20 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dengan Cepat

Kolesterol merupakan metabolit  yang didalamnya terkandung  lemak sterol dan  berada dalam membran sel kemudian disirkulasi didalam plasma darah darah. Kolesterol sendiri memiliki dua jenis yaitu kolesterol baik ( HDL ) dan juga kolesterol jahat (LDL).

Kolesterol baik berguna untuk memecah ataupun melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Dalam tubuh manusia normal jumlah kolesterol berkisar antara 160 – 200 mg.

Jika jumlah kolesterol jahat dalam tubuh lebih banyak dari semestinya, maka akan menyebabkan penyakit penyumbatan aliran darah. Penyumbatan ini  akan berpengaruh pada suplai darah ke seluruh tubuh dan juga mengganggu suplai makanan menuju jantung.

Apabila kamu memiliki kolesterol berlebih pada tubuh kamu sebaiknya kamu segera merubah pola hidup menjadi lebih teratur. Pola makan juga harus kamu perhatikan untuk menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh. Dan berikut ini merupakan cara paling ampuh menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh secara alami.

Rutin Meminum Air Jeruk Nipis

jeruk nipis

Jeruk nipis sangat terkenal akan manfaatnya untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan flavonoid pada jeruk nipis berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas seperti kolesterol.

Dengan rutin meminum air perasan jeruk nipis pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Kamu akan dengan cepat dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh kamu.

Minum Jus Jambu Merah

jus jambu

Jambu merah terkenal kaya akan vitamin dan zat yang dapat berguna untuk menangkal kolesterol jahat. Vitamin yang terkandung dalam jus jambu antara lain vitamin A , C , B3, dan B6. Jambu merah juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sangat bagus untuk kamu yang menderita peyakit kolesterol.

Baca Juga : Cara Mengobati Asam Urat Paling Ampuh

Rutin Meminum Jus Anggur

jus anggur

Anggur memiliki sifat anti mikroba dan antioksidan yang tinggi. Sangat berguna bagi kamu yang menderita penyakit kolesterol untuk menurunkan tingkat kolesterol kamu. Selain itu kandungan alami dari anggur dipercaya mampu untuk meremajakan sel sel yang rusak dan juga aman dikonsumsi setiap hari.

BACA  Cara Mencegah Diabetes dengan Mengkonsumsi Buah-buahan Ini

Rajin Mengkonsumsi Brokoli

brokoli

Brokoli juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berguna untuk menurunkan tingkat kolesterol kamu. Kamu dapat menjadikan brokoli sebagai menu sehari hari untuk dikonsumsi. Namun perlu diingat dalam pengolahanya tidak dianjurkan untuk menggunakan minyak. Karena kandungan alami dari brokoli akan hilang jika kamu memasaknya menggunakan minyak.

Mengkonsumsi Ekstrak Kulit Manggis

kulit manggis

Sudah sejak jaman dahulu masyarakat menggunakan kulit manggis sebagai obat untuk menurunkan kolesterol. Saat ini kita dimudahkan berkat kemajuan teknologi. Sudah banyak kulit manggi yang telah diekstraksi sehingga memudahkan kita untuk mengkonsumsinya.

Kulit manggis sendiri memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Hal ini berguna bagi penderita penyakit seperti kolesterol. Kulit manggis juga dipercaya sangat baik untuk meremajakan sel sel kulit agar kamu terlihat awet muda.

Rajin Mengkonsumsi Oatmeal

oatmeal

Kandungan vitamin dan serat pada oatmeal telah terbukti ampuh untuk menghambat pertumbuhan kolesterol jahat dalam tubuh. Kamu juga perlu untuk menghindari makanan berlemak terutama pada pagi hari.

Mulai saat ini gantilah menu sarapan pagi kamu dengan oatmeal yang menyehatkan dan juga untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh kamu.

Rajin Mengkonsumsi Ikan

ikan

Ikan mengandung sangat banyak omega 3 yang berguna sebagai antioksidan dalam tubuh. Kandungan omega 3 pada ikan salmon ataupun tuna dipercaya sangat ampuh untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.

Namun perlu kamu ingat dalam pengolahanya hindari menggunakan minyak agar hasil yang diberikan lebih maksimal.

Mengkonsumsi Alpukat

alpukat

Selain rasanya yang lezat , alpukat juga memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi. Sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit kolesterol. Selain dapat menurunkan kolesterol ,kandungan alami alpukat juga sangat baik bagi kulit kamu.

BACA  Jual Obat Stroke Paling Ampuh 2018

Rutin Berolahraga

olahraga teratur

Hidup sehat merupakan hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan tubuh kamu. Rutinlah berolahraga pada pagi atau sore hari. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga dapat membantu kamu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Menjaga Pola Makan

pola makan sehat

Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan timbunan lemak pada tubuh kamu. Selain itu makanan yang tidak sehat juga dapat menjadi sumber dari berbagai macam penyakit seperti diare, radang tenggorokan, radang usus, dan lain sebagainya.

Maka dari itu penting kiranya kamu mengatur pola makan. Pilihlah menu makanan sehat dan hindari makan makanan yang mengandung kandungan lemak yang tinggi.

Kolesterol jahat sangat berbahaya bagi tubuh kamu. Jika dibiarkan hal ini akan memicu penyakit seperti serangan jantung dan stroke. Selain itu masih banyak lagi akibat yang dapat ditimbulkan oleh banyaknya kolesterol jahat dalam tubuh. Berikut ini adalah bahaya kolesterol jahat pada tubuh kamu.

 

Bahaya Kolesterol Jahat Berlebih Dalam Tubuh

kolesterol

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh kita. Pertama adalah kolesterol baik ( HDL) yang berfungsi untuk menghilangkan kolesterol jahat ( LDL ).

Kolesterol jahat yang berlebih dalam tubuh akan menyebabkan terganggunya saluran darah baik menuju ke otak, jantung, maupun seluruh tubuh. Hasilnya seseorang yang memiliki tingkat kolesterol jahat yang berlebih jika dibiarkan akan mengalami penyumbatan pada aliran darahnya. Bahaya lain dari kolesterol jahat antara lain

1. Mengganggu Sistem Pencernaan

Tingginya kolesterol dapat memicu terganggunya system pecernaan terutama empedu. Penelitian menunjukan banyak kasus batu empedu yang bermula dari banyaknya tingkat kolesterol pada penderitanya.

2. Memicu Terjadinya Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah kondisi dimana pembuluh nadi menjadi keras dan menyempit. Kasus ini banyak diderita oleh penderita kolesterol tinggi khususnya usia muda. Jika dibiarkan hal ini dapat berbahaya bagi tubuh kamu.

BACA  Jangan Dilihat! Kampanye Diabetes Ini Membuat Kamu Benci Sama Gula

3. Meningkatkan Resiko Serangan Jantung Dan Stroke

Hal yang paling berbahaya dari tingginya tingkat kolesterol jahat dalam tubuh adalah memicu terjadinya stroke maupun serangan jantung. Dan lebih bahayanya adalah hal ini dapat terjadi secara tiba-tiba. Maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari kolesterol jahat yang berlebih dalam tubuh.

Pola hidup sehat dan olahraga secara teratur menjadi kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Kamu juga perlu menghindari makanan yang banyak mengandung lemak apabila ingin terhindar dari ancaman kolesterol jahat. Kurangi juga untuk memakan makanan siap saji atau junk food. Hal ini bertujuan untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Jika kamu memiliki pertanyaan pada artikel kali ini kamu dapat meanyakannya di kolom komentar dibawah. Nantikan artikel kami lainnya yang tentunya bermanfaat bagi kamu.

Leave a Reply