10+ Manfaat Okra untuk Kesehatan dan Pengobatan

Manfaat Okra – Tanaman ini merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak sekali manfaatnya. Okra sangat populer di wilayah Asia seperti, Cina, India, Malaysia dan Jepang. Okra juga dikenal dengan banyak nama seperti, Oukra, Lady Finger dan kacang bendi.

Di Indonesia tanaman okra tergolong masih langka. Mungkin hanya di kota-kota besar saja yang menjual tanaman ini seperti di supermarket dan pasar-pasar modern.

Tanaman okra saat ini sedang banyak diburu, karena manfaatnya yang sangat banyak. Okra bisa dijadikan obat alami untuk penyakit-penyakit berat seperti, jantung, diabetes dan kolesterol.

Baiklah berikut ini akan kami ulas mengenai manfaat okra untuk kesehatan dan pengobatan.

manfaat-okra

tanaman okra

1. Manfaat Okra untuk Menurunkan Berat Badan

Okra memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Seratnya yang kaya dan vitaminnya yang berlimpah menjadikan okra sebagai salah satu sumber makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Okra atau bamia merupakan salah satu jenis sayuran yang kandungan kalorinya sangat rendah. Kandungan kalori dalam okra hanya 30 kalori setiap 100 gram nya. Oleh karena itu, okra tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh.

Jadi bagi yang ingin menurunkan berat badan, okra sangat baik sekali dikonsumsi, baik dijadikan sayur untuk masakan atau dibuat jus. Selain itu okra juga bisa mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

BACA  10+ Manfaat Biji Polokyo untuk Kesehatan Tubuh

2. Manfaat Okra untuk Mencegah Sembelit

Okra memiliki kandungan vitamin A yang sangat kaya, hal ini sangat berguna untuk kesehatan selaput lendir. Selaput lendir yang sehat akan membantu melancarkan proses pencernaan makanan yang dicerna melalui usus, sehingga sangat membantu sekali mencegah atau meredakan sembelit.

3. Manfaat Okra untuk Paru-paru

Nutrisi yang terkandung dalam okra sangat bagus sekali untuk kesehatan paru-paru. Okra memiliki kandungan senyawa flavonoid yang bermanfaat untuk melindungi paru-paru, karena sifatnya sebagai antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kanker atau penyakit kardiovaskular.

4. Manfaat Okra untuk Mata dan Kulit

Vitamin A yang terkandung dalam okra juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Vitamin A juga dapat menguatkan selaput lendir, sehingga mata dan kulit akan tetap terjaga dan sehat.

5. Manfaat Okra untuk Mulut

Kandungan nutrisi dan vitamin dalam okra sangat berguna untuk mencegah terjadinya kanker. Kanker bisa terjadi di rongga mulut. Okra memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah terjadinya kanker rongga mulut.

6. Manfaat Okra untuk Janin

Okra memiliki kandungan folat yang sangat baik. Setiap 100 gram okra, terkandung 22% RDA. Artinya jika ibu hamil banyak mengkonsumsi okra, maka akan sangat membantu menurunkan resiko cacat terhadap tabung saraf janin di dalam kandungan.

7. Manfaat Okra untuk Kekebalan Tubuh

Tubuh sejatinya sangat rentan terhadap penyakit. Apabila kondisi tubuh sedang tidak setabil, maka potensi terserang penyakit akan semakin besar.

Okra memiliki kandungan vitamin C sebesar 36%, sehingga sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh dari infeksi dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kandungan zat besi dalam okra juga sangat membantu mengatur molekul hemoglobin. Sehingga sel-sel darah merah dapat optimal melakukan pendistribusian oksigen mulai dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Zat besi dalam okra juga sangat berperan untuk mengoptimalkan metabolisme energi, sehingga kekebalan tubuh akan terus terjaga dan terhindar dari ganguan radikal bebas.

BACA  Manfaat Air Alkali untuk Kesehatan Tubuh

8. Manfaat Okra untuk Tulang dan Gigi

Okra juga memiliki kandungan vitamin K yang sangat baik untuk memperkuat tulang dan berperan untuk enzim pembekuan darah. Selain itu, kandungan kalsium yang terdapat dalam okra sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

9. Manfaat Okra untuk Keseimbangan Tubuh

Okra juga ternyata sangat bagus untuk keseimbangan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B kompleks nya yang menjaga tubuh agar tetap seimbang.

