Review Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung 2016

Tangkuban perahu merupakan destinasi tempat wisata yang seringkali dikunjungi. Selain dari tempatnya yang indah, tangkuban perahu memiliki legenda tersendiri yang sudah masyhur di masyarakat.

Mendengar legenda gunung tangkuban perahu, pasti akan teringat tentang cerita sangkuriang. Dari cerita rakyat yang turun temurun ini, lokasi gunung tangkuban perahu menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi orang.

Banyak orang-orang yang akhirnya penasaran ingin pergi ke gunung tangkuban perahu, karena mereka sering mendengar ceritanya di novel atau siaran televisi. Namun bukan hanya dari cerita legendanya saja orang-orang tertarik pergi kesana, ada alasan lain yang membuat orang ingin sekali pergi kesana. Mau tau?

Yups, wisata gunung tangkuban perahu memiliki pemandangan alam yang begitu dahsyat. Keindahan panoramanya sangat menentramkan jiwa. Suhu alamnya yang dingin nan sejuk, membuat tubuh rileks dan santai.

Oiya tangkuban perahu merupakan gunung yang masih aktif di Indonesia. Meski demikian gunung tangkuban perahu tidak berbahaya untuk dijadikan tempat wisata. Jadi bagi yang ingin menikmati keindahan alam gunung tangkuban perahu, disarankan memilih hari yang kondisi cuacanya baik.

Ulasan Singkat Wisata Gunung Tangkuban Perahu

tangkuban-perahu

tampak seperti perahu yang terbalik

Gunung tangkuban perahu merupakan gunung yang statusnya masih aktif. Namun tidak berbahaya.

Lokasinya berdekatan dengan daerah Lembang Bandung, yang merupakan tempat pariwisata primadona di Jawa Barat.

Panorama alamnya begitu indah, udaranya dingin dan sejuk. Dan yang tidak kalah penting bentuk gunungnya yang unik.

Wisata gunung tangkuban perahu sempat pernah beberapa kali ditutup pada tahun 2014 oleh pemerintah Jawa Barat karena diperkirakan akan meletus. Hal ini disebabkan adanya intensitas semburan kawah dan asap blerang. Akan tetapi setelah itu dibuka kembali karena aktifitas vulkaniknya sudah kembali normal.

Alasan wisatawan berkunjung ke gunung tangkuban perahu ialah karena gunung ini merupakan kawasan hutan yang sangat ekstrim udaranya dan sangat dingin. Hal inilah yan membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung.

Tingkat suhu rata-rata di sekitar wilayah gunung tangkuban perahu adalah 17 derajat celcius di siang hari, dan 2 derajat celcius di malam hari. Bagaimana? Ekstrim bukan?

Tangkuban perahu mempunyai 3 kawah yang terbentang sangat luas. Seandainya kamu mencoba menyusuri di setiap sisi alur jalannya, maka akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam lebih. Jadi jika kamu ingin menikmati keindahan alam kawasan ini, kamu harus menggunakan sepatu dan timing, mengingat jadwal operasi dibuka mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00, jika sudah mulai sore hari bisa-bisa dapat gangguan dari adanya kabut yang menghalangi penglihatan.

wisata-tangkuban-perahu

kawah ratu, tangkuban perahu

Tahukah kamu bahwa 3 kawah utama gunung tangkuban perahu memiliki umur puluhan ribu tahun. Kawah pertama yang muncul adalah kawah paguyangan badak (istilah indonesianya, tempat berendam badak), umurnya 40 ribu hingga 90 ribu tahun. Setelah itu kawah upas atau dikenal kawah ratu yang berumur 10 ribu tahun sampai saat ini.

Hal-hal yang harus disiapkan ketika ingin berkunjung kesana adalah pertama, membawa masker dan sapu tangan sebagai penutup hidung. Kedua, payung untuk menghindari sengatan sinar matahari, yaa meskipun dingin kulit akan bisa terbakar karena itu.

Alamat Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kode Pos 40391

Nomor Telepon Gunung Tangkuban Perahu

Berikut ini nomor telepon pengelola PT Gunung Tangkuban Perahu Permai, 022-607-1383

Jam Buka Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Buka setiap hari senin – minggu, mulai dari pukul 08.00 pagi – 17.00 petang.

Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban Perahu Tahun 2015

Untuk karcis hari kerja bagi wisatawan nusantara yang awalnya Rp15.0000 jadi Rp20.000. Untuk wisatawan mancanegara dari Rp100.000 jadi Rp200.000.

Kendaraan roda dua dari Rp7.000 jadi Rp12.000. Kendaraan roda empat dari Rp15.000 jadi Rp25.000. Kendaraan roda enam dari Rp60.000 jadi Rp110.000 dan untuk sepeda dari Rp5.000 jadi Rp7.000.

Sementara untuk tarif masuk tangkuban perahu pada hari libur bagi wisatawan nusantara dari Rp22.500 jadi Rp30.000. Wisatawan mancanegara dari Rp150.000 jadi Rp300.000. Kendaraan roa dua dari Rp9.500 jadi Rp17.000. Kendaraan roda empat dari Rp20.000 jadi Rp35.000. Kendaraan roda enam dari Rp75.000 jadi Rp150.000 dan untuk sepeda dari Rp7.000 jadi Rp10.000.

Berdasarkan pengamatan yang berhasil dikumpulkan oleh Blog Tempat Wisata Di Bandung, kenaikan harga karcis untuk memasuki kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu ini tidak terlalu membawa pengaruh yang luar biasa bagi para wisatawan.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan tetap banyaknya wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Barat dan juga daerah lain di Indonesia yang sengaja datang untuk menikmati keindahan serta sensasi berwisata di salah satu gunung aktif yang berada di bumi pasundan ini.

Demikianlah informasi tentang wisata gunung tangkuban perahu, semoga bermanfaat.

Sumber: tempatwisatadibandung.info

One Response

  1. Irly Oktober 19, 2016

Leave a Reply