Share

10 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen

Cara menghilangkan bulu ketiak – Pertumbuhan bulu halus di beberapa bagian tubuh kadangkala dianggap sebagai hal yang memalukan, khususnya bagi wanita. Apalagi jika bulu ini tumbuh di ketiak. Untuk beberapa wanita yang suka menggunakan busana tanpa lengan, tentu bulu pada ketiak ini sangat menggangu penampilan mereka sehingga harus dihilangkan.

Jika menyerahkan usaha menghilangkan bulu ketiak ini pada salon pastinya akan menguras kantong. Namun, adakah cara yang lain?

Ada, tak usah khawatir. Ada beberapa cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen yang bisa Anda lakukan tanpa harus menguras kantong dan menggunakan bahan alami. Penggunaan bahan alami ini digadang ampuh untuk melenyapkan sang bulu penggangu dari tubuh Anda.

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami

Apa saja bahan alami tersebut dan bagaimana cara menghilangkan bulu ketiak dengan bahan tersebut? Simak artikelnya!

1. Memperbanyak Makanan Fitoestrogen

Makanan Fitoestrogen untuk Menghilangkan Bulu Ketiak

Makanan Fitoestrogen

Apa itu fitoestrogen? Fitoestrogen adalah hormon tanaman yang memiliki kemiripan dengan hormon estrogen pada wanita. Tanaman dengan kandungan fitoestrogen jika dikonsumsi dengan rutin mampu memperlambat pertumbuhan pada beberapa bagian rambut, khususnya pada ketiak.

Beberapa tanaman dengan kandungan fitoestrogen yang bisa dipertimbangkan antara lain akar manis (licorice), alfalfa, adas, biji rami, produk olahan dari kedelai seperti tahu dan susu.

Masukkan beberapa jenis tanaman tersebut dalam daftar menu harian dan langsung cek hasilnya.

2. Kentang dan Kacang Lentil Kuning

Manfaat Kentang untuk Menghilangkan Bulu Ketiak

Kentang

Cara menghilangkan bulu ketiak dengan permanen juga bisa menggunakan kombinasi kentang dan lentil. Sebenarnya kombinasi keduanya lebih sering digunakan sebagai penghilang bulu di wajah, namun bisa juga untuk menghilangkan bulu di ketiak.

Nah, kombinasi keduanya bukanlah kombinasi macam-macam. Kentang disini telah dibuktikan manfaatnya sebagai pemutih wajah alami, sedangkan lentil kuning atau dikenal dengan kacang lentil kuning sendiri merupakan tanaman yang kaya akan vitamin dan mineral.

Jadi, selain mampu merontokkan bulu pada ketiak, kombinasi antara lentil, kentang dan beberapa bahan alami lainnya bisa mencegah agar ketiak tidak menghitam. Perlu diketahui, biasanya setelah bulu pada ketiak rontok, maka ketiak akan sedikit menghitam.

Bagaimana cara menghilangkan bulu ketiak dengan kentang dan lentil?

Bahan yang perlu disiapkan:

  • 1 mangkuk kentang yang telah dikupas dan dilumatkan
  • 1 mangkuk lentil kuning yang telah direndam semalaman dan kemudian dihaluskan
  • 1 sendok makan madu
  • 4 sendok makan jus lemon

Cara membuat:

Ambil kentang yang telah dilumatkan dan masukkan dalam wadah. Campurkan lentil kuning yang telah dihaluskan, tambahkan dengan jus lemon dan madu. Aduk hingga rata hingga seperti pasta.

Setelah jadi, oleskan pasta ini pada ketiak dan diamkan hingga kering (sekitar 20 menit). Setelah itu, bersihkan pasta. Bulu pada ketiak akan ikut tercabut ketika pasta dibersihkan.

3. Oatmeal dan Pisang

Manfaat Pisang untuk Menghilangkan Bulu Ketiak

Pisang

Siapa sangka kombinasi pisang dan oatmeal bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bulu ketiak dengan permanen. Caranya mudah, cukup dengan membuatnya sebagai scrub dan mengaplikasikannya pada ketiak dengan rutin.