Hampir di setiap fungsi tubuh manusia memerlukan adanya vitamin B kompleks yang cukup. Vitamin B komplesks itu diantaranya seperti niacin, thiamin, vitamin B-6, dan asam pantotenat.

Jika kita kekurangan salah satu vitamin B kompleks, maka tubuh akan menjadi tidak seimbang, misalnya sistem saraf kurang sehat, kekurangan energi, pencernaan buruk dan kadar kolesterol yang tidak stabil. Oleh karena itu, jika kamu melakukan diet pastikan vitamin B kompleks nya tercukupi.

10. Manfaat Okra untuk Menurunkan Kolesterol

Kandungan nutrisi dan vitamin dalam okra sangat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli biologi Amerika, mengungkapkan bahwa ekstrak okra bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Penelitian ini juga telah diterbitkan dalam The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology.

11. Manfaat Okra untuk Jantung

Okra juga memiliki kandungan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Ada kandungan dalam okra yang bersifat sebagai antioksidan, seperti epicatehin, katekin, rutin, quercetin dan procyanidin. Oleh karena itu, jika kita mengkonsumsi okra, tingkat resiko terkena penyakit jantung akan berkurang.

12. Manfaat Okra untuk Penderita Diabetes

Ternyata okra juga bisa membatu menurunkan kadar gula darah agar stabil. Ini sangat bermanfaat sekali bagi penderita diabetes. Mengingat ada sebuah riset yang telah diterbitkan oleh ISRN Farmasi pada 2011, yang menyatakan bahwa okra dapat mengurangi penyerapan glukosa, sehingga kadar gula darah berkurang.

Para peneliti juga menyatakan bahwa okra secara alami dapat dijadikan sumber makanan yang kaya serat untuk mengelola diabetes. Indeks glikemik nya yang rendah menandakan okra sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

BACA  10+ Manfaat Kayu Ular untuk Pengobatan dan Kesehatan

Para ahli kesehatan juga menyarankan bagi penderita diabetes untuk tidak mengkonsumsi okra bersamaan dengan metforin, karena justru akan menambah kadar gula darah bagi si penderita diabetes.

# Cara Meramu Okra untuk Penderita Diabetes dan Kolesterol

cara-meramu-okra

buah okra

  • Siapkan tiga atau empat buah okra, rajang tipis-tipis, kemudian rendam dengan 2 gelas air, setelah itu masukkan ke dalam kulkas sekitar 3 jam.
  • Ari dari hasil rendamannya akan menjadi berlendir
  • Minumlah air rendamannya setelah makan
  • Jika air rendaman sudah habis, tambah 2 gelas lagi
  • Konsumsilah setiap hari, rasanya sangat segar
  • Irisan okra tadi bisa dipakai (direndam) sebanyak 3 kali, setelah itu ganti baru lagi.

Bagi penderita kolesterol dan asam urat, konsumsilah selama 2 minggu, lalu cobalah untuk cek darah, jika hasilnya baik tinggalkan obat dokter dan gunakan okra sebagai obat alami.

Bagi penderita impoten dan diabetes, konsumsilah rendaman okra selama 1 bulan. Bagi penderita Osteo Arthritis atau sakit lutut juga bisa mengkonsumsi air rendaman okra, Insya Allah rasa sakitnya akan mereda.

# Cara Pengolahan dan Penyajian Okra

penyajian-okra

menu sajian masakan okra

Okra merupakan sayuran yang tumbuh subur di wilayah beriklim tropis. Sebelum di konsumsi untuk makanan, cucilah okra dengan menggunakan air dingin, tujuannya untuk menghilangkan kotoran dan insektisida residual yang menempel pada okra.

  • Potong ujung batangnya menggunakan pisau, lalu iris sesuai selera.
  • Rebus okra terlebih dahulu atau goreng dalam minyak yang panas. Tujuannya agar tekstur mucilaginous pada okra menjadi lembut.
  • Di pulau karibia, okra sering digunakan untuk pembuatan sup yang dicampur dengan ikan.
  • Bisa juga dijadikan bahan pembuat acar dan bisa diawetkan.
  • Daun okra juga bisa dijadikan salad.
  • Orang-orang Mesir sering menggunakan okra sebagai bahan campuran daging sapi ataupun daging domba.

Demikianlah manfaat okra untuk kesehatan tubuh. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply