10+ Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Industri film Indonesia agaknya semakin lama semakin menunjukkan aura yang positif. Tahun 2016 pun menjadi bukti dengan banyaknya bermunculan film kreasi anak bangsa yang menonjolkan kualitas. Seiring dengan hal tersebut, penikmat film pun semakin meningkat tajam. Dan satu persatu Film Indonesia terbaik menjadi sasaran mereka.

Tercatat pada tahun 2016, setidaknya ada 10 judul film yang berhasil mendapatkan 1 juta penonton. Tak hanya itu, beberapa diantara film terlaris tersebutpun ada yang digadang sebagai film Indonesia terbaik sepanjang masa.

Bagi kamu yang juga penikmat film lokal, tentulah selalu up to date dengan film-film terbaru. Meski begitu biasanya tetap ada film terbaik yang sangat membekas atau dikatakan sebagai film terbaik sepanjang masa. Nah, berikut ini kami sajikan daftar film Indonesia terbaik yang tak pernah bosan untuk ditonton dari waktu ke waktu.

Apa saja film tersebut? Mungkin salah satunya adalah favoritmu.

Cek Toko Sebelah (2016)

Cek Toko Sebelah

Cek Toko Sebelah

Film satu ini muncul ditahun 2016. Film yang dibintangi oleh Ernest Prakasa ini berhasil meraih hingga 2.5juta penonton. Jika dilihat dari judulnya, film ini memiliki kekhasan ala kultur Cina, sama dengan karya Ernest lainnya.

Sambutan positif terhadap film inipun sangat banyak karena ada film ini mampu menyeimbangkan antara haru dan gelak tawa. Penasaran bagaimana filmnya? Tonton sekarang juga.

Hangout

Hangout

Hangout

Raditya Dika sepertinya mulai keluar dari zona nyaman dengan membuat film bergenre komedi thriller, Hangout. Meski berbeda dari karyanya yang lain namun jika dibandingkan dengan genre film komedi romantis karyanya sebelumnya, Hangout berhasil mendapatkan penonton yang lumayan banyak mencapai 2.6 juta penonton. Luar biasa bukan?

BACA  Daftar Film Animasi Terbaik di Tahun 2018 yang Mesti ditonton

Hangout berhasil masuk dalam jajaran film Indonesia terbaik bisa jadi karena ada 3 faktor utama yang melatarinya. Pertama yakni keberhasilannya memadukan genre komedi dengan thriller dimana keduanya sebenarnya sangat bertolak belakang, kedua yakni adanya premis cerita yang sangat menarik, dan terakhir adalah fakta jika film Raditya Dika ini berbeda dengan film karyanya sebelumnya.

Hangout menceritakan tentang 9 karakter yang menerima undangan dari seorang yang misterius untuk hadir disuatu pulau. Sembilan karakter yang diperankan oleh Gading Marten, Mathias Muchus, Bayu Skak, Raditya Dika, Soleh Solihun, Titi Kamal, Prilly Latuconsina, dan Dinda Kanya Dewi inipun akhirnya tanpa curiga memenuhi undangan tersebut.

Hal yang tak terduga pun terjadi. Sesaat setelah sampai di pulau tersebut, Mathias Muchus pun harus meregang nyawa. Semenjak itulah satu persatu dari kesembilan karakter tersebut mulai berguguran dengan tidak wajar.

Mereka yang masih hidup pun akhirnya saling menaruh curiga bahwa salah satu diantara merekalah yang sebenarnya pembunuh. Namun sebenarnya siapakah pembunuhnya dan apa motifnya?

Alur cerita yang menarik dari Hangout pun menjadikannya sebagai film terlaris dari Raditya Dika yang sangat recommended untuk ditonton.

Eiffel Im In Love

Eiffel Im In Love

Eiffel Im In Love

Seperti judulnya, film Indonesia terbaik ini mengisahkan kisah cinta antara Ergi, Tita dan Adit. Ergi sendiri adalah pacar dari Tita sedangkan Adit adalah seorang yang dijodohkan ibunya dengan Tita. Perangai Adit yang cenderung jutek, cuek dan angkuh membuat Tita tidak menyukainya.

Sayangnya istilah benci jadi cinta menjadi mimpi buruk bagi hubungan Ergi dan Tita. Tita mulai menyadari jika dirinya memiliki perasaan kepada Adit. Hal ini disadarinya ketika dia mengetahui jika Adit telah berpacaran dengan sahabatnya.

BACA  10+ Film Perang Terbaik Sepanjang Masa yang Belum Kamu Tahu

Lalu bagaimana kelanjutan kisah cinta mereka?

