Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah, Kaki dan Tangan Paling Ampuh

Bekas luka menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Selain menyebabkan berkurangnya kepercayaan diri, bekas luka juga dapat mengurangi tingkat kecantikan seseorang. Terutama bagi kaum hawa yang sangat mementingkan kecantikan kulitnya.

Bekas luka kini dapat kamu hilangkan secara menyeluruh dengan berbagai macam cara. Mulai dari cara operasi kulit , menggunakan cream penghilang bekas luka, maupun menggunakan cara cara alami. Biasanya bekas luka yang paling mengganggu bagi sesorang apabila berada pada bagian yang dapat dengan mudah terlihat oleh orang lain, diantaranya bagian wajah, tangan, maupun kaki.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kita akan sama sama membahas cara untuk menghilangkan bekas luka pada wajah, tangan, dan kaki yang paling ampuh untuk kamu coba sendiri dirumah. Berikut ini adalah cara yang kami rekomendasikan untuk kamu.

1. Mengobati Bekas Luka Menggunakan Lidah Buaya

menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya

Tanaman lidah buaya memang sejak dahulu suda terkenal kaya akan manfaat. Jika biasanya lidah buaya digunakan untuk rambut, tanaman ini ternyata juga dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan. Selain dapat menghaluskan kulit, lidah buaya juga telah teruji mampu untuk menghilangkan bekas luka pada kulit baik wajah, tangan, maupun kaki.

Penggunaan lidah buaya selain alami juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Kamu juga dapat dengan mudah menemukan tanaman ini disekitar tempat tinggalmu. Cara penggunaanya juga terbilang sangat mudah untuk kamu coba sendiri dirumah. Berikut ini adalah cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka pada kulit.

  1. Cucilah tanaman lidah buaya yang telah kamu siapkan
  2. Irislah lidah buaya hingga terlihat bagian tengahnya yang seperti gel
  3. Oleskan secara merata pada bagian yang terdapat bekas luka
  4. Pijat lembut dengan gerakan memutar selama 10 – 30 menit
  5. Kemudian diamkan beberapa saat lalu kamu dapat mencucinya menggunakan air bersih
BACA  25 Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Jika kamu rutin melakukan cara diatas maka bekas luka dikulit kamu akan berangsur memudar dan kulit kamu akan kembali seperti sedia kala. Hal ini akan lebih efektif apabila diikuti dengan rajin membersihkan diri dengan cara mandi 2 kali dalam sehari.

2. Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan Salep

salep penghilang bekas luka

Baca Juga : Manfaat Meilibahenling Untuk Bekas Luka, Jerawat dan Bopeng

Berikutnya cara menghilangkan bekas luka yang paing ampuh adalah dengan menggunakan salep penghilang bekas luka. Ada beberapa merk terkenal yang suda teruji manfaatnya untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. Diantaranya adalah meilibahenling, dermatix, betadine , liposin dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penggunaan salep untuk mengobati bekas luka selain praktis, juga sangat mudah dan aman untuk digunakan berbagai usia. Namun kamu perlu mewaspadai produk palsu yang beredar dipasaran. Karena produk palsu sangat berbahaya bagi kesehatan kulit kamu.

Adapun untuk mendapatkan salep penghilang bekas luka ini juga sangatlah mudah. Kamu dengan mudah dapat membelinya di apotik maupun toko kecantikan terdekat. Selain itu juga harganya relatif terjangkau, walaupun ada beberapa merk yang memiliki harga yang lumayan mahal.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi salep penghilang bekas luka yang terbaik :

  1. Meilibahenling
  2. Dermatix Ultra
  3. Maderma
  4. Liposin
  5. Betadine Antiseptic
  6. Bioplacenton

Untuk lebih jelasnya kamu dapat membaca artikel kami dibawah ini yang membahas mengenai salep penghilang bekas luka yang paling ampuh.

Baca Juga : 10 Salep Penghilang Bekas Luka Yang Paling Ampuh

3. Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan Madu

menghilangkan bekas luka dengan madu

Madu selain baik untuk kesehatan tubuh juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Madu sering dijadikan bahan dasar pembuatan masker kulit untuk kecantikan. Kandungan alami dari madu dipercaya mampu meregenerasi sel sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru. Madu juga dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

Maka dari itu kamu juga dapat menggunakan madu untuk menghilangkan bekas luka pada kulit kamu. Caranya adalah dengan mengoleskan madu pada malam hari sebelum tidur ke bagian yang terdapat luka. Kemudian kamu dapat mendiamkannya selama 30 – 60 menit. Lalu bilaslah menggunakan air hangat.

