10+ Contoh Lirik, Lagu dan Video Yel Yel Pramuka Penggalang

Yel-yel Pramuka Penggalang – Dalam artikel ini terdapat banyak sekali contoh yel-yel pramuka, yel-yel pramuka penggalang, yel-yel pramuka lucu, lengkap dengan lirik, lagu dan video yel-yel pramuka. Bisa juga untuk yel-yel pramuka siaga dan penegak.

Yel pramuka ini juga bisa untuk yel-yel pramuka regu anggrek, regu mawar, regu melati, regu dahlia, regu sakura dan lain-lain. Teman-teman juga bisa merubah teks yel-yel pramuka penggalang ini sesuai dengan nama regu teman-teman.

Baiklah langsung saja, ini dia 10+ yel-yel pramuka penggalang yang lucu dan gokil.

pramuka-penggalang

pramuka penggalang

1. Yel Pramuka Penggalang, Barisan Kita

Yel pramuka penggalang dengan judul “Barisan Kita” merupakan yel pramuka dengan irama lagu dan lirik yang sederhana. Jadi sangat mudah diajarkan kepada peserta didik pramuka penggalang.

Yang lebih menariknya, lagu dan liriknya sungguh mengena dan membangkitkan semangat. Oleh karena itu yel pramuka ini juga bisa diberikan kepada anggota siaga, penggalang, penegak bahkan anggota pandega.

Para pelatih atau pembina juga bisa menyanyikan lagu ini dalam kegiatan khursus seperti KMD dan KML atau dalam kegiatan lain seperti Karang Pamitran.

Ini lirik lagunya, yuk nyanyikan bersama-sama

Barisan Kita

Barisan Kita
Gerakan Praja Muda Karana
Barisan Kita
Putra Putri Indonesia
Bendera Kita
Tunas Kelapa Itulah Lambangnya
Di Bawah Naungan
Sang Merah Putih Jaya

Biar lebih semangat menyanyikannya dan cepat hafal lirik lagunya, tonton videonya di bawah ini ya.

2. Yel Pramuka Penggalang, Paramukadio

Lirik lagu dari yel pramuka ini sangat lucu dan unik. Yel ini mengandalkan bahasa yang tidak mudah dipahami, entah dari bahasa mana. Ada beberapa kosakata dalam yel pramuka ini yang sengaja diplesetkan seperti kaya “have” dalam bahasa inggris yang artinya mempunyai atau memiliki. Uniknya dalam lagu tersebut tidak diucapkan dengan pronunciation inggris melainkan diucapkan layaknya bahasa Indonesia yaitu ‘ha-ve’.

Kosa kata selanjutnya yaitu “doyo” dalam bahasa jawa yang artinya kekuatan atau tenaga. Kata ini juga tidak diucapkan dengan logat jawa melainkan diucapkan layaknya bahasa inggris yaitu ‘do you’.

Di bawah ini lirik yel pramuka penggalang dengan judul paramukadio.

Paramukadio

Paramukadio…
Paramukadio…
Have ho do yo
Lukadio
Lukadio
(2 kali)

Aku tahan sakit-sakit
Sampai masuk rumah sakit
Have ho do yo
Lukadio
Lukadio

Penasarankan dengan yel pramuka paramukadio, yuk simak video lagu yel pramuka penggalang berjudul paramukadio di bawah ini.

3. Yel Pramuka Penggalang, Masuk Pramuka Karena Cinta

Yel pramuka ini berjudul “Masuk Pramuka Karena Cinta”. Jangan salah artikan ya teman-teman. Bukan berarti masuk pramuka karena ada seseorang yang disukai ya, hehe. Tapi masuk pramuka karena suka dengan acara pramuka, oke 😀
Yel pramuka ini sangat cocok dinyanyikan oleh para anggota pramuka siaga, penggalang dan juga penegak. Lirik yelnya yang sederhana sehingga mudah diingat dan dinyanyikan bersama-sama.

Bagi para pembina pramuka bisa memanfaatkan yel ini untuk memberi semangat sebelum kegiatan acara pramuka dimulai atau pada saat selingan ketika latihan pramuka.

Baiklah mari kita hafalkan bersama-sama lirik yel Masuk Pramuka Karena Cinta.

Masuk Pramuka Karena Cinta

Aku masuk pramuka
Karna cinta..
Mulai dari siaga
Aku Suka..
Sampai jadi pembina
Juga cinta..
Membela nusa bangsa
Aku rela..

Nah, biar lebih hafal, yuk tonton videonya di bawah ini. Diputar berulang-ulang ya.

4. Yel Pramuka Penggalang, Aku Cinta Pramuka

Yel pramuka dengan judul “Aku Cinta Pramuka” sangat mudah dihafal dan dinyanyikan, karena iramanya di adopsi dari lagu Balonku Ada Lima. Pasti temen-temen sudah tahukan irama lagu tersebut.

Yel pramuka ini bisa menjadi penyemangat buat adik-adik anggota pramuka siaga dan juga penggalang. Supaya lebih bersemangat pramuka yuk kita hafalkan lirik lagunya di bawah ini.

