Jasa Pengiriman Barang Ke Luar Negeri | Murah & Terpercaya

Jasa Pengiriman Barang Ke Luar Negeri – Semenjak munculnya banyak jasa pengiriman barang ke luar negeri, segala administrasi pengurusan terkait perdagangan antar negara jadi kian mudah. Pengiriman barang dalam negeri dan luar negeri memang berbeda. Meski begitu hal sulit tersebut saat ini bisa dengan mudah diatasi dengan adanya jasa pengiriman barang ke luar negeri yang telah tersebar di banyak kota di Indonesia.

Pengiriman barang di dalam negeri cenderung lebih simple, berbeda dengan pengiriman ke luar negeri yang bisa dikatakan tricky, alias harus melewati beragam tahapan khusus terlebih dulu agar barang bisa dikirim ke negara tujuan. Sesampai di tempat tujuanpun juga tidak bisa langsung sampai di tangan pembeli namun harus melewati serangkaian proses terlebih dulu.

Jasa Pengiriman Barang Ke Luar Negeri

Kami merupakan perusahaan khusus ekspor barang ke luar negeri. Segala macam barang, baik yang general cargo maupun yang lartas, kami bisa handle dengan perizinan resmi. Silahkan untuk info lebih lanjut hubungi tim marketing kami untuk konsultasi WA 0895-3434-04471

Prosedur jasa pengiriman barang ke luar negeri

jasa pengiriman barang ke luar negeri 2

Pada dasarnya prosedur pengiriman barang baik itu di dalam negeri atau ke luar negeri itu hampirlah sama. Nah, sebagai seorang yang berencana mengirimkan barang ke luar negeri, maka sebelumnya harus paham hal ini terlebih dulu.

Berikut ini beberapa kemiripan antara keduanya.

  1. Pengajuan permohonan pengiriman barang
    Ketika hendak mengirimkan barang ke luar negeri ataupun di dalam negeri maka syaratnya sama. Mengajukan permohonan pengiriman barang ke jasa ekspedisi. Untuk pengajuannya sendiri Anda bisa langsung datang ke kantor ekspedisi atau bisa juga dengan memanggil kurir dari perusahaan ekspedisi untuk pengambilan barang. Namun, layanan jemput barang ini biasanya hanya terbatas pada beberapa jasa ekspedisi saja.
    Jadi, jika Anda adalah seorang yang sibuk dan tidak punya waktu, carilah sebuah jasa pengiriman barang ke luar negeri yang memberikan layanan jemput barang.
  2. Berikan informasi pengiriman barang
    Informasi terkait alamat pengiriman adalah hal yang sangat penting. Khususnya untuk barang yang dikirimkan ke luar negeri. Biasanya pihak jasa pengiriman akan meminta beberapa informasi mulai dari nama dan alamat tujuan pengiriman, nomor telepon tujuan yang dapat dihubungi serta layanan yang hendak disertakan ketika pengiriman. Salah satu jenis layanan yang paling sering digunakan yakni layanan asuransi barang. Jadi jika ada kerusakan atau kehilangan dari barang yang dibawa oleh jasa ekspedisi, maka jasa tersebut harus mengganti kerugiannya.
  3. Membayar ongkos pengiriman barang
    Setelah semua data selesai dimasukkan, tahap selanjutnya yakni pembiayaan. Petugas akan menginformasikan besaran dari tarif yang dibebankan dan juga alternative untuk pembayarannya. Barulah setelah proses ini selesai, barang Anda akan segera dikirimkan.
  4. Tarif pengiriman ke luar negeri
    Tarif pengiriman setiap jasa pengiriman barang ke luar negeri tentulah berbeda-beda. Adapun untuk tarif barang sendiri juga berbeda bergantung dari beberapa faktor meliputi dimensi atau bobot barang yang dikirim, besaran biaya packing, besaran biaya asuransi dan juga jenis jalur pengiriman yang dipilih (darat, laut atau udara)
BACA  Cara Belanja di Alibaba dengan Aman [Lengkap]

jasa pengiriman barang ke luar negeri

Terlepas dari prosedur pengiriman diatas, khusus untuk Anda yang hendak mengirimkan barang ke luar negeri (jasa ekspor), ada beberapa dokumen yang harus diurus terlebih dulu. Beberapa dokumen yang diperlukan antara lain:

  1. Shipping Instruction yang berisi perintah pengapalan yang ditujukan ke perusahaan Freight Forwader dari si pengirim barang. Beberapa hal yang harus dilengkapi dalam SI ini meliputi nama serta alamat pengirim, nama serta alamat dari penerima, keterangan dari barang yang dikirim dan juga jumlah barang.
  2. Invoice yang merupakan dokumen dimana didalamnya memuat data harga barang kiriman.
  3. Packing list yakni dokumen yang berisikan detail dari barang-barang mulai dari jenis, ukuran, berat serta jumlah.
  4. Airwaybill ini merupakan surat jalan yang telah disedikan jasa pengiriman barang ke luar negeri dimana isinya meliputi nama dan alamat pengirim serta penerima, jumlah berat barang, tanggal transaksi tersebut, dan yang terakhir adalah tanda tangan dari kedua belah pihak (pengirim dan pihak jasa).

