15 Gerakan Yoga Mengecilkan Perut untuk Pemula

Gerakan Yoga digadang sebagai salah satu olahraga yang bermanfaat tak hanya untuk kesehatan jasmani namun juga kesehatan rohani. Banyak orang yang ingin mencobanya karena yoga memiliki manfaat yang sangat banyak seperti menjaga kelenturan tubuh, keseimbangan badan, dan meningkatkan kekuatan otot. Jika Anda seorang pemula, tak perlu khawatir, ada banyak gerakan yoga untuk pemula yang bisa dilakukan dengan mudah dirumah. Jadi tidak perlu repot untuk datang ke kelas yoga.

Dilansir dari everydayhealth.com, yoga juga bermanfaat untuk mengurangi stress. Sejumlah penelitian mengemukakan jika yoga bisa menjadi terapi menghilangkan penyakit kronis dan rasa cemas lebih baik disbanding terapi tradisional yang lainnya.

Makin tertarik mencoba yoga dirumah?

Berikut ini kami sajikan 14 gerakan yoga untuk pemula yang bisa dilakukan dirumah. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Gerakan yoga untuk pemula

1. Sukhasana

gerakan yoga sukhasana

gerakan yoga sukhasana

Gerakan yoga untuk pemula diawali dengan duduk dengan gaya bersila dengan meletakkan kedua tangan tepat diatas lutut. Posisikan punggung tegak dengan mata yang terpejam. Ambil dan keluarkan nafas dengan perlahan. Sukhasana yang dilakukan rutin akan membantu Anda meredakan stress, khususnya karena padatnya aktivitas harian.

2. Tree Pose

gerakan yoga tree pose

gerakan yoga tree pose

Mulailah dengan posisi berdiri. Kemudian tangkupkan kedua tangan tepat didepan dada. Setelahnya angkat kaki kanan kemudian lipatkan ke paha sebelah kiri. Tahan pada posisi ini sekitar 30 detik. Setelah itu, cobalah berganti degnan kaki satunya. Fungsi gerakan yoga untuk pemula tree pose ini untuk membantu kita menjaga keseimbangan tubuh.

3. Downward facing dog

gerakan yoga downward facing dog

gerakan yoga downward facing dog

Gerakan yoga satu ini nampak seperti huruf V terbalik. Posisikan kedua kaki lurus kemudian letakkan tangan didepan kaki. Luruskan posisi antara punggung, tangan dan kepala sehingga membentuk seperti huruf V terbalik. Pastikan pantats menghadap ke langit-langit dan tumit menempel sempurna pada lantai.

Jika sudah pada posisi ini, selanjutnya angkatlah pergelangan kaki dengan cara seperti jinjit lalu kembalikan pada posisi semula. Lakukan sampai beberapa kali. Tujuan dari gerakan ini untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Gerakan ini sagnat baik untuk membuat sirkulasi darah yang mengalir ke kepala menjadi lebih lancar, utamanya ke otak dan wajah.

4. Child Pose

gerakan yoga child pose

gerakan yoga child pose

Gerakan yoga untuk pemula ini digadang sebagai salah satu cara yang mudah dan ampuh untuk membuat badan lebih rileks. Posisikan kedua kaki yang dilipat kebawah seperti duduk timpuh. Kemudian julurkan dan luruskan kedua tangan dengan punggung. Tahan posisi ini sampai Anda bisa bernafas dengan santai dan teratur. Gerakan yoga ini termasuk yang sangat simple namun fungsinya sangat baik yakni sebagai peregangan otot punggung, paha depan, pinggul dan juga sebagai latihan pernafasan.

5. Baby Pigeon

Gerakan yoga untuk pemula ini diawali dengan posisi duduk dengan kaki kiri dilipat kedalam seperti bersila, kaki kanan menjulur kesamping dengan posisi telapak kaki meghadap keatas. Tubuh kemudian diputar kearah kiri dan tangan letakkan di samping kanan dan kiri kaki kiri. Lakukan beberapa saat kemudian ganti dengan posisi kaki satunya.

Video Gerakan Yoga untuk Pemula

Yuk tonton gerakan yoga yang paling mudah ini.

Gerakan yoga untuk menurunkan berat badan

6. Viparita karani

gerakan yoga viparita karani

gerakan yoga viparita karani

Gerakan ini dimaksudkan agar aliran darah mengalir lancar. Caranya posisikan tubuh berbaring dengan kaki diangkat dan disandarkan pada dinding. Tangan direntangkan ke samping.

