10+ Manfaat AC untuk Kesehatan

Manfaat AC – Banyak sekali manfaat penggunaan AC (Air Conditioning). Apalagi kalau yang bertempat tinggal di daerah metropolitan, sudah tentu AC menjadi fasilitas wajib yang ada di dalam rumah.

Agar AC bisa bertahan lebih lama (tidak cepat rusak), Anda harus selalu membersihkan atau menservice setidaknya 1 bulan sekali untuk pemakaian yang jarang, sedangkan untuk pemakaian sering bisa 2 minggu sekali.

Jasa Service AC

jasa-service-ac

jasa service ac

Tidak perlu khawatir, saat ini juga sudah banyak jasa service AC, seperti jasa service AC Jakarta, jasa service AC Jogja, jasa service AC Bandung, jasa service AC Surabaya, jasa service AC pulau seribu, jasa service AC Magetan dan lain sebagainya.

Nah bicara soal manfaat AC sangat banyak sekali, diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat AC untuk Mencegah Dehidrasi dan Panas

Bila suhu suatu ruangan panas secara berlebihan maka akan bisa menimbulkan stroke panas, yaitu tubuh tidak bisa mengatur suhu dengan baik. Bila tidak ditangani dengan segera, stroke panas bisa merusak otak dan bahkan organ vital lainnya.

Oleh karena itu, dengan adanya AC sangat bisa membantu mencegah terjangkitnya stroke panas. Suhu udara menjadi stabil berkat adanya AC.

Siapa yang pernah mengalami dehidrasi? Diantara kita mungkin pernah mengalami dehidrasi. Dehidrasi merupakan suatu problem yang sangat erat hubungannya dengan pancaran panas yang berlebih.

Manfaat AC untuk Meningkatkan Produktivitas

Biasanya ketika suasana panas tubuh terasa lelah, penat bahkan stres, sehingga produktivitas kerja berkurang. Dengan adanya AC suasanya menjadi sejuk dan nyaman, sehingga produktivitas akan meningkat.

Suasana yang sejuk juga bisa memunculkan ketenangan, meskipun banyak anak-anak di yang sedang bermain di sekitar kita. AC juga sangat membantu waktu istirahat Anda. Anda akan mudah tidur dengan nyaman dan terhindar dari masalah sulit tidur.

Ada sebuah riset yang berhasil membuktikan bahwa, ruangan kelas yang panas tidak ada AC atau pendingin udara, bisa menyebabkan produktivitas atau performa di kelas menurun, bahkan memicu munculnya perilaku agresif. Profesor Madya Michael Nagel sang pengamat pendidikan dari University of the Sunshine Coast, Australia, menyatakan ada bukti ilmiah bahwa otak tidak bisa berfungsi maksimal dalam kondisi suhu yang panas.

service-ac-jogja

manfaat ac

Manfaat AC untuk Meningkatkan Kualitas Udara

Salah satu fungsi AC yaitu, menyaring udara dari debu, alergen, serbuk dan lain sebagainya. Sehingga udara yang dihirup menjadi bersih dan steril. Manfaat dari AC lainnya juga bisa mengontrol pertumbuhan lumut dan jamur, caranya dengan mengurangi tingkat kelembabannya. Olah karena itu, AC bisa mengubah udara yang buruk menjadi udara yang segar, sehat dan bersih.

Manfaat AC untuk Mencegah Asma dan Alergi

Penyakit asma dan alergi paling sering disebabkan karena masalah udara. Udara yang dihirup merupakan udara yang kotor, sehingga bakteri dan virus penyakit akan sangat cepat menyebar ke seluruh tubuh.

Salah satu faktor utama terjangkitnya asma dan alergi adalah karena paparan spora jamur di sekeliling Anda. Oleh karena itu, rumah dengan jendela tertutup sangat disarankan menggunakan AC. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi penderita alergi lingkungan dan asma.

Leave a Reply