10+ Manfaat Kayu Ular untuk Pengobatan dan Kesehatan

Manfaat Kayu Ular – Ada banyak sekali manfaat dan khasiat kayu ular, seperti khasiat kayu ular untuk pria, khasiat kayu ular papua, khasiat kayu ular dan efek sampingnya, khasiat kayu ular untuk mata dan lain sebagainya.

Dalam tulisan ini akan dijelaskan mengenai manfaat kayu ular untuk pengobatan dan kesehatan tubuh.

Apa itu Kayu Ular?

khasiat-kayu-ular

jual kayu ular

Kayu ular atau yang biasa disebut kayu ular papua merupakan jenis tanaman yang tumbuh di daerah Papua. Kayu ular memiliki nama latin Strychons Lucida yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan herbal tradisional. Kayu ular juga terdapat di wilayah Jawa yang biasanya dikenal dengan sebutan bidara laut dan dara putih.

Dimana Kayu Ular Tumbuh?

pohon-kayu-ular

pohon-kayu-ular

Tanaman kayu ular banyak tumbuh di daerah pegunungan papua yaitu sekitar 100-300 meter ketinggiannya di atas permukaan laut. Pohon ini memiliki diameter sampai 30 cm. Tanaman ini hidup secara berkelompok. Selain di daerah pegunungan kayu ular juga pernah ditemukan di daerah pinggir sungai.

Kandungan Kayu Ular

Kayu ular memiliki kandungan seperti tannin, alkaloid, steroid dan alkaloida yang bersifat antioksidan. Nenen moyang kita dulu sering menggunakannya untuk dijadikan obat malaria dengan cara merebus dan meminum airnya.

Karena kandungan yang terdapat pada kayu ular begitu banyak, para ahli herbal akhirnya mencoba memanfaatkan kayu ular sebagai tanaman obat untuk berbagai macam penyakit.

Manfaat Kayu Ular

kayu-ular-serbuk

kayu ular serbuk

Ada banyak sekali manfaat kayu ular diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi Diabetes dengan Kayu Ular

Kayu ular memiliki zat saponin yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Maka daripada itu, bagi penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air rebusan kayu ular ini. Jadikan kayu ular sebagai minuman herbal sehari-hari.

2. Mencegah Resiko Kanker dengan Kayu Ular

Ternyata kayu ular juga bisa mencegah kanker. Kandungan zat alkaloida nya yang bersifat antioksidan menjadikan tubuh terhindar terhindar dari radikal bebas dan pertumbuhan sel-sel kanker.

3. Meredakan Demam dengan Kayu Ular

Kandungan zat tanin dan galat yang terdapat pada kayu ular bisa menurunkan demam tubuh. Bukan hanya itu, zat galat dan tanin juga memiliki sifat anti radang yang mana bisa membantu menurunkan resiko terkena infeksi pada organ dalam tubuh.

4. Mengobati Sakit Perut dengan Kayu Ular

Sakit perut biasanya terjadi karena adanya rasa nyeri yang muncul akibat asam lambung, yang kemudian berakibat pada peradangan. Minumlah air rebusan kayu ular ini untuk mengatasi sakit perut, karena kayu ular memiliki zat yang bersifat anti radang.

5. Mengatasi Kista dengan Kayu Ular

Kista merupakan penyakit tumor jinak yang di dalamnya terdapat cairan kental berupa darah kotor dari tubuh. Sifat anti radang pada kayu ular dapat membantu mencairkan gumpalan darah kotor dan mengeluarkannya. Oleh karena itu konsumsi rebusan air kayu ular secara rutin.

6. Menurunkan Darah Tinggi dengan Kayu Ular

Kayu ular memiliki sifat antioksidan dan anti radang yang bisa membantu mencairkan gumpalan darah, memperlancar aliran darah dan mengatasi peradangan. Jika sirkulasi darah normal maka resiko hipertensi akan menurun.

7. Mencegah Resiko Jantung dengan Kayu Ular

Kayu ular juga bisa mereduksi konsentrasi kadar gula dalam darah. Sifat antioksidannya sangat berperan penting dalam menangkal radikal bebas, sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit seperti jantung. Oleh karena itu, kayu ular dipercaya bisa mengobati dan mencegah penyakit jantung.

8. Mengatasi Darah Kotor dengan Kayu Ular

Kayu ular ternyata juga bisa membersihkan darah kotor yang ada di dalam tubuh. Bagi yang memiliki penyakit luka bernanah seperti bisul dan peradangan, konsumsilah atau gunakanlah kayu ular, karena bisa dengan cepat menstimulus nanah atau darah kotor untuk segera di keluarkan.

9. Mengatasi Wasir dengan Kayu Ular

Karena kayu ular memiliki kandungan zat yang bersifat antiradang, maka sangat cocok digunakan atau dikonsumsi air rebusannya untuk mengatasi wasir. Darah kotor yang ada di dalam tubuh akan di keluarkan dengan cepat oleh sifat antioksidan dan anti radang kayu ular, sehingga masalah wasir bisa teratasi.