Aku Cinta Pramuka

Aku cinta pramuka
Slalu di dalam dada
Bersama tunas kelapa
Hingga menjadi tua
Siapa anak pramuka? (we)
Tunaikanlah Trisatya
Amalkan Dasa Darma
Demi nusa dan bangsa

Bagaimana sudah hafal kan? Kalau belum, yuk tonton video yel pramuka Aku Cinta Pramuka di bawah ini ya.

5. Yel Pramuka Penggalang, Bukan Tentara

Siapa sih yang nggak kenal yel pramuka ini. Yel pramuka dengan judul “Bukan Tentara” merupakan yel yang sudah masyhur sekali di kalangan anggota kepramukaan.

Yel ini mengadopsi irama lagu legendaris yaitu “Kolam Susu”. Yel ini dibuat dengan lirik yang sederhana sehingga selain lagunya yang membuat semangat tapi juga ada makna atau pesan moral yang disampaikan.

Sebagaimana dalam lirik pertama yel ini berbunyi “bukan polisi dan bukan tentara” yang artinya, meskipun kegiatan kepramukaan banyak mengadopsi tata cara atau tradisi kepolisian dan militer. Namun pramuka tetaplah pramuka, bukan polisi dan juga bukan tentara.

Pramuka sejatinya untuk membangun mental kemandirian, peka terhadap sosial dan bermoral. Sehingga hal-hal yang berbau kepolisian atau militerisme sejatinya diterapkan secara bijak dan terarah.

Di bawah ini lirik lagunya, hafalkan bersama-sama ya.

Bukan Tentara

Bukan polisi dan bukan tentara
Tali dan tongkat itulah senjatanya
Coklat tua coklat muda seragamnya
Merah dan putih tergantung di lehernya

Bukan polisi dan bukan tentara
Tali dan tongkat itulah senjatanya
Dasadarma dan Trisatya pedomannya
siap membela nusa bangsa agama

Orang bilang namanya itu pramuka
Singkatan dari praja muda karana
Orang bilang namanya itu pramuka
Rakyat muda yang slalu siap berkarya

Bukan polisi dan bukan tentara
Tali dan tongkat itulah senjatanya
Coklat tua coklat muda seragamnya
Merah dan putih tergantung di lehernya

Orang bilang namanya itu pramuka
Singkatan dari praja muda karana
Orang bilang namanya itu pramuka
Rakyat muda yang slalu siap berkarya
Rakyat muda yang slalu siap berkarya

Supaya lebih hafal yuk tonton videonya di bawah ini.

6. Yel Pramuka Penggalang, Jatah Makan Saya

Yel pramuka dengan judul “Jatah Makan Saya” merupakan yel candaan yang ditujukan untuk para kakak pembinanya. Yel ini bertujuan untuk menjalin komunikasi yang baik dan hangat antara pembina dan anggota didiknya.

Irama lagunya mengadopsi lagu daerah yang berjudul “Anak Kambing Saya”. Pasti temen-temen sudah tidak asing lagi kan sama lagunya. Baiklah langsung saja, kita hafalkan lirik lagunya di bawah ini.

Jatah Makan Saya

Mana di mana jatah makan saya
Jatah makan saya diambil Kak Pembina

Mana di mana jatah minum saya
Jatah minum saya diambil Kak Pembina

Kak Pembinanya he.. he..
Kak Pembinanya he.. he..
Kak Pembinanya mengambil jatah saya

Inget ya, yel pramuka ini tidak bermaksud untuk mengolok-olok kakak pembina. Tetapi hanya sekedar bergurau atau bercanda dengan kakak pembina. Justru dengan candaan dan gurauan yang wajar akan menambah keharmonisan antara kakak pembina dan anggota didiknya.

Seperti yang ada di video berikut ini, keharmonisan saat waktu makan pun akan bertambah dengan menyanyikan yel ini.

7. Yel Pramuka Penggalang, Hepiye Kaifa

Yel pramuka dengan judul “Hepiye Kaifa” merupakan yel pramuka yang unik dan lucu. Dalam lirik yel ini menggabungkan bahasa dari berbagai daerah, jadi secara tidak langsung kita diajarkan berbahasa daerah ala pramuka.

Irama dalam yel ini mengadopsi lagu “Cucak Rowo” dengan lirik bahasa daerah di setiap baitnya. Mulai dari bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa Ambon, bahasa Minang hingga bahasa Arab.

Yel pramuka ini menceritakan seseorang yang semakin suka dengan pramuka bahkan sampai terkenang dalam mimpinya. Penasaran dengan liriknya kan, yuk kita hafalkan bersama-sama.

