Manfaat dan Kegunaan Minyak Nilam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pernah dengar minyak nilam atau minyak atsiri nilam? Untuk Kamu yang hobi semprot-semprot wangi-wangian pasti kenal dengan nama minyak tersebut. Ya, minyak nilam atau atsiri ini biasanya digunakan untuk parfum. Tapi, manfaat sebenarnya dari minyak nilam ini tak hanya berhenti hanya untuk itu. Selain bahan baku parfum, banyak yang memanfaatkan minyak nilam atsiri ini sebagai bahan baku kosmetik dan juga medis.

Ingin tahu lengkapnya tentang minyak nilam mulai pengertian, manfaat, hingga cara pembuatan? Simak terus artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Minyak Nilam?

minyak nilam indonesia

minyak nilam indonesia

Minyak nilam atau atsiri nilam didapat dari penyulingan daun nilam (Pogostemon Cablin Benth). Daun yang disuling ini biasanya daun yang sudah hampir kering. Minyak ini juga dikenal dengan sebutan patchouli. Diantara beragam minyak atsiri yang ada di Indonesia, minyak atsiri yang berasal dari daun nilam merupakan yang terfavorit.

Banyak negara yang mengimpor minyak jenis ini. Mulai dari Amerika, Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya. Produsen minyak nilam di Indonesia berada di Aceh dan meluas hingga ke Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat dan daerah lainnya. Minyak nilam sekarang ini telah menjadi salah satu komoditas ekport dengan prospek yang baik. Hal ini dikarenakan minyak nilam digunakan untuk industri yang produksinya selalu kontinyu seperti sabun, kosmetik, parfum, dan lain sebagainya.

Didalam minyak nilam terdapat kandungan seperti kariofilen, patchoulen, patchouli alkohol, dan non patchoulenol yang memiliki fungsi pengikat.

Jika dilihat dari segi kuantitas, minyak nilam asli Indonesia sebenarnya lebih unggul jika dibandingkan negara lain, sayangnya untuk kualitasnya masih kurang. Kurangnya mutu minyak nilam ini disebabkan oleh dua faktor yakni faktor produksi dan faktor budidaya.

Adapun kekurangan pada waktu produksi antara lain karena syarat bahan olah yang belum terpenuhi, alat suling yang kurang memadai, tempat penyulingan yang kurang tepat sehingga pada proses penyulingan sering terkendala dengan kurangnya air atau air yang kurang bersih, dan proses pengemasan yang kurang memenuhi persyaratan. Sedangkan dari faktor budidaya sendiri dipengaruhi oleh penanaman, teknik panen, waktu panen, hingga faktor lingkungan.

Manfaat dan Kegunaan Minyak Nilam

manfaat minyak nilam

manfaat minyak nilam

Minyak nilam memiliki banyak manfaat tak hanya untuk kecantikan namun juga kesehatan. Banyaknya manfaat minyak nilam inilah yang membuatnya begitu dicari. Banyak industri yang bergerak dalam bidang kecantikan dan kesehatan pun mencari-cari minyak atsiri nilam ini. Kiranya apa saja manfaat dan kelebihan minyak nilam sehingga begitu banyak yang mencarinya?

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat dari minyak nilam.

1. Menyembuhkan dan menghilangkan luka

Cairan yang berasal dari daun nilam ini mampu mengobati luka yang diakibatkan dari cacar dan jerawat. Selain mengobati, minyak ini juga mampu menghilangkan bekas luka seperti luka bakar, luka karena goresan, luka gigitan serangga dan juga mampu menghilangkan bekas strecthmark.

2. Mencegah kulit kering

Untuk pemilik kulit kering tak perlu khawatir lagi. Minyak nilam mampu menjaga kelembaban kulit dan mampu membuat kulit pecah-pecah kembali halus. Sakit kulit seperti dermatitis dan eksim juga dapat diobati dengan minyak ini.

3. Mengurangi keriput

Keriput merupakan penanda usia yang semakin tua, namun keriput ini bisa dicegah atau diminimalisir. Salah satunya menggunakan manfaat dari minyak nilam. Selain mampu menyamarkan keriput dengan baik, minyak ini juga bisa mengurangi kulit atau otot yang mengendur. Nah, jadi untuk kamu yang punya selulit, manfaatkanlah minyak nilam. Oleskan pada bagian yang mengendur atau berselulit.