Karena ini bahan alami, jadi tidak perlu khawatir dengan efek yang dihasilkannya. Hanya saja campuran oatmeal akan memberikan sedikit tekstur kasar pada scrub, sehingga ketika diaplikasikan mungkin terasa kurang nyaman.

Langsung saja, berikut cara membuatnya?

Pertama siapkan bahan scrub yakni 1 buah pisang yang matang dan oatmeal sebanyak 1 atau 2 sendok makan.

Cara membuatnya yakni dengan melumatkan pisang hingga halus, baru setelahnya dicampur dengan oatmeal. Aduk hingga rata hingga menjadi seperti pasta. Oleskan pasta ini pada ketiak dengan gerakan melingkar. Ulangi lagi untuk kedua kalinya setelah olesan pertama kering (sekitar 15 menit). Bersihkan dengan air.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi cara ini 2 kali dalam seminggu.

4. Kapur Sirih

Manfaat Kapur Sirih untuk Menghilangkan Bulu Ketiak

Kapur Sirih

Bukan hal yang baru jika kapur sirih digunakan sebagai cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen. Biasanya kapur sirih digunakan untuk nginang dimana manfaatnya membuat gigi sehat terawat. Namun manfaatnya sebenarnya bukan hanya itu. Kapur sirih bisa dijadikan alternatif yang ampuh untuk menghilangkan bulu ketiak yang tumbuh cepat dan melebat.

Selain ampuh, resep satu ini terbilang sangat mudah untuk dibuat. Anda hanya membutuhkan kapur sirih dan air dengan perbandingan 1:2 sendok makan. Aduk kedua bahan tersebut hingga rata hingga seperti pasta dan aplikasikan pada bagian ketiak.

Sebelum mengaplikasikannya pada ketiak, pastikan bersihkan dulu area ketiak dengan sabun dan tunggu hingga kering. Setelah benar-benar kering, oleskan kapur sirih. Tunggu hingga kapur sirih mengering (sekitar ½ jam). Bersihkan dengan handuk yang telah dibasahi air hangat dan keringkan.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini maksimal 3 kali dalam seminggu. Hasilnya bisa dilihat sekitar 3 bulan. Ketika ini dipastikan pertumbuhan bulu ketiak akan melambat.

5. Tawas

Manfaat Tawas untuk Menghilangkan Bulu Ketiak

Tawas

Tawas seringkali dimanfaatkan menghilangkan bau badan tak sedap. Namun, tawas juga bisa digunakan untuk menghilangkan kumis dan digunakan sebagai cara menghilangkan bulu ketiak. Tak hanya pria pribumi, orang-orang di Pakistan juga sudah banyak memanfaatkannya untuk menghilangkan bulu pada beberapa bagian tubuh seseorang.

Langsung saja, caranya dengan mencampurkan tawas dengan air mawar. Campurkan kedua bahan ini dan oleskan pada ketiak. Diamkan beberapa saat hingga mengering, kemudian bersihkan.

6. Jintan Putih dan Kamper

Manfaat Jintan Putih untuk Menghilangkan Bulu Ketiak

Jintan Putih

Ketika bulu ketiak dicukur, pertumbuhannya akan kian cepat. Nah, kalau sudah begini, cara terbaik adalah memperlambat pertumbuhan bulu ketiak bahkan menghilangkannya. Salah satunya menggunakan jintan putih.

Mirip seperti pembuatan resep lainnya, untuk menghilangkan bulu pada ketiak menggunakan jintan putih, maka Anda harus membuatnya jadi pasta. Siapkan jintan putih sebanyak 20butir dan 3 butir kamper. Haluskan kedua bahan tersebut dan tambahkan dengan perasan air jeruk nipis. Aduk hingga berbentuk pasta.

