Sejarah dan Fakta Menarik Putri Duyung Lengkap dengan Fotonya

Putri duyung merupakan makhluk mitologi yang hingga kini keberadaannya masih menjadi rahasia. Makhluk laut setengah ikan setengah manusia ini telah dianggap hampir ada oleh berbagai masyarakat di penjuru dunia. Sejarah asal muasal duyung juga muncul di berbagai tempat dengan berbagai versi yang berbeda. Beberapa versi menyebutkan jika putri duyung adalah makhluk yang baik, namun beberapa cerita mengisahkan sebaliknya.

Dikutip dari Kisahasalusul dan Sejuta Fakta, kali kita akan membahas asal usul duyung beserta fakta yang menyelimutinya. Bagaimana kisahnya? Simak ulasan berikut ini!

Asal Usul Putri Duyung

asal usul putri duyung

asal usul putri duyung

1. Pengawal Dewa Dewi Laut

Lain cerita dengan budaya Assyria, mitologi Yunani dan Romawi justru mengungkapkan jika putri duyung memang sengaja diciptakan oleh para dewa penguasa laut seperti Triton, Neptune dan Poseidon. Penciptaannya tak lain dijadikan sebagai pengawal kerajaan.

Pada mitologi Yunani dan Romawi, duyung disini tak dikhususkan untuk perempuan saja, namun juga laki-laki. Konon cerita, mereka memiliki kekuatan yang dahsyat dan akan menenggelamkan kapal orang jahat.

2. Putri yang Dikutuk

Sebuah bukti sejarah tertulis pada lembaran perkamen budaya Assyria dari 1000 SM. Para arkeolog menyatakan jika kala itu masyarakat Assyria percaya jika putri duyung awalnya adalah putri raja. Dirinya kemudian dikutuk setelah membunuh suaminya tanpa sengaja.

Setelah membunuh suaminya sendiri dirinya kemudian menceburkan diri ke laut. Di laut inilah wujudnya berubab menjadi setengah ikan. Bagian pinggang keatas tetaplah tubuh seorang wanita, dan pinggang kebawah berbentuk layaknya ikan. Tidak terima dengan kutukan yang diberikannya, setiap ada kapal yang berlayar di tempat tinggalnya akan ditenggelamkan oleh sang putri. Dan seluruh awak kapalnya akan dibinasakan.

3. Nelayan yang dikutuk

putri duyung asli

putri duyung asli

Beralih ke Jepang. Dalam kepercayaan Shinto, asal-usul putri duyung lebih dikaitkan kepada nelayan yang tidak menepati janjinya.

Nelayan tersebut berjanji tidak memakan makanan yang berasal dari hewan. Namun sebaliknya, dirinya justru lebih banyak membunuh hewan untuk dimakan. Hasil dari pengingkaran inilah yang membuat sosoknya berubah menjadi seperti monster setengah ikan.

Dari cerita inilah, para pengikut ajaran Shinto melarang agar pengikutnya memakan segala makanan yang memiliki nyawa. Pelanggaran akan hukum ini akan menjadikan kutukan yang berakhir dengan berubahnya sosok mereka menjadi monster.

Tak hanya sekedar cuapan kosong, bukti atas perubahan sosok menjadi monster setengah ikan ini bisa dilihat di kuil Shinto, Fujinomiya. Disana kamu bisa melihat mummi duyung dengan tinggi sekitar 170cm, berkuku panjang, memiliki ekor bersisik pada bagian ekor. Konon usia mummi duyung ini telah mencapai 1400 tahun dan menjadi satu-satunya mumi duyung di dunia.

4. Kisah lainnya

legenda putri duyung

legenda putri duyung

Selain beberapa kisah diatas, kisah tentang asal muasal putri duyung juga bisa ditemukan di berbagai penjuru dunia lainnya. Misalnya di Rusia Timur yang menghubungkan cerita putri duyung dengan sosok hantu wanita di pesisir laut, China yang menghubungkan asal asul duyung dengan cerita kerajaan dan ada juga Eropa Barat yang menyebutkan jika putri duyung dulunya adalah gadis yang bunuh diri dengan terjun kelautan.

Mitos dan Fakta Menarik Seputar Putri Duyung

patung putri duyung

patung putri duyung

1. Memiliki nama yang berbeda di tiap tempat

Di Indonesia, kita mengenal sosok wanita setengah manusia setengah ikan dengan sebutan putri duyung, namun berbeda dengan negara lainnya. Di Afrika duyung dikenal dengan nama mami wata, Jepang menyebutnya dengan ningyo, Rusia menyebutnya dengan sebutan Rusalka atau Russalki, Irlandia menyebutnya dengan merrorw dan di Eropa menyebutnya dengan nama mermaid, melusine, serta siren.