Hepiye…
ye… ye… hepiye
Aku pilih Pramuka wae
Yen awan tak pikirke
Yen bengi tak impekke
Tresnaku…
Saya mundak gede

Hepiya…
ya… ya… hepiya
Saya pilih Pramuka saja
Siang jadi kenangan
Malam jadi impian
Cintaku…
Smakin mendalam

Hepiyo…
yo… yo… hepiyo
Ambo pilih Pramuka sajo
Siang hari takana
Jo malam mimpi basuo
Cinta ambo
Bertambah juo

Hepiye…
ye… ye… hepiye
Beta pilih pilih Pramukae
Siang rindu rindue
Malam mimpi mimpie
Beta pilih
Beta cintae

Kaifa…
fa… fa… kaifa
Ana uridu ila Pramuka
Fin nahar ala fikri
Fil lail ala naum
Habibina
Kabir wa kabir

Biar lebih mudah menghafalnya tonton videonya di bawah ini ya.

8. Yel Pramuka Penggalang, Naik Munggah

Yel pramuka dengan judul “Naik Munggah” memang terkesan aneh. Ya tentu saja, karena dari judulnya saja sudah unik. Yaitu menggabungkan dua bahasa, yang pertama bahasa Indonesia “Naik” yang kedua bahasa Jawa “Munggah” yang artinya naik.

Yel ini terinspirasi oleh lirik lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung”. Tetapi versi yang disini menggabungkan dua bahasa, jadi setelah bahasa Indonseia kemudian bahasa Jawanya.

Kombinasi antara bahasa Indonesia dengan bahasa Jawa, secara tidak langsung teman-teman belajar bahasa jawa ala yel pramuka. Penasaran dengan lirik lagunya, yuk kita hafalkan liriknya.

Naik Munggah

Naik munggah
Ke puncak gunung
Tinggi duwur sekali banget
(2 kali)

Kiri kiwo
Kanan tengen
Banyak akih
Pohon wit-witan
(2 kali)

Supaya lebih asyik, sambil tonton videonya ya.

9. Yel Pramuka Penggalang, Bapake Kondangan

Yel pramuka yang satu ini juga menggunakan bahasa Jawa. Namun bahasanya mudah diingat dan lucu bagi yang mendengarnya. Oleh karena itu ketika menyanyikan yel pramuka ini, pasti rasa ngantuk langsung hilang.

Yel ini menceritakan tentang seorang anak yang senang dan gembira ketika ayah ibunya pergi kondangan, karena setelah kondangan mereka akan membawa oleh-oleh berupa berkat (makanan).

Berikut ini lirik yel pramuka “Bapake Kondangan”, yek kita hafalkan.

Bapake Kondangan

Bapake kondangan
Ibuke kondangan
Oleh-olehe…
Mendoan tempe
Rempeyek kedelei
Oleh-olehe…

Ole… Ole…
Tiba neng ndalan
Ole… Ole…
Ra sida mangan

Biar lebih hafal, tonton videonya di bawah ini ya.

10. Yel Pramuka Penggalang, Nyampah

Yel pramuka ini merupakan yel yang membicarakan tentang bagaimana menjaga kebersihan dan pentingnya hidup bersih. Irama yel ini terinspirasi oleh lagu “Susis” yang dipopulerkan oleh Sule. Penasaran dengan liriknya, yuk kita hafalkan bersama-sama.

Nyampah

Kepengen rapi, kepengen indah, loh kok nyampah?
Kepengen bersih, kepengen sehat, loh kok nyampah?
Kalau tak rapi, kalau tak indah, aku takut
Kalau tak bersih, itu tak sehat, aku takut

Sampah wo wo wo sampah
Selalu bikin resah
Sampah wo wo wo sampah
Selalu bikin susah

What can you and I do?
Buanglah sampah di tempatnya
What can you and I do?

Jangan dibuang buang sembarangan
Membuang sampah, jangan sembarangan
Apalagi nyampah, bisa bikin susah
Singsingkan lengan, jaga kebersihan
Kalau membangkang, urusan bakal panjang

Uyeee uyeee prikitiewww

Biar lebih jos, tonton videonya juga ya.

11. Yel Pramuka Penggalang, Penyamaran

lomba-pramuka-penggalang

rudyherianto.blogspot.com

Yel pramuka dengan judul “Penyamaran” ini terinspirasi oleh lagu “Bermain Layang-layang”. Lirik lagunya di edit sedemikian rupa agar menimbulkan rasa semangat bagi para anggota pramuka baik siaga, penggalang dan penegak.
Berikut ini lirik lagu yel pramuka “Penyamaran” iramanya menggunakan lagu “Bermain Layang-layang”.

Penyamaran

Kuambil rumput di hutan*
Kujadikan penyamaran
Wajah tampan** kurubah menjadi setan
Agar tidak kelihatan
Bertempur
Bertempur
Pramuka pantang mundur
Musuh di depan p’luru tak ‘kan dihambur
Cukup pakai pisau dapur

*Bisa diubah menjadi: di ladang
**Jika dinyanyikan pramuka putri bisa diubah menjadi: Wajah cantik

Thanks to: pramukaria.blogspot.co.id

Demikianlah yel-yel pramuka penggalang beserta lirik, lagu dan videonya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply