dan juga ada yang menyebutnya daun ketum.

Menariknya lagi , selain digunakan untuk kesehatan daun ini juga terkenal kontroversial. Karena belakangan ini daun kratom sering salah digunakan sebagai narkotika. Daun kratom yang disalah gunakan memiliki efek memabukan seperti layaknya opium.

Namun apabila digunakan dengan benar daun kratom sebenarnya memiliki manfaat untuk kesehatan. Daun kratom dapat kamu jadikan sebagai obat diare maupun penghilang rasa sakit. Tentunya hal ini harus sesuai dengan takaran dan tidak berlebihan. Berikut ini adalah manfaat daun kratom untuk kesehatan.

1. Daun Kratom Sebagai Obat Diare

daun kratom untuk obat diare

Masalah pencernaan seperti diare seringkali muncul akibat pola makan yang tidak sehat. Sering kali kita memakan makanan yang kurang sehat sehingga mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh. Terganggunya sistem pencernaan dapat sangat mengganggu aktifitas sehari hari kamu.

Untuk mengatasi masalah diare kamu dapat menggunakan daun kratom sebagai obat. Daun kratom memiliki kandungan yang sangat berguna untuk mengatasi diare. Mengunyah daun kratom dengan dosis rendah mampu mengobati rasa lemas akibat diare.

 

2. Daun Kratom Sebagai Penambah Energi

daun kratom sebagai penambah energi

Daun kratom memiliki sifat stimulan yang dapat menambah energi tubuh bagi siapapun yang mengkonsumsinya dengan dosis yang rendah. Jika kamu mengalami kelelahan akibat aktivitas sehari hari yang terlalu padat. Kamu dapat mengkonsumsi daun kratom untuk memulihkan stamina kamu.

BACA  100 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Manusia, Hewan dan Tanaman

Tentunya dalam hal mengkonsumsi daun kratom harus mengetahui dosis yang dibutuhkan. Karena mengkonsumsi daun kratom dalam dosis tinggi dapat mengaibatkan efek samping yang menyerupai narkotika. Hal ini merupakan yang paling sering disalah gunakan oleh sebagian orang belakangan ini.

 

3. Daun Kratom Untuk Mengatasi Nyeri Otot

daun kratom untuk mengatasi nyeri otot

Nyeri otot sering muncul apabila kamu sedang melakukan aktivitas berat. Rasa nyeri pada otot terasa sangat sakit sehingga kamu akan merasa sangat tersiksa karena hal ini. Belakangan ini penelitian menunjukan manfaat lainnya dari daun kratom adalah untuk mengatasi permasalahan nyeri otot pada manusia.

Daun kratom apabila dikonsumsi secara benar dapat menimbulkan efek rilex pada tubuh manusia. Dengan ini otot kamu yang tegang dan nyeri akan menjadi rilex. Sehingga rasa sakit pada saat kamu mengalami nyeri otot akan berkurang dan menghilang dengan cepat.

Namun yang lebih penting adalah mengistirahatkan tubuh kamu secara cukup agar kamu terhindar dari masala nyeri otot ini. Lakukanlah dengan rutin olahraga di pagi hari sebelum memulai aktifitas kamu. Ini berguna agar otot tidak kaget saat kamu harus melakukan aktivitas berat.

 

4. Daun Kratom Untuk Mencegah Hipertensi

daun krataom untuk mencegah hipertensi

Penyakit hipertensi atau yang lebih dikenal dengan sebutan darah tinggi ini sangat banyak di derita oleh masyarakat pada era modern. Selain akibat pola hidup yang tidak teratur juga terdapat banyak penyebab lainnya. Penyakit ini dapat sangat berbahaya apabila kamu tidak mengobatinya. Jika sudah parah penyakit hipertensi dapat mengakibatkan stroke dan serangan jantung.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini kamu dapat memanfaatkan daun kratom untuk mengatasi masalah hipertensi yang kamu alami. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, daun kratom apabila dikonsumsi dengan dosis yang tepat mampu membuat efek rilex pada tubuh.

BACA  50 Manfaat Masker Madu Setiap Hari Untuk Wajah

Jika tubuh kamu rilex maka tekanan darah dalam tubuh akan berkurang dengan sendirinya. Hal ini tentunya harus didampingi dengan pola hidup sehat dan rutin berolah raga. Daun kratom sudah banyak digunakan oleh terapis herbal dan terbukti ampuh dalam mengatasi penyakit hipertensi.