2. Nenek moyang manusia

foto ikan duyung asli

foto ikan duyung asli

Bagi masyarakat yang tinggal di kepulauan Pasifik, mereka memiliki keprcayaan jika manusia awalnya adalah keturunan duyung.

Mitologi orang Mangaian mengatakan jika laki-laki merupakan keturunan Vatea. Nah, Vatea ini adalah sosok yang berpenampilan setengah ikan setengah manusia. Namun Vatea tidak seperti putri duyung yang kita tahu. Jika putri duyung bagian atas tubuhnya berbentuk manusia dan bagian bawahnya berbentuk ikan, maka Vatea memiliki bentuk ikan pada bagian kiri dari tubuhnya.

3. Putri duyung bukan makhluk yang baik

ikan duyung

ikan duyung

Siren, nama lain dari duyung digambarkan sebagai sosok wanita setengah ikan yang cantik dan memiliki suara yang luar biasa merdu. Suara dari para duyung ini menghipnotis para pelaut untuk mengarahkan kapalnya ke areal bebatuan hingga akhirnya tenggelam.

Siren juga dikenal sering merayu bahkan mencium para pelaut. Pelaut yang tergoda kemudian ditarik dan ditenggelamkan.

4. Aquamarine dari air mata duyung

Para penggemar batu mulia pasti tahu pernah berkenalan dengan aquamarine. Menurut mitos yang beredar, batu mulia bewarna biru laut ini berasal dari air mata duyung. Namun, faktanya batu aquamarine ini berasal dari dalam tanah, bukan laut.

5. Kasus kemunculannya adalah hoax

Kasus kemunculan putri duyung tak hanya ada di masa lalu, namun juga di jaman modern saat ini. Meski banyak orang yang mengatakan pernah melihatnya bahkan memfotonya, namun kebenarannya belum bisa dipastikan.

6. Sindrom putri duyung

Sindrom putri duyung merupakan kelainan yang membuat bayi lahir dengan kondisi kaki yang menyatu dengan bagian kelamin yang cenderung kecil. Sirenomelia atau sindrom putri duyung ini termasuk kasus yang sangat langka dengan perbandingan 1:100.000.

7. Logo Starbuck yang asli adalah duyung berekor ganda

Nah, untuk kamu yang ngaku anak muda pasti tahu Starbuck. Starbuck merupakan warung kopi asal Amerika yang menggunakan siren sebagai logonya. Pada tahun 1971 – 1987, logo siren dipakai full nampak bertelanjang dada dengan ekor ganda. Dan logo yang sekarang ini didapat dari hasil potongan logo awal tersebut.

Fakta Putri Duyung Lewat Kajian Ilmiah

foto putri duyung asli

foto putri duyung asli

Duyung tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan. Meskipun banyak bukti mulai dari fosil dan foto, hal tersebut masih belum bisa membuktikan kebenaran adanya putri duyung. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh WAB dengan dana 3.2 juta US itu tidak memberikan hasil tentang keberadaan duyung secara langsung.

Penelitian yang dilakukan para ahli biologi tersebut justru menemukan hewan laut langka yang ciri fisiknya mirip dengan putri duyung. Hewan laut tersebut antara lain manatee, sea cow dan dugong.

  1. Manatee. Hewan laut yang masuk kategori ikan ini memiliki bentuk yang cukup unik dengan bagian atas menyerupai wanita. Panjang tubuhnya sekitar 2 meter dan hidup di sepanjang perairan karibia sampai Amerika. Bentuknya mirip seperti dugong namun lebih besar.
  2. Sea Cow. Seperti namanya, mamalia laut ini memiliki sosok yang besar layaknya sapi dengan panjang 7.6 meter. Bedanya, sea cow tidak memiliki kaki belakang, bersisik serta memiliki sirip.
  3. Dugong. Mamalia ini memiliki panjang tubuh sekitar 2.7 meter dan hidup di kawasan pantai India hingga Australia. Dugong memiliki usia yang cukup panjang. Dia bisa hidup hingga usia 70 tahun serta memiliki tubuh bewarna coklat kelabu.

Itulah sekilas pembahasan terkait dengan putri duyung yang kami sampaikan. Nah, dari ulasan diatas, kira-kira apa yang kamu pikirkan? Apakah putri duyung itu benar adanya, ataukah hanya mitos belaka?

Leave a Reply