Eiffel Im In Love telah ditonton oleh 2.6 juta pasang mata dan ini termasuk film dengan kategori jumlah penonton terbanyak.

Ada Apa dengan Cinta

Ada Apa dengan Cinta

Ada Apa dengan Cinta

Siapa yang tidak tahu dengan AADC? Film ini bisa dibilang film romantis yang melegenda. Dikisahkan didalamnya tentang seorang gadis SMA, Cinta, yang sangat jago dalam membuat puisi, sayangnya pada satu lomba dirinya dikalahkan oleh Rangga, seorang pria yang dingin dan pendiam.

Cerita masa-masa remaja dalam film AADC inipun sangat kuat dan natural. Film Indonesia terbaik ini merupakan salah satu cerminan dari film Indonesia yang memorable, berkualitas, dan seakan mencerminkan kehidupan nyata sekarang ini.

Ayat-Ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta

Film Ayat-Ayat Cinta atau sering disebut AAC menjadi film Indonesia terbaik yang booming pada tahun 2008. Cerita ini mengangkat kisah naik turunnya persoalan hidup dalam Islam. Film yang diangkat dari Novel Habiburrahman El Shirazy inipun sukses menggaet hati masyarakat Indonesia.

AAC menceritakan kisah Fahri yang diperankan oleh Fedi Nuril ketika dia ingin menggapai gelar master di Mesir. Dirinya adalah seorang lelaki yang taat beribadah dan pantang berpacaran. Namun seketika Fahri berpindah ke Mesir, dirinya mulai berubah.

Bagaimana kisah selanjutnya?

Ada Apa dengan Cinta 2

Ada Apa dengan Cinta 2

Ada Apa dengan Cinta 2

Masih bercerita tentang kisah Cinta dan Rangga, film inipun sama larisnya seperti film sebelumnya. Film kedua yang disutradarai oleh Riri Riza ini sempat menuai perdebatan tentang bagaimana akhir dari kisah Cinta dan Rangga hingga perdebatan bagaimana jika film ini justru mencoreng reputasi dari AADC sebelumnya.

Keraguan yang muncul pun dipatahkan hingga AADC 2 menuai beragam tanggapan positif baik dari kritikus lokal maupun manca. Di awal penayangannya, AADC 2 berhasil menggaet sekitar 3.6 juta pasang mata penonton.

BACA  50+ Film Drama Korea Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Habibie & Ainun

Habibie & Ainun

Habibie & Ainun

Film Indonesia terbaik ini diangkat dari buku karya B.J. Habibie yang sengaja ditulis untuk Ibu Ainun yang telah meninggal dunia dikarenakan kanker.

Selain sarat akan kisah romantis antara Habibie dan Ainun, film ini juga diceritakan dengan gamblang tentang perjuangan Habibie dalam membangun Indonesia. Secara tidak langsung film ini berpesan tentang peran sukses seorang pria yang tak lekang dari peran seorang wanita yang hebat.

Film Indonesia terbaik ini tak hanya menghibur namun juga sarat pesan inspirasi untuk para generasi muda. Kepopulerannya pun membuat film ini mampu menggaet sekitar 4.4 juta pasang mata penonton di awal penayangannya.

Laskar Pelangi

Laskar Pelangi

Laskar Pelangi

Diangkat dari novel karya Andrea Hirata dengan latar kehidupan anak-anak yang ada di pulau Belitung ini sukses menjadi film Indonesia terbaik sepanjang masa. Cerita laskar pelangi dimulai dari sebuah sekolah yang terancam dibubarkan karena siswanya yang tak lebih dari 10 orang. Pembubaran sekolahpun harus dibatalkan karena masuknya Harun. Dari sinilah kemudian Bu Muslimah memberi julukan sebagai Laskar Pelangi. Memang jumlah murid disini tak lebih dari 10 namun setiap anak disini memiliki kelebihan dan karateristik yang sangat menarik.

Laskar Pelangi menjadi salah satu film yang wajib atau recommended ditonton untuk keluarga khususnya para pembelajar. Pesan untuk generasi muda dalam film inipun disampaikan dengan cara yang sangat menarik sehingga sangat mudah ditangkap.

Di awal penayangannya, Laskar Pelangi berhasil mendapatkan penonton sebanyak 4.6 juta dan ini adalah sebuah perolehan yang sangat luar biasa.

Itulah daftar film Indonesia terbaik yang recomended untuk ditonton. Nah, diantara beberapa film terbaik diatas, adakah kiranya film favoritmu?

Leave a Reply