kerajinan clay teddy bear

kerajinan clay teddy bear

Asal Usul Teddy Bear

Pada tahun 1902, Presiden Amerika Serikat Theodore Roosevelt lagi berburu sambil melakukan perjalanan ke Mississipi untuk menyelesaikan sengketa mengenai batas wilayah negara bagian Mississipi dengan Lousiana.

Dalam perjalanannya itu, seseorang menemukan seekor anak beruang.

Ia mengikat anak beruang itu di sebuah pohon agar sang presiden bisa dengan mudah menembak binatang buruan. Tapi, Pak Presiden tidak mau menembak anak beruang itu.

Nah, karena kejadian tersebut, seorang kartunis Clifford Berryman menggambar anak beruang itu dan mempublikasikannya ke The Washington Post.

Nah, karena gambar Pak Clifford yang ada di koran The Washington Post, Mr. Morris Mitchom, pemilik toko alat tulis meminta kepada istrinya, Rose, untuk menjahitkan boneka beruang yang persis dengan gambar kartun di koran tersebut.

Lalu, Pak Morris Mitchom menulis surat ijin kepada Presiden Roosevelt agar bisa menggunakan nama panggilan akrab sang Presiden, “Teddy” sebagai nama bonekanya. Dan Pak Presiden memperbolehkan nama panggilannya sebagai nama boneka beruang itu.

Pak Michtom akhirnya membuat pabrik Ideal Novelty and Toy Co, yang masih berdiri hingga sekarang untuk membuat boneka anak beruang yang dinamainya Teddy.

Tahun 1906, boneka Teddy Bear laku keras terjual di pasaran. Tak hanya anak-anak, tapi kaum wanita dewasa pun membawa kemana-mana boneka Teddy Bear itu.

Oleh karena itu, di tahun 1984, museum boneka Teddy Bear pertama didirikan di Petersfield, Hampshire, England.

Tahun 1990, museum yang sama juga diresmikan di Naples, Florida, Amerika Serikat. Tapi sayang, tahun 2006, museum ini ditutup setelah setahun sebelumnya, semua boneka yang ada di sana dilelang.

Saat ini, boneka Teddy Bear masih menjadi boneka yang disuka oleh semua orang. Bahkan, tiap tanggal 10 November dari jam 11 siang sampai jam 1 siang, di Amerika digelar perayaan untuk mengenang peristiwa “pembebasan” nyawa beruang kecil.

Jadi, begitulah ceritanya. Sekarang kamu sudah tahu, kan bagaimana asal usul beruang itu dinamakan Teddy Bear? Hihihi..

Teks: Ervina

Leave a Reply