Harga Buah Plum Segar dan Kering | Terbaru 2018

Harga Buah Plum – Saat ini buah plum banyak dicari masyarakat. Selain rasanya yang nikmat dan segar, buah plum memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat buah plum dapat menurunkan berat badan, ini cocok banget lho buat kamu yang mau diet. Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan harga buah plum, manfaat buah plum, buah plum adalah, buah plum untuk diet, cara makan buah plum, rasa buah plum, buah plum kering, buah plum hitam, pohon buah plum.

Berikut ini daftar harga buah plum yang berasal dari beberapa supermarket besar di Jakarta. Seperti harga buah plum di Giant, Superindo, Hypermart, Carrefour dan lain-lain. Untuk tiap daerah dan waktu tentu akan mempengaruhi pola harga tersebut.

harga buah plum

harga buah plum

Harga Buah Plum

ProdukSatuanHarga
Buah Plum MerahBuah5000
Buah Plum Kuning1 Kg65000
Buah Plum Hitam1 Kg67000
Buah Plum Import1 Kg60000
Buah Plum Amerika1 Kg65000
Buah Plum Pakistan1 Kg60000
Buah Plum di Hypermart1 Kg60000
Buah Plum di Giant1 Kg65000
Buah Plum di Superindo1 Kg60000
Buah Plum di Total Buah1 Kg65000
Buah Plum Kering1 Kg95000
Buah Plum Hijau1 Kg50000

Buah Plum yang sering dijual di beberapa Supermarket adalah jenis Plum Merah yang berasal dari Asia yang penjualannya melalui sistem satuan, bukan dengan sistem kiloan maupun timbangan dibanderol dengan harga sekitar Rp 5.000 per satu bijinya.

Sedangkan untuk buah Plum Merah asal Amerika yang dijual dengan sistem kiloan yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 65.000 setiap satu kilogramnya.

Untuk buah Plum Hitam asal Amerika yang penjualannya dengan sistem kiloan dibanderol dengan harga sekitar Rp 67.000 setiap satu kilogramnya.

Harga buah plum Hijau Asal Amerika yang dijual dengan sistem kiloan dibanderol dengan harga sekitar Rp 50.000 an setiap satu kilogram. Mahalnya harga buah plum ini sangat sebanding dengan manfaat yang didapat dari mengkonsumsi buah tersebut.

pohon buah plum

pohon buah plum

Apa itu Buah Plum

buah plum kering

buah plum segar dan kering

Buah plum adalah

Buah plum adalah salah satu buah yang memiliki warna menarik dan rasa yang lezat. Buah ini dapat dikonsumsi baik dalam bentuk segar atau dikeringkan. Asal buah ini berasal dari China, sehingga digolongkan sebagai buah import. Namanya saja buah import. Tentu harga yang ditawarkan cukup mahal.

Harganya yang mahal setara dengan kandungan gizi buah tersebut. Tidak jarang, banyak ahli gizi yang menyarankan untuk mengkonsumsi buah plum agar tetap sehat. Plum dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Eropa-Asia, Jepang dan juga Damson. China adalah penghasil plum yang utama dan pertama, setelah itu disusul negara Amerika Serikat, Serbia dan juga Rumania. Negara penghasil plum di negara Amerika adalah California.

buah plum hitam

buah plum hitam

Kandungan Gizi Dalam Buah Plum

Banyak sekali kandungan gizi di dalam buah plum. Plum banyak mengandung senyawa yang menyehatkan dan menyegarkan. Kandungan gizi yang ada di dalam buah plum adalah sebagai berikut ini:

  1. Plum mengandung vitamin dan mineral.
  2. Vitamin yang ada di dalam buah plum adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin K, vitamin E dan juga vitamin B-6.
  3. Plum mengandung asam askorbat dan juga asam folat.
  4. Mineral yang ada dalam buah plum berupa fluor, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium dan juga seng.
  5. Serat tinggi, rendah kalori dan tidak ada lemak jenuh.
  6. Kaya akan antioksidan.
buah plum ungu

buah plum ungu

Manfaat Buah Plum

Gizi yang banyak dalam buah plum bermanfaat dalam menjaga kesehatan. Pada dasarnya buah harus dikonsumsi setiap hari sebab dapat melancarkan pencernaan dan juga menyehatkan usus. Manfaat lainnya adalah sebagai berikut ini :

buah plum merah

buah plum merah

  1. Mencegah Radikal Bebas. Radikal bebas berasal dari zat polutan dan zat-zat berbahaya di dalam tubuh. Radikal bebas dijaman seperti saat ini ada dimana saja.
    • Zat Dalam Plum Yang Menangkal Radikal Bebas. Plum memiliki senyawa-senyawa yang sangat efektif dalam menangkal radikal bebas. Senyawa tersebut adalah berikut ini :
      • Vitamin C dan fitonutrisi
      • Cryptoxanthin, zea-xanthin
      • Asam neochlorogenic
      • Klorogenat
  2. Menghentikan Luka Akibat Radikal Bebas. Jika Anda terlanjur dilukai oleh radikal bebas. Anda bisa menghentikan membran luka yang dihasilkan oleh radikal bebas dengan mengkonsumsi buah plum.  Zat di dalam buah plum mengandung fenol yang berfungsi untuk melindungi lemak bersifat essensial dalam neuron sehingga membran luka pun bisa berhenti dan mengecil.
  3. Mengobati Obesitas. Obesitas merupakan faktor kegemukan yang bisa diakibatkan genetik dan juga karena faktor makanan. Mengkonsumsi buah plum yang kaya serat bisa bermanfaat dalam proses diet sehingga obesitas akan berkurang. Manfaat apel juga dapat membantu menurunkan obesitas dan diet anda.
  4. Menghindarkan Dari Komplikasi Obesitas. Penyakit obesitas bisa menyebabkan berbagai penyakit komplikasi misalnya saja jantung, diabetes, stroke dan masih banyak lagi lainnya. Mengkonsumsi plum bisa bermanfaat untuk menyerang sindrom metabolik dengan menggunakan zat bioaktif yang ada di dalam buah plum.
    • Zat Dalam Buah Plum Yang Bermanfaat Untuk Menghindari Komplikasi Akibat Obesitas
      • Flavonoid
      • Senyawa fenolix ( anthocyanin, asam klorogenat, quercetin dan cathechindalam plum ) berfungsi untuk menghindarkan seseorang dari efek buruk obesitas dan juga bermanfaat sebagai anti inflamasi.
    • Sel-sel lemak nabati dalam plum bermanfaat untuk menghindarkan dari efek obesitas termasuk diabetes juga penyakit kardiovaskular.
  5. Menjaga Kesehatan Tulang. Tulang rawan untuk terkena osteoporosis. Jika seseorang terkena osteoporosis akibatnya adalah penderita tidak bisa berjalan akibat tulangnya mengalami pengeroposan. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang bisa menggunakan buah plum.
    • Zat Yang Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang
      • Zat anabolik dan juga anti resorptive bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang
      • Flavonoid khususnya asam caffeic bermanfaat dalam penghambatan kerusakan jaringan yang ada di dalam tulang, sehingga wanita dalam pasca menopause akan terhindar dari osteoporosis.
      • Polifenol bersama dengan kalium bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang, menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang juga mencegah pengeroposan tulang yang diakibatkan oleh hormon yang ada di dalam ovarium.
  6. Membantu Sistem Pencernaan. Buah plum yang kaya serat bermanfaat dalam proses pencernaan di dalam tubuh. Plum merupakan sumber serat yang baik. Plum bisa melancarkan pencernaan sehingga menghindarkan dari penyakit sembelit. Dibandingkan dengan zat psyllium, serat di dalam plum lebih banyak. Selain plum, manfaat kulit manggis juga ampuh untuk pencernaan.
    • Zat yang Bermanfaat Dalam Proses Pencernaan
    • Zat senyawa sorbitol dalam plum membantu usus dalam sistem pencernaan.
    • Senyawa isatol bermanfaat dalam mengatur sistem pencernaan.
    • Sorbitol dan isatin jika digabungkan bisa bermanfaat memberikan efek pencahar sehingga dapat mendorong sekresi cairan di dalam usus. Membantu meningkatkan pembilasan limbah di dalam usus besar.
  7. Melindungi Tubuh Dari Penurunan Kognitif. Semakin bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan kognitif. Dalam penurunan kognitif tubuh akan mudah mengalami penyakit parkinson, alzheimer dan juga stroke. Mengkonsumsi jus plum setiap hari bermanfaat melindungi tubuh dari penurunan tersebut.
    • Zat Yang Bermanfaat Dalam Penurunan Kognitif
      • Zat flavonoid merupakan zat yang paling dominan untuk melindungi tubuh dari penurunan kognitif.
      • Fitonutrisi dalam plum bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari peradangan akibat proses neurologis. Fitonutrisi juga bermanfaat meningkatkan memori otak sehingga terhindar dari kepikukan serta alzheimer.
  8. Plum Mengandung kolesterol Baik Dan Sehat. Kolesterol sehat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah berbagai penyakit atau gangguan tubuh. Manfaat kentang dan manfaat rambutan juga dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah kolesterol.
    • Manfaat Kolesterol Baik Dan Sehat
      • Kolesterol sehat bermanfaat mencegah hiperkolesterolemia dan juga hiperlipidemia. Hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia merupakan gangguan di dalam tubuh akibat kolesterol jahat.
      • Jus plum bisa bermanfaat untuk mempertahankan plasma yang sehat dan juga mempertahankan kolesterol sehat dalam hati.
      • Kolesterol sehat bermanfaat dalam mengurangi jumlah kolesterol jahat dan menambah jumlah kolesterol baik.
  9. Mengatasi Diabetes. Meski buah mengandung glukosa alami namun ada buah yang tidak dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dikarenakan bisa menaikkan kadar gula darah. Buah yang tidak boleh dikonsumsi adalah sawo, semangka dan juga mangga. Manfaat buah plum jika dikonsumsi bisa mengatasi diabetes.
    • Cara Kerja Plum Mengatasi Diabetes
      • Plum akan memberikan efek berupa anti hiperglikemia dimana efek itu bermanfaat untuk mengatasi diabetes.
      • Mengkonsumsi jus plum atau buah plum bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa dan tingkatan trigliserida di dalam tubuh.
      • Zat flavonoid di dalam plum bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kadar insulin dan meningkatkan kesensitivan insulin yang ada di tubuh.
  10. Sistem Saraf Menjadi Lancar. Bagi yang memiliki penyumbatan di sistem saraf dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi plum. Kandungan vitamin di dalam plum sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem saraf.
    • Kandungan Dalam Plum Yang Bisa Melancarkan Sistem Saraf
      • Vitamin B6 membantu saraf dalam bertransmisi sehingga bisa membantu fungsi dari kelancaran sistem saraf .
      • Triptofan dan asam amino di dalam buah plum bermanfaat untuk memproduksi neurotransmitter serotonin dimana zat itu berperan penting dalam membantu tidur menjadi nyenyak, meningkatkan konsentrasi dan juga menambah nafsu makan.
  11. Menyehatkan Sel Di Dalam Tubuh. Sel di dalam tubuh bisa sehat dikarenakan buah plum memiliki kandungan tembaga yang berfungsi sebagai antioksidan. Tembaga dalam plum juga bermanfaat untuk kesehatan saraf dan pembentukan kolagen. Plum juga bisa mencegah penyakit anemia dikarenakan zat besi di dalamnya.
  12. Mengatasi Depresi. Plum buah yang multifungsi, dengan kandungan anxiolytic, asam chlorogenic dan antioksidannya membantu menghilangkan depresi. Kecemasan yang berlebihan pun bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah plum.
  13. Mengatasi Flu. Kandungan lektin yang ada di dalam plum bermanfaat untuk menghambat dan mengobati infeksi yang diakibatkan oleh virus influenza.
  14. Menyehatkan Ibu Hamil. Saat hamil mengkonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan untuk menyehatkan janin dan ibu hamil. Salah satu buah yang bermanfaat bagi kehamilan adalah plum. Karena buah plum mengandung banyak vitamin dan mineral yang dubutuhkan selama kehamilan. Senyawa di dalam plum memiliki manfaat untuk kesehatan mata, perkembangan tulang janin dan juga pembentukan sel janin. Saat mengkonsumsi plum untuk ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan gula. Gula bisa menyebabkan kadar gula ibu hamil naik dan menyebabkan bayi menjadi besar dalam kandungan.
  15. Membantu Proses Pembekuan Darah. Plum mengandung banyak vitamin, salah satunya adalah vitamin K. Vitamin K bermanfaat dalam proses pembekuan darah di dalam tubuh.
buah plum kuning

buah plum kuning

Buah Plum Untuk Diet

Tahukah kalian kalau buah plum ternyata dapat membantu program diet kalian?

BACA  Harga Ayam Broiler Hari Ini | Update Terbaru 2018

Siapa nih yang sedang atau baru akan memulai program dietnya? Kegiatan diet atau menurunkan berat badan tentu sudah menjadi hal lumrah yang terjadi di sekitar kita. Kebanyakkan kaum perempuanlah yang melakukannya, guna menunjang penampilannya.

Nah, dari berbagai metode diet yang pernah kalian coba atau temui, pernahkah kalian mencoba diet dengan mengkonsumsi buah plum? Walaupun mayoritas orang Indonesia masih belum ngeh dengan buah plum dan mungkin merasa cukup asing dengan buah satu ini, ternyata buah impor satu ini memiliki manfaat untuk mendukung program diet kamu.

Buah plum memang sangat baik untuk diet karena mampu melancarkan metabolisme dalam tubuh. Lancarnya metabolisme dalam tubuh ini akan membuat proses pembakaran lemak serta kalori dalam tubuh akan menjadi optimal. Tidak hanya itu saja, kandungan serat dalam buah plum juga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama yang tentunya mendukung program dietmu, bukan?

Lantas seperti apa sih cara diet dengan mengkonsumsi buah plum? Ada empat cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan diet dengan buah cantik satu ini, yaitu:

buah plum hijau

buah plum hijau

1. Jus buah plum

Cara pertama dan yang paling sering ditemui adalah dengan mengkonsumsi buah plum dalam bentuk jus. Untuk membuat jus buah plum pun sangat mudah, guys, kamu hanya cukup menyediakan beberapa buah plum yang segar, cuci dan potong menjadi beberapa bagian, terakhir blender dengan menambahkan es batu serta madu.

Jus buah plum ini biasanya digunakan sebagai metode diet dengan buah plum bagi orang-orang yang tidak mampu mengatasi rasa asam dari buah plum. Oleh karena itu ada tambahan madu di dalam jus buah plum ini.

BACA  Daftar Harga Kucing Anggora Murah Terbaru 2018

2. Mengkonsumsi langsung buah plum

Cara kedua yang juga cukup sering ditemui adalah diet dengan mengkonsumi langsung buah plum. Buah plum ini memiliki rasa yang cukup asam, sehingga beberapa orang menghindari metode kedua ini. Nah, mengkonsumsi buah plum secara langsung sangat cocok dilakukan saat kamu sedang bersantai alias buah plum sebagai pengganti cemilan-cemilan berminyak dan berlemak kesukaan kalian.

3. Pasta buah plum

Yang ketiga dan mungkin masih cukup asing di telinga kita adalah pasta buah plum. Yup, kamu bisa melakukan diet dengan buah plum dengan mengkonsumsi pasta buah plum. Pasta buah plum ini sangat cocok untuk kamu jadikan menu sarapan lho, guys, hal ini karena buah plum mengandung karbohidrat dan juga serat yang cukup efektif untuk memberi energi serta rasa kenyang hingga waktu makan siang nanti.

Cara membuat pasta buah plum tidak sesulit bayangan kalian kok. Pertama, kamu harus menyiapkan beberapa buah plum yang masih segar, potong menjadi beberapa bagian kemudian cuci hingga bersih, masukkan potongan buah plum ke dalam mangkuk dan tuang air mendidih ke dalam mangkuk tersebut. Kemudian tutup mangkuk tersebut dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Nah, sambil menunggu si buah plum, kamu bisa siapkan mangkuk lain dan campurkan kefir, gandum, serta biji rami. Setelah itu campurkan ketiga bahan tersebut dengan si buah plum ini, aduk hingga sampai berbentuk pasta dan kemudian simpan di lemari pendingin. Pasta buah plum siap di konsumsi!

4. Mengeringkan buah plum

Cara keempat yang bisa kamu gunakan untuk melakukan diet dengan buah plum adalah dengan mengeringkannya. Hal ini dilakukan agar si buah plum bertahan lebih lama. Tidak perlu takut karena cara mengeringkan buah plum pun sangat mudah, guys. Pertama, siapkan semangkuk buah plum yang sudah matang, kemudian cuci buah plum hingga bersih, letakkan buah plum di sebuah nampan yang cukup besar dan jemur di bawah sinar matahari atau kamu juga bisa memanggangnya di dalam oven (rasa yang dihasilkan akan berbeda antara menjemur langsung dibawah sinar matahari dan memanggang dalam oven). Kegiatan menjemur ini dilakukan selama 3 sampai 4 hari sampai benar-benar kering. Terakhir, untuk mengkonsumsinya, kamu tinggal merebus 5 butir buah plum degan 250 cc air dan tunggu hingga mendidih.

BACA  Harga Emas Antam Hari Ini | Update Terbaru 2018

Cara Makan Buah Plum

Jika Anda mencoba mengupas buah plum hanya dengan menarik kulit buahnya, tangan Anda akan penuh dengan cairan yang manis dan lengket. Gunakan teknik blanching dan es agar kulit buah terlepas dan membuatnya mudah untuk dipisahkan dari daging buah. Ketika Anda memanggang pai, membuat selai atau Anda lebih suka buah plum tanpa kulit, blanching merupakan cara terbaik untuk melakukannya.

