10 Masakan Khas Indonesia yang Mendunia Karena Kelezatannya

Katanya cinta Indonesia? Sudah coba 10 masakan khas Indonesia ini belum? Sebagai warga negara Indonesia kita harus bangga karena masakan Indonesia terkenal dengan gurihnya, nikmatnya, enaknya, sedapnya, dll. Seluruh dunia mengakui bahwa masakan Indonesia terkenal dengan olahan bumbu rempah-rempahnya yang menggoda. Berikut ini daftar 10 masakan khas Indonesia yang diakui dunia.

1. Nasi Goreng

nasi goreng

asliindonesia.net

Nama makanan Nasi Goreng semakin menyebar luas di mancanegara, setelah presiden barack Obama menyebutkan namanya beberapa kali dan mengakui enaknya makanan yang satu ini.

pada ajang world expo shanghai cina 2010 masakan nasi goreng menjadi suguhan yang menarik. Ajang perlombaan masak bertaraf internasional ini mampu membawa nama nasi goreng semakin dikenal di mata dunia. Acara ini mendapat respon positif dari pengunjung pameran dari berbagai Negara. Nyatanya dalam sehari, sedikitnya nasi goreng yang disajikan dengan telur dada dan sate ayam ini mampu terjual hingga 700 porsi.

2. Gado-gado

gado-gado

youngnesia.com

Gado-gado yang dapat dimakan seperti salad ini memang cukup sederhana. Perlombaan memasak internasional di Napoli pada tahun 2010, menjadi pembuktian gado-gado bukan sembarang makanan. Di ajang ini gado-gado menjadi juara pertama kategori tampilan sajian estetika.

3. Soto Ayam

soto ayam

youngnesia.com

Tidak hanya di Indonesia saja, soto ayam juga ada di sebuah festival makanan di jepang. Rupanya makanan soto ayam telah menjadi langganan di acara ini. acara ini sendiri diselenggarakan oleh pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPIJ- Komsat Ibaraki. Terbukti dalam acara besar seperti ini soto ayam dapat menjadi makanan yang diterima dengan baik oleh masyarakat jepang.

4. Sate (Satai)

sate

pegipegi.com

Sebuah bazar internasional yang diselenggarakan di China 2013 silam menjadi bukti sate ayam digemari oleh halayak. Kegiatan ini tidak hanya menyelenggarakan kuliner Indonesia saja. Namun yang menjadi sebuah kebanggan adalah sate ayam terjual habis disantap masyarakat setempat.

Tak hanya di bazar saja, sebuah restoran masakan Indonesia mampu bersaing di tengah restoran termahal di New York Amerika. Dengan menu andalannya sate ayam, restaurant satay junction mampu menarik warga amerika.

5. Rendang

rendang

youngnesia.com

Nikmat dan lezatnya rendang berhasil membuatnya terpilih di posisi paling atas dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN internasional pada 2011 lalu. Rendang bahkan menjadi menu faforite di sebuah hotel di jerman dalam rangka festival kuliner Indonesia. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia Jerman.

***Baca juga 5 Aneka Seblak Indonesia***

6. Tempe Goreng

tempe goreng

asliindonesia.net

Perhelatan Jakarta kuliner festival yang dihelat Oktober 2012 lalu menjadi perkumpulan koki dari berbagai mancanegara. Mereka datang untuk menikmati makanan khas Indonesia, salah satunya adalah Eduard Quad. ternyata dari berbagai makanan yang ia cicipi, ia menjadikan tempe sebagai idolanya.

Berbeda dengan koki asal korea. Seorang warga Indonesia pak rustomo adalah seorang pebisnis tempe di jepang. Tak hanya dapat diolah menjadi makanan lezat, tempe juga menghasilkan pundi pundi uang. Nama pak rustomo sendiri dikenal di beberapa daerah di jepang. Bisnisnya menjual tempe berhasil memikat masyarakat jepang.

7. Sop Buntut

sop buntut

asliindonesia.net

Sebuah acara untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia diselenggarakan oleh kedutaan besar republic Indonesia di Madrid spanyol. Salah satu menunya adalah sop buntut. Ternyata acara ini mendapatkan respon yang positif. Chef asal Indonesia menyajikan makanan khas Indonesia disini. Setidaknya terdapat 300an orang yang menikmati makanan khas Indonesia dan jatuh hati pada sop buntut.

8. Bakso

bakso-solo

bakso solo

Presiden Obama sendiri mengatakan kalau bakso adalah makanan favoritnya sewaktu berkunjung ke Jakarta. Sejak itulah bakso menjadi kuliner Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Konon katanya kuah dan mie-nya dibawa oleh bangsa China, sementara gelindingan baksonya adalah serapan dari bangsa Belanda yang dahulu datang untuk menjajah Indonesia.

9. Gudeg

gudeg

gudeg

Gudeg adalah olahan nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula palem. Gudeg pun memiliki berbagai variasi sesuai daerah asalnya. Gudeg Jogja biasanya kering. Gudeg Solo diberi banyak santan sehingga banyak kuahnya. Sementara gudeg dari Jawa Timur akan lebih pedas dibandingkan tetangganya yang cenderung manis. Kalau kamu tinggal di Melbourne dan kangen dengan masakan Indonesia, pastikan untuk mampir ke restoran Warung Gudeg di Clayton Road.

10. Indomie

indomie

sorot.news.viva.co.id

Kalaulah Italia punya pasta, maka Indonesia punya Indomie. Indomie bukan hanya dikenal di Indonesia, namun juga di manca negara. Menurut Direktur PT Indofood Sukses Makmur, Franciscus Welirang, Indomie sudah diekspor ke 80 negara di lima benua selama lebih dari 20 tahun. Indomie bukan hanya dikenal di negara tetangga dekat di Asia seperti Singapura, Malaysia, Brunei, Hong Kong hingga Taiwan. Namun, Indomie sudah terbang jauh ribuan kilometer mulai dari wilayah Eropa, Timur Tengah, Afrika hingga benua Amerika.

Di negara-negara Afrika dan Timur Tengah, seperti Sudan dan Libanon malah hampir ada di setiap toko retail dan super market. Di Amerika Serikat, Indomie malah menjadi salah satu kado natal favorit.

 

12 Comments

  1. Yusuf Saktian April 2, 2016
  2. edyson April 4, 2016
  3. Rahmah Chemist April 4, 2016
  4. evrinasp April 4, 2016
    • annasulul April 5, 2016
  5. Sandi Iswahyudi April 8, 2016
  6. intanrawits April 9, 2016
  7. Reza Andrian April 9, 2016
    • annasulul April 9, 2016
      • Genevieve Maret 11, 2017
  8. re Mei 19, 2016
  9. ayamdadarbandung Januari 31, 2017

Leave a Reply