Daftar 10 Urutan Gunung Tertinggi di Indonesia dan Letaknya

Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah gunung terbanyak di dunia. Tak hanya menawarkan panorama alam pegunungan yang indah, beragam tantangan memacu adrenalin juga ditawarkan disetiap rutenya. Jadi, tak heran jika gunung kerap dijadikan sebagai destinasi para pecinta alam baik muda mapun tua.

Diantara ratusan gunung yang tersebar di seluruh pelosok negeri, gunung dengan ketinggian diatas 2000 meter merupakan objek pendakian terfavorit. Untuk itu, kali ini kami akan mengulas 10 urutan gunung tertinggi di Indonesia.

Gunung mana yang sudah kamu daki?

Gunung Tertinggi di Papua

Berikut ini beberapa gunung tertinggi di wilayah Papua.

Puncak Jaya Wijaya atau Carstenz Pyramid

puncak gunung jaya wijaya

puncak gunung jaya wijaya

Dalam jajaran gunung-gunung tertinggi, urutan pertama dipegang oleh gunung yang berada di dataran ujung timur Indonesia yakni Papua. Bahkan, gunung yang bernama Carstenz Pyramid atau disebut dengan Jaya Wijaya ini masuk dalam seven summit dunia.

Sedikit membahas tentang asal mula Carstenz Pyramid. Nama ini dipakai guna menghormati penemunya, Cartenz, yang berasal dari Belanda. Sedangkan nama Jaya Wijaya sendiri diperoleh pada tahun 1945 ketika Papua terbebas dari Belanda. Nama tersebut diberikan oleh Ir. Soekarno.

Selain dua nama tersebut, gunung tertinggi di Indonesia ini juga memiliki nama lain. Masyarakat sekitar sering menyebutnya sebagai Ndugundugu, Ngga Pulu, serta Nemangkawi.

Tak hanya soal ketinggian, banyak keunikan yang dimiliki gunung ini sehingga banyak pendaki yang tertarik melakukan pendakian disini. Salah satu keunikannya adalah salju di puncak Carstenz. Jika dilihat dari hukum alam, dataran yang terletak sejalur dengan khatulistiwa sangat mustahil jika terdapat salju, namun pengecualian untuk puncak Carstenz atau Jaya Wijaya.

Sayangnya, keunikan ini terancam hilang. Pemanasan global agaknya membuat salju tersebut menjadi terancam lenyap. Hal sebelumnya juga terjadi di Puncak Mandala dimana salju telah lenyap dari puncaknya.

Keunikan lainnya yakni banyaknya penemuan benda-benda laut seperti kerang di kawasan puncaknya. Dari cerita yang ada, dulunya puncak gunung ini merupakan dasar lautan, dan karena peristiwa alam dataran ini naik sehingga jadilah puncak dari gunung tertinggi di Indonesia.

Ketinggian : 4.884 mdpl
Lokasi : Papua, Indonesia
Penakluk Pertama : Jean Jacques Dozy, Anton Colijn, dan Frits Julius Wissel
Tahun : 1936

Puncak Mandala

puncak gunung mandala

puncak gunung mandala

Masih berada dikawasan Papua, Mandala menjadi puncak gunung tertinggi di Indonesia yang kedua. Puncak ini masih termasuk dalam lajur pegunungan Jaya Wijaya dan berbatasan langsung dengan Papua Nugini, atau tepatnya berada di sebelah timur Papua

Gunung yang juga dikenal dengan nama Julianatop ini dulunya merupakan salah satu puncak yang terbilang paling menantang adrenalin. Bagaimana tidak? Sama halnya dengan Carstenz, Puncak Mandala juga dikepung dengan salju. Sayangnya, seperti yang sudah dikatakan diatas, salju pada puncak Mandala telah lenyap.

Pemanasan global memberi dampak signifikan terhadap alam, khususnya puncak Mandala. Perlahan salju pada puncaknya meleleh hingga akhirnya menghilang. Data mengungkapkan jika tahun 2003 merupakan tahun terakhir puncak ini tertutup salju.

Ketinggian : 4760 mdpl
Lokasi : Papua, Indonesia
Penakluk Pertama : Max Tissing, Piet ter Laag, Arthur Escher Herman Verstappen, dan Jan de Wijn
Tahun : 1959

Puncak Trikora

puncak gunung trikora papua

puncak gunung trikora papua

Puncak gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya masih berada di kawasan Papua. Puncak Trikora atau puncak Wilhelmina awalnya dianggap sebagai puncak tertinggi kedua, hanya saja dari data SRTM didapat bahwa ketinggian puncak ini ternyata 9 meter lebih pendek dari Puncak Mandala. Jadi, Puncak Trikora mendapat urutan puncak gunung tertinggi ketiga di Indonesia.

Puncak Trikora berada di Ettiakup atau sebelah timur barisan Sudirman. Disini Kamu juga bisa menemukan kawasan hutan Dipterokarp, Dipterokarp bukit, Ericaceous, dan hutan Montane. Sama halnya dengan puncak di Papua lainnya, Puncak Trikora awalnya juga ditutupi salju. Namun, salju terakhir di puncaknya ditemukan pada tahun 1962.

Ketinggian : 4.750 mdpl
Lokasi : Papua, Indonesia
Penakluk Pertama : Versteeg, Hubrecht and Franssen Herderschee
Tahun : 1913

Gunung Ngga Pilimsit

gunung ngga pilimsit

gunung ngga pilimsit

Ngga Pilimsit terletak pada barisan pegunungan Maoke, tepatnya di wilayah Papua Barat. Dari cerita yang beredar, gunung ini ditaklukan pertama kali di tahun 1962 oleh Heinrich Harrer dan Philip Temple.

