Kerajinan Tangan dari Clay Tepung

Kerajinan tangan dari clay merupakan kerajinan tangan yang saat ini cukup populer. Banyak orang yang menyukai kerajinan tangan dari clay karena alat dan bahannya yang mudah didapat dan proses pembuatannya yang menantang. Kerajinan dari clay ini biasanya digunakan orang untuk hiasan dirumah, aksesoris dan sovenir. Saat ini para pengrajin clay berlomba-lomba dalam membuat kreasi kerajinan tangan dari clay yang lebih inovatif dan kreatif. Beruntunglah anda telah berkunjung ke situs ini, karena diartikel ini kami akan mengupas tajam kerajinan tangan dari clay setajam silet.

Apa Itu Clay?

Clay itu adalah bahasa inggris yang artinya tanah liat. Di Indonesia kata clay menjadi kata yang populer dan biasanya identik dengan sebuah kerajinan tangan. Dulu orang yang ingin membuat kerajinan tangan dari tanah liat atau lempung harus rela menyatu dengan tanah untuk mendapatkan tanah liat yang berkualitas. Karena untuk mengahasilkan karya yang bagus dan indah tentunya harus memiliki bahan dasar yang berkulitas.

Saat perkembangan zaman semakin maju, kini orang-orang juga berpikir semakin maju. Untuk membuat kerajinan tangan dari clay tidak harus dari tanah liat. Teman-teman bisa membuatnya dari bahan dasar tepung, roti, malam (lilin), bubur kertas, polymer, dan lain-lain. Inilah mungkin yang menyebabkan perluasan makna dari kata clay. Dan saat ini sedang booming kerajinan tangan dari clay yang terbuat dari bahan dasar tepung.

Apa Itu Kerajinan Clay?

Kerajinan Clay adalah suatu karya seni yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar clay. Sebagaimana yang telah disinggung diawal, kerajinan tangan dari clay tidak harus dari bahan dasar tanah liat, kita bisa menggunakan tepung sebagai pengganti dari tanah liat. Oleh karena itu, kerajinan ini mulai merambah keseluruh kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Selain mudah dipelajari, alat dan bahannya mudah didapat dan aman untuk digunakan. Terutama bagi anak-anak, dapat dijadikan sebagai media untuk mendidik kreatifitas anak.

Cara Membuat Clay dari Tepung

Resep I (simple)

Bahan:

  • Tepung Kanji
  • Tepung Terigu
  • Tepung Beras
  • Pengawet Kue (natrium benzoat)
  • Lem Putih
  • Cat Poster

Cara Membuatnya:

  • Campur semua tepung kanji, terigu, dan beras dengan perbandingan 1:1:1
  • Kemudian tambahkan pengawet dan lem
  • Lalu uleni sampai kalis
  • Setelah itu campurkan pewarna dan bentuk sesuai dengan yang diinginkan

Resep II (little)

Bahan:

  • Tepung Maizena 20 gram
  • Tepung Tapioka 20 gram
  • Tepung Beras 20 gram
  • Lem Putih 50 gram
  • Pengawet Kue (natrium benzoat)
  • Cat Poster

Cara Membuatnya:

  • Campur ketiga bahan tepung dan benzoat secukupnya
  • Kemudian tambahkan lem putih
  • Lalu uleni sampai kalis
  • Setelah itu bagi adonan menjadi beberapa bagian
  • Kemudian campurkan warna ke bagian adonan tadi, sesuai dengan yang kita inginkan
  • Setelah sudah siap, mulailah untuk membuat bentuk yang diinginkan

Jual Buku Kerajinan Clay

Jual buku “Asyiknya Membuat Corn Craft, Kerajinan dari Maizena Clay”. Saat ini sedang banyak sekali orang yang menekuni kerajinan clay dari tepung. Namun banyak sekali hambatan dan tantangannya. Banyak muncul pertanyaan seperti, “gimana ya caranya supaya kerajinan clay yang kita buat bisa tahan lama?”, “gimana supaya tidak berjamur?” dan lain sebagainya.

