65+ Koleksi Baju Pengantin Terbaru yang Cocok Buat Kamu

Pernikahan merupakan proses bersatunya sepasang insan dalam ikatan rumah tangga. Pengantin baik wanita ataupun pria biasanya mengenakan busana atau baju yang sesuai dengan adat istiadat, agama, ataupun busana modern sesuai dengan selera masing-masing.

Penting bagi kamu untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum prosesi pernikahan dimulai. Kali ini kita kana membahas mengenai baju perngantin yang dapat kamu jadikan rekomendasi dalam acara pernikahan yang akan kamu jalankan.

Baju Pengantin Muslim

baju pengantin islami

Baju pengantin muslim biasanya mengandung unsur unsur islami dalam desainnya. Pada mempelai wanita biasanya dilengkapi dengan kerudung serta riasan riasan berbau islami. Sedangkan bagi mempelai pria biasanya disain bajunya dilengkapi dengan sarung ataupun kain dan peci sebagai penutup bagian kepala.

Belakangan ini desain baju pengantin muslim sangat banyak diminati oleh calon pengantin. Selain desainnya yang simple dan juga anggun, baju pengantin muslim ini juga sangat erat kaitannya dengan kepercayaan atau agama.

Baca Juga : Koleksi Terbaru Gamis Syar’i

Baju Pengantin Adat Jawa

baju pengantin adat jawa

Indonesia memiliki banyak sekali ragam budaya adat dan istiadat. Setiap daerah memiliki khas daerah mereka masing masing. Diantara beragam budaya yang sering kita jumpai pada baju pengantin adalah budaya khas jawa.

Baju pengantin khas jawa ini biasanya dilengkapi dengan corak batik dan kain selendang serta riasan bunga yang menghiasi kepala untuk mempelai wanita. Ditambah dengan aksesoris seperti keris dan juga blangkon untuk mempelai pria.

Desain baju pengantin khas jawa ini terinspirasi oleh para raja dan ratu pada jaman dahulu kala. Budaya ini terus dilestarikan hingga saat ini.

Baju Pengantin Adat Sunda

baju pengantin adat sunda

Satu lagi dari kekayaan adat dan istiadat di indonesia yang sangat populer dikalangan masyarakat yaitu adat sunda. Baju pengantin adat sunda ini biasanya mempelai wanita mengenakan kebaya dengan warna terang khas sunda disertai dengan riasan mahkota dan bunga pada bagian kepalanya.

Pada mempelai pria baju pengantin adat sunda biasanya mengenakan setelan jas tradisional dan juga penutup kepala berupa blangkon. Hampir sama dengan adat jawa baju pengantin adat sunda ini juga terinspirasi oleh kerajaan jaman dahulu.

Baju Pengantin Adat Betawi

baju pengantin adat betawi

Berikutnya baju pengantin adat betawi yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat asli yang menempati kota jakarta. Baju pengantin adat betawi ini memiliki corak warna yang khas yaitu berwarna merah. Pada mempelai wanita biasanya ditemui mahkota dengan riasan yang sedikit menutupi area wajahnya.

Sama halnya dengan baju pengantin yang sering dijumpai di indonesia yaitu baju kebaya dengan kain bisa berupa batik ataupun kain songket sebagai riasan bagian bawah. Kita dapat menemukan campuran unsur budaya arab dan budaya cina pada baju pengantin adat betawi ini. Karena dulunya kota batavia merupakan pusat perdagangan antar bangsa.

Baju Pengantin Adat Minang

baju pengantin adat minang

Berikutnya adalah baju pengantin adat minang. Salah satu adat yang bertempat di pulau sumatera ini memiliki perbedaan pada bentuk mahkota yang dikenakan pengantin wanita. Pada pengantin pria biasanya hampir sama seperti yang lainnya.

Terdapat keunikan tersendiri dalam proses pernikahan dalam adat minang. Jika biasanya pihak pria yang memberi mahar, maka dalam adat minang wanita juga diperbolehkan memberikan mahar pada pihak laki-laki. Ini merupakan lambang kemandirian yang dicerminkan oleh wanita di minang pada umumnya.

