Harga Alat Tes Kesuburan Wanita yang Paling Akurat

Pasangan yang telah menikah, harus merencanakan secara baik dan matang mengenai kesiapan dalam memiliki momongan atau buah hati. Perencanaan yang baik adalah dengan mengetahui kapan waktu subur dan tidak subur pada siklus bulanan wanita.

Kemajuan teknologi saat ini memudahkan bagi para calon ibu untuk menguji tingkat kesuburan dan juga untuk menghitung kapan waktu subur untuk memiliki momongan. Alat tes kesuburan untuk wanita dapat kamu temukan dengan mudah di apotik terdekat atau dapat juga melalu online shop.

Pentingnya alat tes kesuburan pada wanita bertujuan untuk membantu kamu yang sedang dalam program kehamilan atau ingin menunda kehamilan. Dengan alat ini kamu akan mengetahui secara pasti masa subur dan masa tidak subur pada wanita.

Harga Alat Tes Kesuburan di Apotik

harga alat tes kesuburan wanita di apotik

Terdapat 2 jenis alat tes kesuburan untuk wanita. Yang pertama adalah alat tes kesuburan melalui air seni sedangkan yang kedua adalah alat tes kesuburan wanita melalui air liurnya.

Di apotik terdapat beberapa merk terkenal seperti baby test, ovutest strip, dan juga merk fertitest untuk mengukur tingkat kesuburan wanita menggunakan air seni. Sedangkan untuk mengetes kesuburan wanita menggunakan air liur terdapat merk terkenal yaitu ovutest scope. Berikut adalah harga alat ukur kesuburan wanita di apotik.

MERK ISI HARGA
Alat Tes Kesuburan Wanita Strip Baby Test OneMed 5 Strip 65.000
Alat Tes Kesuburan Wanita Ovutest Stripe 1 Strip 27.500
Alat Tes Kesuburan Wanita Feritest 1 Strip 24.500
Alat Tes Kesuburan Wanita Ovutest Scope 1 172.500

Adapun perbedaan alat tes masa subur pada wanita yang menggunakan air seni dan air liur terdapat pada jumlah pakainya. Alat tes kesuburan wanita yang menggunakan media air seni hanya dapat sekali saja dipakai untuk menguji tingkat kesuburan. Sedangkan alat tes kesuburan wanita yang menggunakan media air liur dapat untuk digunakan berulang kali.

Harga tentunya dapat berbeda beda tergantung pada wilayah dan tempat. Namun harganya tidak terpaut jauh dari data harga yang kami berikan diatas. Mengukur masa subur wanita menggunakan alat tes kesuburan memiliki akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan menghirung periode masa subur melalui siklus haid.

Namun bukan berarti jika dalam kondisi masa subur kamu akan cepat hamil. Faktor kesehatan dari orang tua juga harus kamu perhatikan agar tumbuh kembang bayi kamu nantinya dapat berjalan normal dan baik.

Kamu tidak perlu khawatir kesulitan dalam membeli alat tes kesuburan wanita ini. Jika ditempat tinggal kamu tidak terdapat apotik, kamu dapat memesannya melalui online shop yang khusus menjual alat tes kesuburan untuk wanita.

Kapan Masa Subur Wanita

kapan masa subur wanita

Masa subur pada wanita biasanya terjadi 8 – 20 hari setelah haid. Penting bagi suami untuk mengetahui periode haid istri. Agar dapat merencanakan kehamilan sesuai dengan yang diinginkan oleh keduanya. Kamu dapat menggunakan media seperti alat tes kesuburan wanita atau dengan menggunakan perhitungan siklus masa haid pada wanita.

Pentingnya merencanakan kehamilan bagi sepasang suami istri agar dapat mempersiapkan segalanya dengan baik. Jika telah sepakat untuk memiliki momongan maka segera lakukan hubungan intim pada saat masa paling subur wanita. Sebaliknya jika ingin menunda proses kehamilan maka jangan melakukan hubungan intim di masa subur wanita.