Ngga Plimsit juga dikenal dengan nama Gunung Idenburg dan puncak terdekatnya antara lain Ubia, Venusberg, Wataikwa, Carstenz, serta Puncak 4601.

Ketinggian : 4.717 mdpl
Lokasi : Papua Barat
Penakluk Pertama : Philip Temple and Heinrich Harrer
Tahun : 1962

Gunung Yamin

gunung yamin papua

gunung yamin papua

Masih dari ujung timur Indonesia, Papua. Gunung Yamin didapuk menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia dan sangat cocok didaki untuk seseorang yang tengah memburu keindahan panorama alam.

Gunung dengan luas sekitar 3.947 km2 ini memiliki struktur klastik, bebatuan gamping serta karang glaciated. Jadi bisa dibilang jika gunung ini merupakan gunung yang indah, kokoh serta mengagumkan.

Ketinggian : 4595 mdpl
Lokasi : Papua

Gunung Tertinggi di Sumatera

Gunung Kerinci

gunung kerinci

gunung kerinci

Beralih ke Sumatera. Gunung Kerinci atau Peak of Indrapura terletak di Bukit Barisan dan menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia. Hutan lebat disekililingnya menjadi habitat alami dari hewan asli Sumatera khususnya badak dan Harimau. Guna melindungi habitat alaminya, kawasan sekitarnya dijadikan Taman Nasional Kerinci Seblat

Di puncaknya, Kamu akan disuguhi dengan pemandangan Padang, Bengkulu dan Jambi yang membentang dari kejauhan. Tak hanya itu, Kerinci juga menawarkan keindahan kawah bewarna hijau dengan luas kurang lebih 400×120 meter. Ada juga danau Bento, sebuah rawa dengan air jernih yang berada di sebelah timur Kerinci.

Kerinci juga dikenal dengan nama Gunung Berapi Kurinci, Korinci, Kerinchi, Gadang, serta Puncak Indrapura. Gunung bertipe stratovolcano ini terakhir meletus pada tahun 2009. Tak hanya keindahan panorama saja yang disajikan oleh Kerinci, konon ada berbagai misteri yang menyeramkan, salah satunya misteri cindaku (manusia harimau).

Untuk mendaki gunung ini, biasanya para pendaki akan diarahkan ke jalur yang paling mudah yaitu di Desa Kersik Tuo.

Ketinggian : 3.805 mdpl
Lokasi : Jambi, Sumatera
Pendaki pertama : Von Hasselt dan Veth
Tahun : 1877

Gunung Tertinggi di Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani

puncak gunung rinjani

puncak gunung rinjani

Nusa Tenggara tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya, namun juga keindahan panorama gunung-gunungnya, salah satunya Rinjani. Gunung yang secara administratif berada di 3 kabupaten yakni Lombok Barat, Timur dan Tengah ini didapuk sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Pemandangan yang luar biasa indah dan jalurnya yang menantang menjadikannya sebagai salah satu gunung favorit para pendaki.

Kawasan Rinjani merupakan kawasan yang dilindungi. Hal ini tak lain karena kawasan sekitar Rinjani, kurang lebih seluas 41.330 ha, sudah menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

Rinjani menyajikan panorama kawah indah bewarna biru yang disebut dengan Segara Anakan. Pemandangan kawah indah ini bisa ditemukan di ketinggian 2000 mdpl. Untuk mencapai puncaknya, biasanya pendaki diarahkan ke jalur yang paling mudah yaitu via Senaru.

Ketinggian : 3.726 mdpl
Lokasi : Lombok, Nusa Tenggara Barat

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Gunung Semeru

gunung semeru

gunung semeru

Gunung Semeru merupakan gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa atau gunung berapi tertinggi di Indonesia yang ketiga. Gunung Semeru masuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan termasuk kategori gunung yang paling disukai para pendaki.

Tak hanya menyajikan keindahan kawah Jonggring Saloko di puncaknya, panorama indah ketika pendakian juga cukup menyejukkan mata. Hutan cemara, pinus, ranu kumbolo, padang oro-oro ombo, bukit edelweis, dan berbagai panorama lainnya siap mengobati kelelahan dari panjang dan sulitnya jalur yang ditempuh. Rute pendakian termudah yang biasanya dipilih para pendaki yakni rute Tumpang, Malang.

Ketinggian : 3.676 mdpl
Lokasi : Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
Penakluk Pertama : Clignet
Tahun : 1838

Gunung Sanggar

gunung sanggar

gunung sanggar

Gunung Sanggar sebenarnya masih satu gugusan dengan Rinjani, hanya saja pamornya tidak seperti Rinjani. Meski begitu, gunung tertinggi di Indonesia nomor 9 ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin merasakan petualangan dengan alam yang masih alami.

Ketinggian : 3.492 mdpl
Lokasi : Lombok, Nusa Tenggara Barat

Gunung Tertinggi di Sulawesi

Gunung Latimojong

gunung latimojong

gunung latimojong

Latimojong dengan puncaknya Rante Mario merupakan gunung tertinggi di Sulawesi. Namun, ada juga yang menyebutkan jika gunung Rantekombola merupakan gunung tertinggi. Meski begitu, keduanya masih berada di kawasan pegunungan yang sama.

Untuk para penghobi berpetualang, Latimojong adalah tempat yang cocok. Selain memiliki jalur yang menantang, pemandangan alamnya juga cukup indah.

Ketinggian : 3.478 mdpl
Lokasi : Enrekang, Sulawesi Selatan

Itulah 10 urutan gunung tertinggi di Indonesia beserta letaknya. Nah, diantara kesepuluh puncak gunung tertinggi di Indonesia diatas, puncak mana saja yang sudah kamu taklukan?

Leave a Reply