Dengan rutin menggunakan madu diharapkan bekas luka pada kulit kamu dapat menghilang dan kulit kamu menjadi sehat seperti sedia kala. Madu juga dapat kamu jadikan masker untuk perawatan kulit kamu, karena madu sangat kaya akan vitamin yang baik untuk kulit dan wajah.

 

4. Menghilangkan Bekas Luka Dengan Suntikan Steroid

menghilangkan bekas luka dengan suntikan steroid

Bagi kamu yang memiliki bekas luka hypertrophi maupun luka keloid , cara yang satu ini dapat kamu jadikan pilihan untuk kamu. Menghilangkan luka dengan suntikan steroid sudah teruji mampu untuk menghilangkan bekas luka pada kulit kamu.

Namun yang perlu kamu ingat adalah, suntik steroid untuk menghilang kan bekas luka biasanya tidak dilakukan sekali saja. Diperlukan 2 -3 kali untuk menghilangkan bekas luka secara maksimal. Kamu juga perlu bertanya pada dokter specialis kamu, apakah kamu dapat melakukan suntik steroid ini.

Biaya untuk melakukan suntik steroid ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan salep ataupun bahan alami. Namun efeknya akan lebih cepat terlihat, dibandingkan dengan metode menggunakan salep atupun bahan alami yang biasanya membutuhkan proses lebih lama.

 

5. Menghilangkan Bekas Luka Dengan Cara Dermabrasi

menghilangkan bekas luka dengan demabrasi

Cara lainnya yang ampuh untuk menghilangkan bekas luka di kulit adalah dengan cara dermabrasi. Dermabrasi dilakukan dengan alat khusus yang bekerja dengan cara mengikis lapisan bekas luka pada kulit sehingga bekas luka tersamarkan. Hal ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki bekas luka pada kulit yang berbentuk seperti gumpalan menonjol sehingga tidak rata dengan kulit kamu.

Metode ini banyak digunakan oleh artis artis papan atas dunia untuk mempercantik diri mereka. Dermabrasi juga dapat merangsang pertumbuhan sel sel kulit baru dan mengangkat sel sel kulit mati. Namun kamu perlu merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan metode dermabrasi ini.

Metode menghilangkan bekas luka menggunakan cara dermabrasi ini juga harus dilakukan kurang lebih 2 -3 kali agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal. Namun jika kamu sangat peduli dengan kecantikan kamu, metode ini sangat layak untuk kamu coba.

 

6. Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan Cara Mikrodermabrasi

menghilangkan bekas luka dengan mikrodemabrasi

Metode mikrodermabrasi sebenarnya sedikit mirip dengan metode sebelumnya yaitu dermabrasi. Yang membuat perbedaan hanyalah jenis bekas luka yang ingin kamu hilangkan. Cara mikrodermabrasi biasanya digunakan untuk bekas luka yang ukurannya sedikit lebih kecil.

Misalnya saja luka bekas jerawat , luka bekas kutil dan lain sebagainya. Namun perlu kamu ingat melakukan metode mikrodermabrasi maupun metode dermabrasi harus dilakukan oleh ahlinya. Kamu dapat mengungjungi dokter spesialis kulit dan kecantikan untuk melakukan kedua cara ini.

Seperti yang sudah sama sama kita bahas sebelumnya. Menghilangkan bekas luka pada kulit dapat dengan berbagai macam cara. Mulai dari alami, menggunakan produk salep, maupun dengan cara medis. Terlepas dari itu akan lebih baik jika kamu menjaga kesehatan daripada melakukan pengobatan.

Namun apabila kamu sudah terlanjur memiliki masalah bekas luka pada kulit kamu, kamu dapat memilih salah satu cara mengobati bekas luka paling ampuh diatas. Jika kamu merasa ada yang kurang pada artikel kali ini kamu dapat menambahkannya pada kolom komentar dibawah ini.

Leave a Reply