Masa paling subur pada wanita biasanya hanya terjadi selama 12 – 24 jam saja dalam sebulan. Jika sel telur tidak segera dibuahi, maka kemungkinannya menjadi kecil untuk hamil dan memiliki momongan. Namun jika kamu berencana menunda kehamilan maka jangan melakukan hubungan intim pada masa paling subur tersebut.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

cara menghitung masa subur wanita

Menghitung masa subur wanita dapat kamu lakukan jika kamu mengetahui siklus haidnya. Setidaknya diperlukan 8 bulan untuk mengamati siklus masa haid pada wanita. Ini dikarenakan siklus haid dapat berubah jarak dan harinya. Solusinya adalah dengan mengetahui siklus haid tersingkat dan siklus haid terlama. Berikut ini adalah cara menghitung masa subur wanita.

  • Jika siklus haid tersingkat kamu adalah 26 hari maka masa subur pertama kamu adalah hari ke 8 setelah selesai haid.
  • Jika siklus haid terlama kamu adalah 31 hari maka masa subur pertama kamu adalah hari ke 20 setelah haid.

Dari cara diatas dapat kamu simpulkan bahwa masa subur kamu berada di hari ke 8 – 20 setelah kamu selesai haid. Selain itu pada wanita juga terdapat beberapa indikasi jika memasuki masa paling subur. Diantaranya adalah :

  • Meningkatnya suhu tubuh
    Wanita dalam masa paling subur biasanya menglami peningkatan suhu pada saat bangun tidur.
  • Berubahnya warna lendir pada mulut rahim
    Pada masa paling subur lendir pada mulut rahim wanita akan berwarna bening menyerupai putih telur. Hal ini yang melindungi sel sperma untuk untuk bertemu dengan sel telur.
  • Nyeri pada bagian perut atau bagian punggung
    Pada masa subur wanita, sering ditandai dengan rasa nyeri pada bagian perut atau punggung. Rasa nyeri ini dapat menandakan bahwa kamu sedang mengalami ovulasi dan berada di masa subur.
  • Lebih bergairah
    Wanita pada masa subur seringkali merasa lebih bergairah dalam melakukan hubungan intim. Ini dikarenakan hormon yang dihasilkan lebih banyak pada masa subur.

Kapan Masa Tidak Subur Wanita

kapan masa tidak subur wanita

Setelah mengetahui kapan waktu subur pada wanita yang berguna untuk membantu program kehamilan. Maka dengan menentukan masa tidak subur wanita dapat membantu kamu untuk menunda proses kehamilan.

Sebenarnya terdapat cara lain untuk menunda kehamilan pada wanita yaitu menggunakan alat pengaman saat berhubungan intim. Cara lainnya adalah menggunakan program keluarga berencana atau KB.

Namun jika kamu ingin menghitung masa tidak subur wanita, kamu dapat melihat dari siklus haidnya. Masa subur terbagi menjadi dua tipe. yaitu masa subur biasa dan masa paling subur. Jika kamu hendak menunda proses kehamilan kamu perlu menghindari berhubungan intim pada masa sangat subur wanita. Karena persentase kehamilan pada masa sangat subur wanita sangat tinggi.

Jika siklus haid kamu teratur maka sangat mudah untuk mengetahui masa subur dan masa tidak subur. Misalnya jika siklus haid kamu 26 hari maka masa paling subur kamu adalah hari ke 8 setelah haid. Jadi jika kamu ingin menunda proses kehamilan, tidak disarankan untuk berhubungan intim pada hari ke 8 – 9 setelah haid.

Pentingnya merencanakan kehamilan yaitu untuk menghindari hal hal yang tidak dipersiapkan sebelumnya. Sebaiknya bicarakan perencanaan kehamilan dengan matang kepada pasangan kamu. Faktor kesehatan orang tua juga harus diperhatikan. Karena akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang bayi yang kamu kandung.

Kamu juga perlu memperhitungkan keungan agar dapat menghindari masalah pada saat proses melahirkan nanti. Sebaiknya persiapkan dana lebih untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan proses sesar pada saat melahirkan.

 

Leave a Reply

privacy policy