Panduan Sukses Budidaya Ikan Lele

Cara sukses budidaya ikan lele – Saat ini telah banyak cara budidaya ikan lele, mulai dari budidaya lele kolam terpal, budidaya lele sangkuriang, budidaya lele bioflok, budidaya lele organik dan budidaya lele sistem boster.

Selain belut, ikan lele termasuk banyak juga permintaannya. Di manapun kamu tinggal, kamu pasti akan menemukan pedagang pecel lele di pinggiran jalan.

Ya, ikan lele juga memiliki peluang yang bagus untuk kamu jalankan. Dalam menjalani bisnis ikan lele, kamu bisa memilih apakah akan menjalani bisnis pembenihan ikan lele atau bisnis pembesaran ikan lele.

Pada artikel kali ini kami akan membahas seputar pembesaran atau budidaya ikan lele. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan supaya budidaya ikan lele berjalan dengan baik.

Kolam Budidaya Ikan Lele

kolam-lele

kolam lele

Kolam merupakan hal yang vital dalam menjalani budidaya ikan lele. Ada banyak jenis kolam yang bisa kamu gunakan untuk memulai budidaya ikan lele. Masing-masing tipe kolam mempunyai keuntungan dan kekurangan tersendiri tergantung segmen bisnis yang mau dijalankan.

Untuk pembesaran lele, kolam yang paling umum digunakan oleh para peternak yaitu kolam tanah. Sebelum benih ikan lele ditebarkan, kolam tanah harus dikeringkan dulu selama 3-7 hari tergantung teriknya sinar matahari. Jika permukaan kolam tanah sudah retak-retak, berarti kolam tanah sudah siap digunakan.

Pengeringan bertujuan untuk membunuh mikroorganisme jahat yang bisa menjadi sumber penyakit. Setelah pengeringan, kamu bisa mulai melakukan pengapuran dan pemupukan pada permukaan dasar kolam. Pengapuran ini bertujuan untuk menyeimbangakan tingkat keasaman kolam tanah.

BACA  Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar dan Cepat Panen

Untuk pemupukan, kamu bisa menggunakan pupuk organik berupa pupuk kandang atau pupuk kompos ditambah dengan urea dan TSP. Pemupukan bertujuan untuk memberikan nutrisi pada biota kecil seperti cacing dan fitoplankton. Biota kecil ini nantinya berguna sebagai makanan ikan lele yang alami.

Setelah melakukan pengapuran dan pemupukan, isilah kolam tanah dengan air. Ketinggian air yang ideal pada kolam tanah umumnya 100-120 cm. Setelah itu biarkan dulu selama satu minggu, baru kemudian benih ikan lele siap ditebarkan.

Benih Ikan Lele yang Baik

bibit-ikan-lele

bibit ikan lele

Ada banyak jenis ikan lele yang bisa kamu budidayakan. Sebagai awalan kami merekomendasikan kamu untuk membudidayakan jenis ikan lele sangkuriang dari BBPAT Sukabumi.

Secara umum, ciri-ciri benih ikan lele yang baik yaitu yang gerakannya lincah, terbebas dari penyakit, tidak terdapat cacat atau luka dan ukuran panjangnya sekitar 5-7 cm. Untuk menguji kelincahan benih lele, kamu bisa meletakan benih lele pada arus air dengan arah yang berlawanan. Jika benih lele tersebut bisa bertahan melawan gerakan arus air, berarti benih lele tersebut tergolong benih yang unggul.

Pakan Ikan Lele

Pakan termasuk hal yang penting dalam budidaya ikan lele. Pilihlah pakan lele yang menwarkan Food Convertion Ratio lebih kecil dari satu. Untuk mendapatkan hasil budidaya yang optimal, kamu bisa memberikan pakan utama dan pakan tambahan dengan seimbang.

Berikan pakan sesuai dengan kebutuhan ikan lele. Biasanya kebutuhan pakan lele setiap harinya sekitar 3-6% dari bobot tubuhnya. Pemberian pakan lele bisa dilakukan sebanyak 4-5 kali dalam sehari tergantung nafsu makan lele.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama yang biasa mengganggu dalam pembudidayaan ikan lele diantaranya ular, musang air, burung, linsang dan sero. Untuk mencegah hama-hama tersebut, kamu bisa memasang semacam pagar di sekeliling kolam tanah dan saringan pada jalan masuk –keluar air.

BACA  Cara Mudah Budidaya Belut di Kolam Terpal untuk Pemula

Sedangkan penyakit yang biasa menyerang bisa datang dari bakteri, protozoa maupun virus. Untuk mencegahnya, kamu harus selalu mengontrol kualitas air kolam tanah dan menjaga suhu kolam pada kisaran 28 celcius.

Panen Ikan Lele

panen-ikan-lele

panen lele

Ikan lele yang dibudidayakan sudah bisa dipanen ketika panjangnya sudah mencapai 9-12 ekor per kg. Sehari sebelum dilakukan pemanenan, sebaiknya ikan lele tidak diberikan pakan agar tidak membuang kotoran ketika diangkut.

Leave a Reply