Dokumen diatas wajib untuk dilengkapi disetiap pengiriman khususnya bagi barang paket atau non dokumen. Meski begitu, ada pula beberapa jenis barang lainnya dimana didalamnya juga harus dilampiri dengan fotocopy NPWP, SIUP, MSDS (untuk barang yang memiliki unsur bahaya), Sertifikat POM (untuk produk makanan), Sertifikat Fumigasi (untuk produk dari kayu), Sertifikat Karantina (untuk buah-buahan), dan lain sebagainya.

Pengiriman Barang Ke Luar Negeri Melalui Udara

Pengiriman Barang Ke Luar Negeri Melalui Udara

Jenis jalur yang paling banyak digunakan untuk pengiriman barang ke luar negeri yakni jalur laut dan udara. Keduanya memiliki prosedur yang mirip. Namun tetap saja ada perbedaan dikeduanya.

Pengiriman barang lewat jalur udara lebih terbatas pada jumlah dan juga volume tertentu. Selain itu untuk masalah karakteristik barang yang dikirim juga sangat diikat dengan beragam regulasi. Misalnya, dilarang mengirimkan barang-barang berbentuk cair atau gas. Selain itu ada juga beberapa jenis barang yang dilarang dikirimkan menggunakan pesawat antara lain:

  1. Bahan atau benda peledak
  2. Semua jenis gas mulai dari flammable gas, nonflammable gas, toxic gas dan nontoxic gas
  3. Flammable liquid atau cairan yang mudah terbakar
  4. Beragam jenis cairan mulai dari flammable solid atau benda padat yang mudah terbakar, dangerous when wet atau benda yang ketika basah akan jadi berbahaya, dan spontaneously combustible atau benda yang sangat mudah terbakar.
  5. Peroxide organik, dan bahan oxidator
  6. Racun dan infectous substance atau zat yang bisa menular
  7. Bahan radioaktif
  8. Bahan yang mampu menimbulkan korosi
  9. Barang berbahaya lainnya
BACA  Cara Import Barang dari China Bagi Pemula

Itulah beberapa jenis barang yang tidak bisa diangkut jasa pengiriman barang ke luar negeri menggunakan jalur udara. Jika Anda hendak mengirimkan beberapa jenis barang diatas, maka pilihan terbaik menggunakan jalur laut.

Jika dilihat dari segi kecepatannya, jasa pengiriman ke luar negeri lewat jalur udara lebih cepat. Namun memang ada beberapa barang yang tidak bisa atau dilarang untuk dikirimkan lewat jalur udara karena erat hubungannya dengan standar keselamatan selama pengiriman itu sendiri.

Pengiriman Barang Ke Luar Negeri Melalui Laut

Pengiriman Barang Ke Luar Negeri Melalui Laut

Banyak orang menganggap jika pengiriman barang lewat jalur laut itu cukup merepotkan karena memakan waktu yang tidak sebentar. Meski begitu ada cukup banyak keuntungan yang bisa didapat ketika Anda menggunakan jasa pengiriman barang ke luar negeri melalui laut.

  1. Kapasitas ruang yang besar sehingga barang bisa lebih cepat diangkut ke negara tujuan.
  2. Mampu menjangkau daerah manapun mulai dari yang padat penduduk sampai ke daerah terpencil.
  3. Pengiriman barang melalui jalur laut memiliki kapasitas ruang yang cukup besar khususnya untuk pengiriman cargo. Dengan ini bagi Anda yang hendak mengirimkan barang dalam jumlah atau dimensi yang cukup besar semisal axcavator, dozer, dan lain sebagainya, maka alternative terbaiknya menggunakan jalur laut.
  4. Tarif pengiriman yang lebih terjangkau daripada melalui udara.

Untuk pengiriman barang menggunakan jalur laut, ada beberapa armada kapal yang digunakan dan kesemuanya dibedakan berdasar dari kecepatan, ukuran, fasilitas dan fungsi dari kapal tersebut. Biasanya setiap kapal yang digunakan untuk pengiriman memiliki dua rute yakni tramper dan linier.

Untuk kapal rute tramper, untuk masalah tujuan, jadwal dan biayanya akan berubah-ubah karena dipengaruhi juga dengan faktor lainnya. Sedangkan untuk rute linier, jadwal, tujuan dan biayanya tetap sehingga sebelum mengirim barang Anda bisa terlebih dulu menghitung estimasi tarifnya.

BACA  10 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Nah, itulah sedikit ulasan terkait dengan jasa pengiriman barang ke luar negeri. Dari ulasan diatas, jenis pengiriman mana yang akan Anda pilih?

Leave a Reply