  1. Didihkan air di dalam panci. Panci harus cukup besar untuk menampung paling tidak empat atau lima buah plum. Gunakan cukup air agar buah dapat terendam sepenuhnya. Anda perlu menunggu hingga air benar-benar mendidih sehingga buah plum tidak perlu terendam terlalu lama di dalam air panas. Jika Anda terlalu lama merebusnya, buah plum akan menjadi bubur.
  2. Siapkan air es. Isi mangkok besar dengan es dan air untuk membuat air rendaman yang dingin untuk buah. Setelah Anda melakukan teknik blanching, Anda perlu dengan segera mendinginkan buah dengan memasukkannya ke dalam air es.
  3. Buat irisan dengan bentuk “x” pada bagian dasar setiap buah plum. Dengan membuat lubang kecil berbentuk silang pada bagian dasar buah plum (sisi yang berlawanan dengan tangkai) akan membuat kulit buah sangat mudah untuk dikupas. Tidak perlu membuat irisan terlalu dalam atau besar; cukup gunakan ujung pisau untuk membuat irisan “x” kecil yang menembus kulit buah dan cukup besar untuk menusukkan jari Anda ke dalamnya.
  4. Masukkan buah plum ke dalam air mendidih selama 30 detik. Masukkan secara perlahan ke dalam air dan rebus selama 30 detik. Perhatikan waktu merebus sehingga Anda tidak akan terlalu lama melakukannya. Jika Anda merebus buah plum sedikit lebih lama lagi, buah akan mulai hancur. Gunakan sendok berlubang untuk mengangkat buah plum dari air setelah 30 detik.
    Jangan merebus lebih dari empat atau lima buah plum sekaligus. Jika Anda memasukkan terlalu banyak buah plum ke dalam air secara bersamaan, temperatur air akan menurun, dan buah plum tidak akan termasak dengan cukup cepat.
    Jika Anda mau, Anda dapat memasukkan buah plum ke dalam mangkok besar dan menuangkan air mendidih secara perlahan ke atas buah. Biarkan buah terendam di dalam air panas selama 30 detik. Teknik ini berguna ketika Anda mengupas buah plum yang lembut dan memastikan agar Anda tidak merebusnya terlalu lama.
  5. Masukkan buah plum ke dalam air es. Biarkan buah terendam di dalam air es selama 30 detik, kemudian pindahkan dari air dan keringkan.
  6. Kupas buah plum. Letakkan jari Anda di bawah salah satu bagian kulit yang terkelupas oleh irisan berbentuk “x” pada bagian dasar buah plum. Tarik kulit yang terkelupas, dan kulit buah akan dengan mudah terlepas dalam satu lembar besar. Tarik terus bagian kulit yang terkelupas pada empat sisi buah hingga kulit buah terkelupas sepenuhnya. Lanjutkan hingga semua kulit buah plum terkelupas.
    Jika Anda menemukan buah plum yang licin, gunakan ujung pisau untuk membantu melepaskan kulit secara perlahan.
    Jika kulit buah sulit untuk terkelupas, Anda mungkin perlu mencoba untuk melakukan teknik blanching pada buah sekali lagi. Pastikan air benar-benar mendidih dan masak buah plum selama 30 detik untuk mempermudah melepaskan kulitnya.

*Catatan

Jika Anda mengupas buah plum dalam jumlah yang banyak, Anda mungkin akan merasa perih ketika sari buahnya mengenai kulit Anda, terutama jika Anda memiliki luka.

Rasa Buah Plum

Bagaimana rasa buah plum? Buah plum yang kami beli adalah jenis buah plum merah, sebelumnya kami juga pernah lihat di toko tersebut buah plum yang berwarna ungu dan ternyata ada yang berwarna hijau, hitam, dan kuning. Kami mencoba memakannya dengan membelah buah tersebut. Ternyata tidak bisa, biji buah tersebut sangat keras. Makanya, buah itu disebut stone fruit. Bijinya sangat keras sekali seperti batu, bahkan kami mencoba menggigitnya *ouch.

Tapi, dari pada menggigit bijinya, mending kita rasakan daging buahnya. Daging buah plum cukup tebal, berwarna jingga kekuningan, dan ketika digigit rasanya seperti jambu atau anggur; banyak menggandung air dan tidak terlalu manis. Mungkin tekstur dagingnya seperti sawo. Coba deh yang belum coba, segera cobain buah plum.

Leave a Reply