Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja, Organisasi yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri – Pada dasarnya menulis surat resign sama halnya dengan menulis surat lamaran pekerjaan. Hal yang harus diperhatikan yaitu bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya berdasarkan Ejaan yang baik dan benar. Sama halnya dengan menulis bahasa inggris yang baik, maka harus memperhatikan grammar nya.

Selain ketentuan-ketentuan yang telah disebutkan di atas. Isi dari surat pengunduran diri ini harus juga memakai tata krama yang sopan agar tidak menimbulkan kesalah pahaman antara pribadi dengan teman sekantor dan atasan tentunya.

Oleh karena itu, disini kami akan berbagi contoh surat pengunduran diri atau resign. Namun sebelum itu kita akan bahas beberapa hal yang harus diketahui dalam menulis surat resign/pengunduran diri. Berikut ini beberapa poin yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Tulislah surat pengunduran diri anda dengan singkat, jelas dan padat, dan usahakan bahasa yang anda gunakan adalah bahasa yang manis dan sopan.
  2. Surat pengunduran diri yang anda tulis harus memberikan ucapan terima kasih, rasa bangga, dan pujian secukupnya untuk perusahaan dan rekan­-rekan seperjuangan anda di kantor.
  3. Seyogyanya anda merahasiakan dan tidak membeberkan secara rinci di dalam lisan maupun tulisan mengenai alasan mengapa anda memilih mengundurkan diri dari pekerjaan kita. (Berikan alasan secukupnya)
  4. Berikan sesuatu barang yang memiliki makna tersendiri agar anda juga meninggalkan kesan yang baik di perusahaan yang akan anda tinggalkan tersebut. Poin ini di luar penulisan. Maksud dari poin ini anda dapat memberikan ide atau gagasan (tidak harus barang) yang bermanfaat bagi perusahaan yang anda tinggalkan.

Baiklah berikut ini contoh-contoh surat pengunduran diri dari berbagai aspek, tempat kerja, organisasi, jabatan dan lain-lain. Silahkan dipilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat.

#Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dari Perusahaan

Contoh Surat Resign – Surat pengunduran di bawah ini diurut berdasarkan alasan mengundurkan diri.

1. Surat Pengunduran Diri Alasan Ingin Bekerja Tempat Lain

Jakarta, 03 Januari 2016

Kepada Yth,
HRD Menejer
PT. Unilever Indonesia
Jalan Menteng Nomor 13
Jakarta

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Muhammad Nashrul Aziz bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Unilever Indonesia sebagai Sales Marketing, terhitung sejak hari ini tanggal 17 Maret 2016. Saya Sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Unilever Indonesia. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman dibindang yang lain.

Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Unilever Indonesia atas setiap kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak sengaja.

Saya berharap PT. Unilever Indonesia semakin maju dan berkembang sehingga dapat lebih mensejahterakan karyawannya dan banyak orang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Muhammad Nashrul Aziz

—format marketingjoss.com—

2. Surat Pengunduran Diri Alasan Sakit atau Kesehatan

Magetan, 21 Februari 2016

Kepada Yth,
Kepala Personalia PT. Indobotol
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Indobotol berdasarkan Surat Kesepakatan bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Zamhari
Departemen : Marketing PT. Indobotol
Jabatan : Marketing
No. Karyawan : 4111308

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Indobotol dengan alasan kondisi kesahatan saya yang mulai menurun. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan. Atas bantuan dan dukungan perusahaan terhadap saya selama ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Zamhari

—format marketingjoss.com—

3. Surat Pengunduran Diri Alasan Pindah Rumah

Madiun, 10 Januari 2016

Kepada Yth,
Dir. HRD PT. Genset Indonesia
Di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Kholis
Departemen : Staff Administrasi
Jabatan : Karyawan
No. Karyawan : 4578903

Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) PT. Genset Indonesia tentang kekaryawanan dan Undang–Undang tenaga kerja maka saya dengan berat hati bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri.

Niat saya ini berlandaskan pada kesadaran akan kesehatan saya sekaligus saya dan keluarga harus pindah keluar kota disebabkan ada persoalan keluarga yang tidak dapat saya ceritakan dalam surat ini .

Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif dari siapapun. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak–hak saya sesuai ketentuan yang telah berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Kholis

—format contohsuratdinas.com—

4. Surat Pengunduran Diri Alasan Keluarga

Kepada Yth,
Dir. HRD PT. Rejeki Nomplok
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku Karyawan PT. Rejeki Nomplok berdasarkan Surat Keterangan Bersama (SKB) tentang kekaryawan dan Undang-undang tenaga kerja maka saya bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Hammacan
Perusahaan : PT. Rejeki Nomplok
Jabatan : Karyawan
No. Karyawan : 5669778

Mengajukan pengunduran diri dari PT. Rejeki Nomplok dengan alasan keluarga. Saya harap perusahaan memahami alasan saya dan memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang pernah diberikan selama saya bekerja. Saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Jakarta, 7 Maret 2016

Hammacan

—format artikelsiana.com—

#Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dari Organisasi

5. Surat Pengunduran Diri Dari OSIS

Jakarta, 13 Desember 2013

Kepada Yth,
Ketua Osis dan Pembina Osis SMA SINTESA
di Tempat

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya:

Nama : Endang Ermanto
Kelas : XII IPA 2
Jabatan : Sekretaris II

Dengan ini saya mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Organisasi resmi (OSIS) SMA SINTESA. Adapun alasan dari pengunduran diri ini adalah :

1. Orang tua tidak menyetujui
2. Jadwal rapat OSIS yang terlalu padat dan menyita waktu belajar
3. Minat saya untuk berada di organisasi OSIS sudah tidak ada

Selama setahun memegang tanggung jawab di organisasi OSIS sebagai sekretaris II saya mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta mengasah kemampuan saya dalam hal berorganisasi. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Pengurus dan Pembina SMA SINTESA dan mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada perilaku yang kurang berkenan selama saya ada di dalam organisasi OSIS.

Besar harapan saya bahwa anda memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui:

Orang Tua Murid Yang Mengajukan

(Berkah Khair) (Endang Ermanto)

Menyetujui:

Pembina Osis Ketua Osis 2016

(Ragil Musafir) (Muhammad Farid)

—format contohsurat.org—

6. Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Kampus

Yth. Ketua Umum AROBI
Fakultas Pendidikan
Universitas Ahmad Dahlan
di –
Tempat

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Adam Tox
NIM : 11120890
Jurusan : Pendidikan Bahasa Arab
Jabatan : Head of Public Relations

Dengan ini saya mengajukan pengunduran diri dari Badan Pengurus Harian (BPH) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (AROBI) Fakultas Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan. Adapun alasan pengunduran diri ini adalah sebagai berikut:

1. Sudah bekerja dan jadwal kegiatan saling berbenturan
2. Tidak adanya minat lagi untuk tetap berada di dalam organisasi

Saya sudah banyak menimba pengalaman selama menjadi bagian keluarga di sini dan semoga kinerja saya bisa
menjadikan laju-kembang organisasi ini. Apabila terdapat kesalahan pada diri saya selama menjalankan amanah
pada organisasi ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Surat ini saya buat sesuai dengan inisiatif saya tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak lain. Saya berharap
pembina dan pengurus AROBI dapat memahami kondisi saya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah
diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Adam Tox)
NIM 11120890

—format contohsurat.org—

7. Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Pramuka

Magetan, 17 Mei 2016

Kepada Yth,
Kakak Pembina Pramuka di SMK Negeri 2 Demak

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Muhammad Syafiq
Kelas : XII TIK 3
Tempat tgl lahir : Solo, 10 Maret 1998
Alamat : Ds. Mekar Sari Kec. Podonesu
Jabatan : Anggota Bantara

Mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Organisasi Kepramukaan di SMK Negeri 2 Solo. Adapun alasan dari pengunduran diri ini adalah

  1. Kondisi fisik yang lemah.
  2. Jadwal kumpul bantara yang terlalu padat

Saya sudah banyak menimba pengalaman selama menjadi Bantara di sini walaupun hanya sebentar. Semoga ke depan Organisasi Kepramukaan di SMK Negeri 2 Solo ini akan lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Apabila terdapat kesalahan pada diri saya selama bekerja di Organisasi Kepramukaan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Besar harapan saya bahwa Kakak Pembina memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Muhammad Syafiq

Demikianlah contoh surat pengunduran diri. Anda dapat mengubah kata-katanya sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih, salam nomplok!

Leave a Reply

privacy policy