 

5. Daun Kratom Untuk Melancarkan Pencernaan

daun kratom untuk melancarkan pencernaan

Jika kamu memiliki gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar, maka kamu perlu mengetahui manfaat daun kratom yang satu ini. Daun kratom telah teruji mampu untuk mengatasi permasalahan pencernaan pada manusa seperti diare, sembelit, maupun susah buang air besar.

Daun kratom juga memiliki sifat anti mikroba yang dapat membunuh kuman yang terdapat pada pencernaan kamu. Tentunya dalam mengonsumsi daun kratom kamu harus mengetahui dosis agar tidak mengakibatkan kecanduan. Dan juga kamu perlu menjaga pola makan sehingga kamu terhindar dari masalah pencernaan.

 

Bahaya Mengkonsumsi Daun Kratom Secara Berlebihan

bahaya mengkonsumsi daun kratom

Mengkonsumsi daun kratom secara berlebihan akan berdampak sangat buruk bagi tubuh kamu. Daun kratom memiliki sifat yang mirip dengan narkotika. Yaitu dapat menyebabka efek rilex bagi penggunanya. Daun kratom juga dapat menyebabkan kecanduan apabila kamu mengkonsumsinya secara rutin.

Dalam dosis yang tepat, sebenarnya daun ini memiliki banyak manfaat. Namun belakangan ini sangat banyak yang menyalah gunakan daun kratom sebagai pengganti narkotika. Hal ini tentunya sangat berbahaya apabila kamu tidak mengetahui dosis dalam mengkonsumsi daun ini. Berikut ini adalah bahaya mengkonsumsi daun kratom secara berlebihan agar kamu dapat mengindarinya.

1. Dapat Menyebabkan Overdosis

Mengkonsumsi daun kratom secara berlebihan dapat menyebabkan kamu mengalami overdosis. Bahkan hal ini dapat memicu kematian. Maka dari itu perlu berhati hati dalam mengkonsumsi tanaman jenis ini. Kamu dapat bertanya dengan ahlinya agar tidak mengalami overdosis.

BACA  10+ Manfaat AC untuk Kesehatan

2. Dapat Menyebabkan Kecanduan

Daun kratom juga memiliki sifat yang mampu untuk membuat penggunanya kecanduan. Seperti selayaknya narkotika , daun kratom apabila dikonsumsi secara berlebihan akan membuat kamu sulit untuk berhenti mengkonsumsinya. Apabila kamu mengalami gejala seperti kecanduan sebaiknya segera periksakan diri kamu kedokter.

3. Dapat Menyebabkan Insomnia

Efek lainnya dari penyalah gunaan daun kratom yaitu dapat menyebabkan insomnia akut. Insomnia atau gangguan tidur pada seseorang sehingga yang bersangkutan sangat sulit untuk tidur dimalam hari. Hal ini akan berakibat fatal apabila dibiarkan terlalu lama. Kurangnya waktu istirahat seseorang akan menyebabkan menurunya kekebalan tubuh sehingga sangat mudah untuk terserang penyakit berbahaya.

4. Dapat Menyebabkan Paranoid

Karena daun kratom memiliki sifat yang mirip dengan narkotika apabila dikonsumsi dalam jumlah besar. Maka permasalahan paranoid juga akan muncul kepada penggunanya. Seperti kebanyakan kasus seseoranga yang menggunakan narkotika , kebanyakan dari mereka mengalami paranoid sehingga selalu merasa resah dan gelisah.

5. Dapat Menyebabkan Berkurangnya Nafsu Makan

Efek lainnya dari penggunaan daun kratom yang berlebihan adalah berkurangnya nafsu makan. Apabila kamu mengalami penurunan nafsu makan akibat mengkonsumsi daun kratom. Maka kamu perlu segera memeriksakannya ke dokter.

Penggunaan daun kratom dalam dosis yang tepat sebenarnya memberikan begitu banyak manfaat bagi tubuh kamu. Namun apabila kamu menggunakannya dalam jumlah besar, hal ini akan menimbulkan beberapa efek samping seperti yang telah sama sama kita bahas diatas.

Daun kratom dapat dikonsumsi dengan cara dikunyah, direbus, ataupun di esktrak menjadi pil maupun suplemen. Yang perlu kamu perhatikan adalah dosis penggunaan. Sebaiknya kamu terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter maupun ahli dalam bidang medis sebelum melakukan pengobatan herbal menggunakan daun kratom.

Leave a Reply