Baju Pengantin India

baju pengantin india

Beralih ke mancanegara kali ini ada baju pengantin unik khas negara india. Baju pengantin india biasanya terdapat kain yang melingkari bagian tubuh dan juga sebagai penutup bagian kepala pada pengantin wanita.

Juga terdapat riasan aksesori dan tato kontemporer pada bagian tangan mempelai wanita. Pada pengantin pria menggunakan setelan jas dan hiasan kepala khas india. Terakhir adalah hiasan kalung yang terbuat dari bunga yang menghiasi pengantin.

Baju Pengantin Modern

baju pengantin modern

Perkembangan jaman dan kemajuan teknologi memberikan pengaruh pada bidang busana. Tidak terkecuali pada baju pengantin. Saat ini kamu dapat memilih baju pengantin modern sebagai alternatif jika kamu menginginkan sesuatu yang berbeda.

Pada baju pengatin modern biasanya mempelai wanita mengenakan gaun sebagai busana. Juga tidak ditemukan aksesori seperti pada baju adat. Untuk mempelai pria biasanya mengenakan setelan jas casual dan simple.

Baju pengantin modern dapat km jadikan alternatif karena sangat simple dan elegan untuk acara pernikahan kamu. Baju pengantin modern ini diadaptasi oleh budaya barat yang berkiblat pada wilayah eropa dan amerika.

Baju Pengantin Adat Batak

baju pengantin adat batak

Berikutnya adalah baju pengantin dari sumatera utara yaitu batak. Sama seperti kebanyakan daerah lain di indonesia, baju pengantin adat batak biasanya mengenakan kebaya untuk mempelai wanita dan setelan jas untuk mempelai pria.

Yang menarik dan unik pada baju pengantin adat batak ini terdapat kain yang melingkar pada bahu meempelai pria dan penutup kepala khas dari batak. Dalam adat istiadat batak juga terdapat acara pemberian marga pada pengantin yang menambah kekayaan budaya di negara kita.

Baju Pengantin Adat Aceh

baju pengantin adat aceh

Terdapat campuran budaya timur tengah pada baju pengantin khas kota yang dikenal sebagai serambi mekah ini. Selain adat setempat yang menganut sistem syariah sebagai daerah istimewa, juga terdapat unsur syariah dalam prosesi pernikahan di aceh.

Tidak terlepas dari budaya indonesia yang biasanya mengenakan kebaya untuk mempelai wanita dan juga aksesoris yang diadaptasi dari wilayah timur tengah. Baju pengantin pria pada adat aceh juga tidak terlalu berbeda dengan daerah lainnya. Yang membedakan adalah penutup bagian kepala, hal ini dilandasi oleh budaya kesultanan aceh pada jaman dahulu.

Baju Pengantin Adat Bugis

baju pengantin adat bugis

Kamu akan banyak menemukan hiasan kain yang sangat indah pada baju pengantin adat bugis. Selain itu aksesoris yang digunakan pada baju pengantin adat bugis ini juga memiliki keunikan yang khas. Seperti mahkota yang dikenakan mempelai wanita dan riasan kepala pada mempelai pria.

Baju pengantin wanita pada adat bugis disebut baju bodo. Ternyata dalam pemilihan warna pada baju pengantin kamu tidak boleh sembarangan. Hal ini didasari oleh budaya yang diwariskan secara turun temurun oleh suku bugis itu sendiri.

Kita sebagai bangsa indonesia wajib bangga karena memiliki sangat banyak ragam budaya dan adat istiadat. Ini adalah sebagai pemersatu kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Disamping itu kita juga harus terus melestarikan adat dan budaya ini agar kita tidak lupa tentang bagaimana kehidupan para pendahulu kita.

Jika kamu sudah memiliki rencana untuk menikah, berbagai macam baju diatas dapat kamu jadikan referensi untuk kamu dalam memilih baju pernikahan. Kamu juga dapat menyesuaikan dengan adat istiadat dari pasangan kamu agar proses pernikahan yang sakral dapat berjalan dengan baik.

Jadi sudahkah kamu menentukan baju pengantin untuk hari pernikahanmu ? jika kamu merasa ada yang kurang dari artikel diatas kamu dapat memberikan masukan lainya pada kolom komentar dibawah ini.

Tags:,

Leave a Reply

privacy policy