Dalam buku ini akan mengupas tuntas problem dalam kerajinan clay tepung. Selain itu juga ada contoh dan kreasi-kreasi yang menarik untuk kamu coba dan kembangkan. Bukan hanya itu, di dalam buku ini juga dijelaskan dan diajarkan cara bisnis dari hasil kerajinan clay yang sudah kamu buat. Bagaimana penasaran untuk mencobanya kan? Oleh karena itu, yuk miliki buku ini segera, sebelum kehabisan stok ya. Informasi lebih lanjut hubungi (TLP/SMS/WA) 085780391203, Pin BBM 5B8D8D36.

buku-kerajinan-clay

buku rahasia tentang kerajinan clay

***Kami menjual buku rahasia cara sukses membuat kerajinan clay, harga terjangkau. Informasi lebih lanjut hubungi (TLP/SMS/WA) 085780391203, Pin BBM 5B8D8D36***

buku-pintar-membuat-kerajinan-clay

Buku Terampil Membuat Kerajinan Maizena Clay

Jual Bahan Clay atau Polymer Clay

bahan-clay

jual adonan clay

Bagi kamu yang membutuhkan bahan clay atau polymer clay dengan kualitas yang bagus dan harga terjangkau. Kami menyiapkan stok bahan clay benar-benar high quality. Keunggulannya adalah sebagai berikut:

Berat: 50 gram per pcs (Beli 20 pcs ke atas, harga lebih murah)

  • Mudah mengering dan mengeras, hanya di angin-anginkan saja atau dibiarkan.
  • Mudah dibentuk
  • Tidak lengket
  • Mudah dibentuk gantungan kunci, pajangan, hadiah kado, dan lain-lain.

CDL Clay merupakan air dry clay sehingga tidak perlu di oven, hanya di angin-angini saja bisa langsung mengering, tergantung tebal dan tipis nya karya ya kak.

Cara Menggunakan CDL Clay:

  • Cuci tangan hingga bersih dan lap tangan hingga kering.
  • Oles babyoil/lotion ke tangan secukupnya (optional)
  • Mulailah dengan mengulen clay terlebih dahulu baru membentuk untuk mendapatkan hasil maksimal.

Note:
*Tutup rapat setelah digunakan, jika ingin menggunakan kembali dalam jangka waktu yang lama, maka oles babyoil/lotion pada permukaan clay di dalam plastik klip untuk menjaga kelmebaban clay dan memperlambat pengeringan.

Banyak Pilihan Warna dan Bisa Request Warna

Pink/ Blue/ Grey/ White/ Orange/ Yellow/ Red/ Dark Blue/ Soft Green/ Dark Green/ Soft Purple/ Dark Purple/ Skin tone (warna kulit)/ Black

Contoh Warna Request

Hijau lumut/matcha/ Hijau apel/ Merah bata/ Ungu pinky

Paket Clay Beserta Aksesorisnya

big-box-clay

pake cdl clay + clay tools set

Bagi kamu yang baru memulai kerajinan clay atau mau belajar membuat kerajinan clay, kami sediakan paket clay beserta aksesoris alat claynya. 1 box nya berisi:

  • 24 Clay (Berat: 50 gram/pc. Warna clay diacak, tetap dapat 24 pcs, dengan warna berbeda *warna tidak bisa request ya)
  • 5 Keychain
  • 10 Ring
  • 10 Eyepin
  • 2 Ring Base
  • 5 pcs Strap Black
  • 5 pcs Pearl
  • 3 pcs Modelling Tools

***Informasi lebih lanjut hubungi (TLP/SMS/WA) 085780391203, Pin BBM 5B8D8D36***

Resep III (easy)

Bahan:

  • Tepung Terigu 70 gram
  • Tepung Tapioka 70 gram
  • Tepung Beras 70 gram
  • Lem Putih 180 gram
  • Cat Poster

Cara Membuatnya:

  • Campurkan bahan-bahan tersebut kecuali pewarna, kemudian uleni sampai kalis.
  • Pisahkan adonan untuk di beri warna yang di inginkan
  • Campur adonan yang telah dipisahkan dengan pewarna, aduk sampai rata.
  • Adonan yang telah diberi warna kemudian bentuk sesuai dengan bentuk yang di inginkan.