7. Standing mountain pose

gerakan yoga standing mountain pose

gerakan yoga standing mountain pose

Seperti namanya, bentuk dari gerakan ini nampak mirip mountain. Berdirilah kemudian letakkan tangan di samping dan posisikan bahu agak lebar. Kemudian bernafaslah perlahan sampai teratur.

8. Seated yoga pose

Ketika seseorang ingin menjalani yoga, maka hal awal yang harus dilakukan adalah memposisikan duduk dengan benar. Duduk dalam yoga haruslah tegap dengan dada yang membusung serta kepala yang diangkat keatas. Tujuan dari gerakan yoga untuk pemula ini adalah merilekskan tubuh dan menguatkan otot tubuh.

9. Standing yoga pose

Pertama-tama ambil posisi berdiri dengan kaki terbuka secukupnya. Kemudian angkatlah kaki kanan sampai telapak kaki menghadap keatas dengan sudut sekitar 45 derajat. Raih kaki kanan menggunakan tangan kanan. Usahakan kaki kiri yang digunakan sebagai tumpuan tetap dalam keadaan lurus. Sedangkan tangan kiri posisikan lurus mengarah ke depan. Pandangan mata juga harus mengikuti arah tangan kiri.

Gerakan yoga ini bermanfaat untuk membantuk peregangan pada tubuh khususnya area pinggul, dada, perut dan bahu. Tahan pada posisi ini beberapa saat kemudian ganti dengan kaki satunya.

10. Back pain pose

gerakan yoga back pain pose

gerakan yoga back pain pose

Gerakan satu ini cukup baik untuk menyembuhkan cedera dan melatih otot punggung. Awali gerakan ini dengan tidur telentang kemudian tekuk kaki. Angkat pantat perlahan sampai terbentuk sudut 45 derajat. Posisikan tangan berada di samping kiri serta kaki berada pada posisi yang rileks. Gerakan yoga untuk pemula ini akan membantu Anda mencegah bungkuk.

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut

11. Headstand

gerakan yoga headstand

gerakan yoga headstand

Gerakan satu ini mungkin tidak bisa dibilang sebagai gerakan yoga untuk pemula. Dibutuhkan keseimbangan yang tinggi untuk melakukannya. Headstand adalah gerakan dimana kepala menjadi tumpuan dimana kita harus memposisikan kepala dan tangan dibawah sedang kaki mengarah lurus ke atas. Posisi ini akan membuat darah yang mengalir ke wajah dan otak bisa maksimal sehingga mampu mengurangi garis halus pada wajah. Selain itu gerakan ini membuat wajah nampak kian cerah. Lakukan gerakan ini selama beberapa saat sambil berlatih mengatur pernafasan.

12. Bow pose

gerakan yoga bow pose

gerakan yoga bow pose

Gerakan yoga untuk pemula ini terbilang sulit karena membutuhkan kelenturan. Posisikan badan dalam keadaan tidur tengkurap. Kemudian tekuk punggung dan angkat kaki keatas lalu tarik menggunakan tangan. Gerakan yoga ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan dan juga membuat sirkulasi oksigen ke paru bisa berjalan lancar. Ketika aliran oksigen bisa berjalan lancar, maka racun yang ada dalam darah bisa lekas hilang sehingga berdampak pada kecerahan kulit.

13. Plough pose

gerakan yoga plough pose

gerakan yoga plough pose

Posisikan tubuh dalam keadaan berbaring lalu doronglah pantat keatas sambil tetap menahan bagian punggung. Usahakan kaki tetap dalam keadaan lurus. Posisi ini mampu merangsang hormone dan kelenjar tiroid dimana keduanya sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit.

14. Kontrol pernafasan

Gerakan yoga satu ini sagnat baik menjadikan tubuh dan pikiran rileks dan bebas stress. Pengaturan teknik pernafasan yoga yang benar tak hanya membuat terbebas dari stress namun juga membantu peremajaan kulit. Lakukan dan coba menarik nafas lewat hidung kemudian hembuskan lewat hidung pula. Lakukan dengan perlahan-lahan dan rutin.

Ada banyak gerakan yoga untuk pemula yang bisa Anda lakukan. Yoga sendiri merupakan olahraga alternative yang mampu mengatasi beragam masalah mulai dari diet, peningkatan konsentrasi serta mengatasi depresi. Tak hanya itu, yoga juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah karena fungsi yoga yang mampu memperlancar sirkulasi aliran oksigen dalam darah.

Banyaknya manfaat gerakan yoga untuk pemula dan juga mudahnya melakukannya, maka tunggu apa lagi? Jangan menunggu datangnya penyakit, cegah dengan olahraga yoga sekarang juga.

Leave a Reply