10. Mengatasi Masalah Nafsu Makan dengan Kayu Ular

Pada dasarnya nafsu makan itu dipengaruhi oleh keadaan perut. Syaraf dalam otak mengatur perasaan lapar dan nafsu untuk makan. Kandungan yang berada dalam kayu ular bisa mengatasi perut cukup sehingga kondisi perut terstimulus dengan baik dan syaraf otak bekerja dengan maksimal.

11. Menambah Kejantanan dan Vitalitas Pria

Khasiat kayu ular untuk pria adalah menambah kejantanan dan vitalitas pria. Sudah tidak diragukan lagi orang-orang terdahulu juga menggunakan kayu ular ini untuk mengatasi masalah lemah syahwat dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kejantanan pria.

12. Mengatasi Gejala Stroke dengan Kayu Ular

Masalah stroke sangat erat kaitannya dengan masalah hipertensi akibat aliran darah dan jantung. Kayu  ular memiliki zat galkin dan tanin yang bisa membantu melancarkan aliran darah sehingga bisa mencegah terjadinya stroke.

13. Mengatasi Rematik dengan Kayu Ular

Begitu juga dengan rematik, penyebab sumbernya adalah karena aliran darah yang tidak lancar. Zat galat dan tanin yang ada pada kayu ular mampu melancarkan aliran darah, sehingga masalah rematik bisa teratasi.

14. Mengatasi Paru-paru Basah dengan Kayu Ular

Akibat dari peradangan pada organ paru-paru bisa menyebabkan terkenanya paru-paru basah. Kandungan zat glakin dan tanin pada kayu ular sangat efektif untuk mengatasi masalah peradangan yang terjadi.

15. Memperbaiki Syaraf Otak dengan Kayu Ular

Umumnya gangguan syaraf terjadi pada otak yang mengatur seluruh indra tubuh. Misalnya pada masalah kanker otak, ada syaraf yang mengalami gangguan dan membuat kerusakan pada organ tertentu.

Oleh karena itu, dengan ekstrak atau air rebusan kayu ular sangat mampu mengatasi kerusakan syaraf tersebut. Sebagaimana yang telah dikatakan oleh Dr. Nelly C. Sugiarso Apt, beliau mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi ramuan herbal kayu ular bisa mengatasi gangguan pada syaraf.

16. Menjaga Kekebalan Tubuh dengan Kayu Ular

Kayu ular memiliki kandungan alkaloid. Zat alkaloid ini bersifat basa, antioksidan serta anti radang jadi sangat berguna untuk dunia medis dalam hal membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sehingga tubuh akan selalu bugar dan sehat.

17. Melancarkan Buang Air Kecil dengan Kayu Ular

Kayu ular juga bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil. Ini disebabkan karena kandungan zat galat dan tanin yang membuat air seni keluar secara normal. Pada saat itu juga racun-racun yang ada di dalam tubuh juga ikut keluar (proses detox).

Cara Membuat Ramuan Obat Herbal dengan Kayu Ular

Supaya memperoleh khasiat dan manfaat kayu ular, pertama Anda dapat merebusnya atau boleh disedu atau direndam saja dengan air panas. Nah, berikut ini adalah cara membuat ramuan obat herbal kayu ular agar mendapatkan berbagai manfaat dan khasiatnya:

  • Masukkan Irisan/serbuk/serpihan kayu ular ke dalam gelas sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Lalu tuangkan air panas atau mendidih kedalam gelas yang berisi potongan kayu ular tadi
  • Diamkan sampai arinya berubah warna menjadi kuning tua dan gelas menjadi hangat
  • Setelah itu, ramuan kayu ular siap untuk diminum
  • Kayu ular yang tadi Anda gunakan dapat dipakai berulang kali sampai kadar pahitnya berkurang

Untuk kayu ular batangan bisa dibelah-belah atau dipotong-potong menjadi beberapa potongan-potongan sebesar jari tangan, lalu rebuslah 6 atau 4 potong dengan takaran 2 gelas air sampai air mendidih. Setelah itu matikan kompor dan diamkan sampai menjadi hangat atau dingin, baru hasil rebusan kayu ular siap diminum.

Harga Kayu Ular Serbuk/Bubuk

kayu-ular

kayu ular batangan

Kayu Ular Bubuk 100 gram: Rp. 60.000/Bungkus

Kayu Ular Bubuk 250 gram: Rp. 70.000/Bungkus

Kayu Ular Bubuk 500 gram: Rp. 90.000/Bungkus

Kayu Ular Bubuk 1 kg: Rp. 150.000/Bungkus

***Untuk pemesanan silahkan hubungi SMS/WA 085780391203 PIN BB 5B8D8D36***

*Harga fluktuatif karena kelangkaan barang
*Harga belum termasuk ongkos kirim
*Karena banyaknya pemesanan, kami dahulukan yang telah lunas pembayaran (sudah transfer)

Leave a Reply