Resep IV (complete)

Bahan:

  • Tepung jagung/ maizena 150 gram
  • Tepung beras 150 gram
  • Tepung singkong/kanji 150 gram
  • Lem putih/kayu/fox/PVAC 350 gram
  • Benzoate 3 sendok makan
  • Minyak goring/baby oil secukupnya
  • Cat poster/cat air

Peralatan:

  • Wadah untuk mencampur bahan
  • Tempat kedap udara untuk menyimpan
  • Kertas HVS yang sudah delaminating untuk alas
  • Tusuk gigi
  • Sedotan
  • Mote hitam untuk mata
  • Gantungan, peniti bros, tali, jepit rambut, dll untuk pelengkap accessories
  • Pinset,
  • Sikat gigi
  • Pisau/cutter
  • Plastik untuk kemasan

Cara Membuatnya:

  • Siapkan wadah, masukkan semua tepung dan lem putih.
  • Beri benzoate
  • Beri minyak / baby oil sedikit di pinggir wadah
  • Campur dan uleni hingga menjadi adonan yang kalis/tidak lengket
  • Dan simpan dalam wadah tertutup/kedap udara

Cara Memberi Warna:

  • Ambil adonan secukupnya di tangan
  • Beri warna dengan cat poster/cat air (tanpa diberi air)
  • Uleni adonan hingga warna yang diinginkan
  • Simpan dalam wadah tertutup
  • Lakukan untuk warna yang lain

Beberapa Tips:

  1. Agar adonan clay tidak cepat mengering, bungkus adonan yang belum dibentuk dengan plastik.
  2. Tempelkan bagian-bagian clay yang akan disatukan dengan lem putih.
  3. Agar tidak jamuran , tepung bisa dicampur dengan pengawet makanan (benzoat) sebanyak 1 sdt.
  4. Agar hasil clay lebih awet, setelah clay terbentuk, bisa di cat akrilik atau pylox bening atau cat kuku transparan.

Macam-macam kreasi kerajinan clay

Berikut ini ada beberapa kreasi kerajinan clay tepung yang unik dan patut untuk dicoba. Kami dapatkan dari para master pengrajin clay. Silahkan dinikmati, mudah-mudahan memberikan inspirasi.

1. Sepasang Teddy Bear Lucu

kerajinan clay teddy bear

by esther www.flickr.com

Mereka terlihat manis, bentuk hati dan bunga menandakan kasih sayang yang tak terhingga, meski banyak kekurangan mereka tetap bersama, bagaikan bunga yang tetap harum meski di tempat yang berbau busuk.

2. Sepasang Panda Lucu

kerajinan clay tepung panda

by esther www.flickr.com

Panda merupakan hewan yang sangat lucu. Perpaduan warna hitam putih yang khas terlihat simple dan elegan. Ditambah dengan aksesoris dasi hijau, topi, bunga, dan renda memberikan kesan menarik ketika momen pernikahan.

3. Sepasang burung yang imut

kerajinan clay burung

by esther www.flickr.com

Untuk membuatnya tidaklah terlalu sulit, karena tidak memerlukan pola yang rumit. Sangat simple, lucu dan menggemaskan.

4. Sepasang burung hantu yang imut

clay burung hantu

by esther www.flickr.com

Pola sepasang burung hantu ini terlihat menawan. Bila ingin membuatnya, harus diperhatikan di bagian bulunya karena agak sedikit rumit dan butuh kesabaran.

5. Sepasang burung hantu yang gemesin

kerajinan clay burung hantu lucu

by esther www.flickr.com

Polanya sangat simple dan mudah ditiru. Bila mau tambah aksesoris seperti topi, pita, dan lain-lain lebih bagus, tapi hanya di wilayah kepala saja. Kalau di bagian badan nanti menutupi pola seninya dan menurunkan kesan gemesnya.

6. Sepasang gajah yang lucu

kerajinan clay gajah

by esther www.flickr.com

Gajah adalah hewan yang besar dan sangar. Tapi kalau dibuat pola seperti ini akan memberikan kesan lucu dan menggemaskan. Untuk membedakan gajah jantan dan betina, dengan memberikan pita di atas kepala untuk betina dan di leher untuk jantan, serta menambah alis mata di bagian mata untuk betina.

7. Kaktus yang menggemaskan

kerajinan clay kaktus

www.etsy.com

Siapa bilang kaktus itu tumbuhan menyeramkan. Foto di atas adalah kaktus-kaktus yang dibuat dengan clay tepung, terlihat seperti hidup, lucu dan menggemaskan. Untuk membuatnya cukup agak sulit, dibutuhkan kreativitas tingkat tinggi untuk membuatnya. Ini sekaligus menjadi tantangan temen-temen untuk mencoba membuatnya.

8. Kaktus mungil

kerajinan clay tepung kaktus

www.etsy.com

Ini opsi kalo temen-temen sulit untuk membuat kaktus nomer 7. Simple dan tetap artistik.

9. Kue-kue

kerajinan clay aneka makanan

www.etsy.com

Temen-temen juga bisa berkreasi membuat pola berbentuk makanan, seperti pada gambar di atas. Hati-hati ya kalo mau buat yang satu ini, jangan sampe dimakan hehe.

10. Tikus menggemaskan

tikus menggemaskan

by esther www.flickr.com

Pola tikus menggemaskan ini juga patut untuk dicoba. simple, lucu dan menggemaskan.

11. Kuda poni yang imut

kerajinan clay kuda poni

by dragonsandbeastie www.orig12.deviantart.net

Wuuiiiih… kalo temen-temen bisa tiru pola ini hebat deh. Untuk membuatnya diperlukan kreativitas dan imajinasi yang tinggi. Mungkin kalo teman-teman tertarik untuk mencobanya, buat dengan ukuran agak besar ya, agar mudah untuk proses detailingnya.

12. Naga yang super lucu

kerajinan clay dragon

by dragonsandbeastie www.orig12.deviantart.net

kerajinan clay lepard dragon

by dragonsandbeastie www.orig12.deviantart.net

Yang ini juga sama temen-temen. Untuk membuatnya butuh kesabaran dan kreativitas tingkat tinggi.

13. Ayam bentol-bentol yang unik

kerajinan clay ayam

www.etsy.com

Biar nggak galau coba buat ini, Ayam Bentol-bentol. Polanya cukup simple dan artistik. Hanya saja harus teliti ketika proses mewarnai. Atau bisa juga dengan membuat pola bulat dari kertas kemudian tempelkan secara random, lalu cat warna hitam, setelah kering copot pola bulatan tadi, dan hasilnya mudah-mudahan maksimal.

Itulah sedikit ilmu yang bisa disampaikan, mudah-mudahan memberikan inspirasi bagi temen-temen pencinta kerajinan clay atau yang baru ingin coba-coba membuatnya. Bila ini bermanfaat silahkan share ya. Terima Kasih.

Nikmati info menarik lainnya disini!

Tutorial pembuatan kerajinan polymer clay. “Waduuh lucu-lucu banget, luar biasa”

7 Comments

  1. momogrosir Maret 13, 2016
  2. sarwendah Agustus 18, 2016
  3. Pingback: Handicraft – Agnes's Life September 21, 2016
  4. Julia cantika Oktober 7, 2016
  5. Novita Rahma Oktober 20, 2016
  6. Khanza Oktober 23, 2016
  7. Kezia Jeditha Desember 5, 2016
    • annasulul Desember 5, 2016

Leave a Reply