7. Kamper dan Lada putih

Manfaat Lada putih untuk Menghilangkan Bulu Ketiak

Lada putih

Dua bahan ini sering digunakan untuk menghilangkan bulu kaki dan bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bulu ketiak juga. Memang hasilnya sempurna, hanya saja cukup beresiko karena memberikan efek atau sensasi seperti terbakar (panas). Selain itu, kombinasi kedua bahan ini juga akan manjur ketika dicampur dengan minyak tanah. Tapi tentu ini berisiko membuat kulit rusak. Untuk antisipasi hal tersebut, minyak tanah bisa diganti dengan minyak almond. Namun, untuk para pemilik kulit sensitif, penggunaan resep satu ini perlu dipertimbangkan baik-baik.

Siapkan kamper dan lada putih yang telah dihaluskan. Masing-masing siapkan 2 sendok makan. Campurkan kedua bahan tersebut lalu masukkan minyak almond beberapa tetes saja. Capur hingga membentuk pasta. Oleskan pada ketiak dan tunggu hingga mengering (sekitar 15 menit). Bilas hingga bersih.

Selain bisa digunakan untuk membersihkan bulu pada ketiak, resep satu ini juga ampuh untuk membersihkan bulu pada beberapa area lain seperti kaki dan tangan.

8. Tepung Jagung

Manfaat Tepung Jagung untuk Menghilangkan Bulu Ketiak

Tepung Jagung

Jika cara modern menggunakan waxing, maka cara menghilangkan bulu ketiak secara tradisional bisa dengan menggunakan tepung jagung.

Bahan yang perlu disiapkan:

  • 4 sendok makan tepung maizena
  • 3 butir telur
  • 3 sendok makan gula pasir

Cara membuat:

Campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut ketiak dan letakkan kain diatas olesan pasta tersebut. Diamkan hingga mengering, lalu cabut seperti waxing.

9. Kunyit

Manfaat Kunyit untuk Menghilangkan Bulu Ketiak

Kunyit

Selain memutihkan wajah, kunyit juga digadang sebagai bahan alami untuk menghilangkan bulu ketiak secara permanen. Jadi, jika menggunakan resep ini, tak hanya bulu ketiak yang hilang, namun bekas hitam akibat bulu yang rontok juga menghilang. Anti inflamasi dan antibakteri pada kunyit juga bermanfaat menjadikan kulit ketiak lebih sehat.

Caranya yakni dengan menghaluskan 2 sendok teh kunyit lalu beri tambahan sedikit air. Aduk hingga menyerupai pasta. Gosok pasta kunyit ini secara perlahan dan dari arah yang berlawanan dengan tumbuhnya bulu. Diamkan sekitar 15 menit hingga pasta meresap sempurna. Terakhir, bilas dengan air hangat.

10. Pepaya

Manfaat Pepaya untuk Menghilangkan Bulu Ketiak

Pepaya

Selain digunakan untuk mengatasi sembelit, buah pepaya juga bagus untuk menghilangkan bulu pada ketiak. Lebih lengkapnya, simak cara menghilangkan bulu ketiak dengan pepaya berikut ini:

Bahan yang disiapkan:

  • 1 buah pepaya yang masih mentah
  • ¼ sendok teh kunyit bubuk
  • 4 sendok makan gel lidah buaya
  • 2 sendok makan minyak sawi
  • 2 tetes minyak atsiri
  • Dan ¼ sendok teh terigu

Cara membuat:

Campurkan seluruh bahan menjadi satu dan aduk hingga semuanya mengental. Oleskan pada ketiak dan tunggu mengering sekitar ¼ jam. Bersihkan pasta dengan kain. Ketika dibersihkan, bulu ketiak akan ikut rontoh atau terlepas. Agar tidak menimbulkan iritasi, oleskan dan pijat-pijat ringan baby oil atau minyak zaitun pada ketiak.

Lakukan dengan rutin selama 3 bulan dengan intensitas 3 kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal.

Itulah 10 cara menghilangkan bulu ketiak yang bisa Anda praktikkan secara mandiri. Selain bahannya mudah didapat dan berasal dari bahan alami, harga yang dikeluarkan juga murah tidak menguras kantong. Selamat mencoba!

Leave a Reply