4. Mengusir stress

Aroma dari minyak nilam ini sudah pasti harum. Nah, aroma ini bisa jadi semacam aroma terapi yang akan membuat penciumnya merasa nyaman dan tenang.

Wangi dari minyak daun nilam yang wangi inipun kerap dijadikan sebagai bahan baku pewangi ruangan seperti dupa dan juga parfum. Guna memberikan aroma yang unik, bisa juga mencampurkan minyak ini dengan beberapa minyak lain seperti melati, mawar, cendana dan lain sebagainya.

5. Bahan baku obat

Selain digunakan sebagai parfum, minyak nilam juga sering digunakan sebagai bahan baku obat, khususnya obat yang berhubungan dengan penyakit kulit. Minyak nilam berfungsi seperti antiseptik yang cepat dan ampuh dalam mengobati penyakit kulit seperti dermatitis, eksim atau psioriasis. Selain mengobati, minyak ini juga mencegah agar luka tidak lekas infeksi.

6. Anti nyamuk

Minyak nilam bisa juga difungsikan sebagai anti nyamuk. Bau wangi minyak ini tidak begitu disukai oleh serangga, bahkan aromanya bisa membunuh serangga. Penggunaannya juga mudah, bisa diuapkan atau bisa juga disemprotkan.

Cara Membuat Minyak Nilam

cara membuat minyak nilam

cara membuat minyak nilam

Mendapatkan minyak nilam tidak harus beli. Kamu bisa juga membuatnya sendiri. Hanya saja memang ini terbilang sedikit merepotkan. Namun untuk kamu yang memang ingin membuatnya, ulasannya yang kami berikan ini mungkin saja bisa membantumu.

Nah, untuk mendapatkan minyak nilam ada beberapa cara yang bisa digunakan, yakni dengan di kukus, rebus dan disuling.

1. Rebus

Masukkan tanaman nilam kedalam air ketel yang sebelumnya telah diisi air. Pakailah ketel yang stainlesstell atau yang tidak memiliki sifat karat. Bisa juga menggunakan ketel dati aluminum atau tembaga. Uap yang berasal dari ketel nantinya dialihkan ke kondensor yang kemudian dimurnikan atau dipisahkan antara uap air dan minyak.

2. Kukus

Metodenya sama dengan cara direbus, yakni memanfaatkan hasil kukusannya. Bedanya, jika ketika rebus yang dipisahkan adalah uap airnya, maka ketika mengukus, yang dipisahkan yakni air rebusan dengan minyak nilamnya.

3. Penyulingan

Cara satu ini membutuhkan ketel silinder sebanyak dua buah. Pastikan kedua ketelnya tetap stabil dengan memasangkan penahan panas seperti karung goni. Pendinginnya sendiri berupa pipa spiral yang terbuat daru bahan antikarat guna mengubah uap jadi cairan hingga kemudian dipisahkan antara minyak dengan uap air.

Setelah mendapatkan minyak nilam, simpanlah minyak tersebut pada drum atau botol yag telah distrerilkan. Minyak yang disimpan makin lama maka kadar patchoulinya akan bertambah dan ini akan mengubah karakteristik wanginya menjadi halus jika dibandingkan dengan minyak yang baru saja disuling.

Cara menanam Tanaman nilam

tanaman nilam

tanaman nilam

Nah, dari uraian diatas, sudah tahukan apa itu minyak nilam, manfaat dan cara membuatnya. Banyaknya manfaat minyak nilam dan kemudahan cara membuatnya mungkin akan membuatmu berfikir untuk menanam sendiri daun nilam.

Bagaimana caranya?

Nilam bisa ditanam di manapun, baik itu tanah dengan kontur berbukit, datar, atau yang terjal. Asalkan tanah tersebut merupakan tanah yang kaya humus, gembur dan subur, nilam akan tumbuh. Namun untuk hasil yang terbaik, tanamlah nilam di daerah dengan ketinggian idealnya kurang dari 700mdpl dengan asupan penyinaran matahari yang cukup.

Menanamnya seperti menanam tanaman pada umumnya yakni memilih bibit yang unggul, merawat dan menjaganya dari serangan hama.

Selamat mencoba, dan rasakan ambil sebanyak mungkin manfaat minyak nilam bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Leave a Reply

privacy policy