10+ Film Perang Terbaik Sepanjang Masa yang Belum Kamu Tahu

Film Perang Terbaik – Bagi kamu yang suka nonton film perang, kamu bisa cek film perang apa yang kamu suka. Disini ada beberapa daftar film perang terbaik sepanjang masa. Mulai dari film perang dunia 2, film perang kerajaan, film perang vietnam, film perang amerika, film perang kemerdekaan, film perang jepang dan film perang cina.

Film Perang Dunia 2

The Pacific (2010)

film-perang-the-pacific

the-pacific

The Pacific adalah sebuah miniseries dari HBO (Home Box Office) yang menceritakan kisah perang dunia kedua di mana terjadi pertarungan hebat antara Amerika dan Jepang, di mana Jepang pada saat itu sedang berusaha menguasai dunia dan Amerika ingin menghentikan langkah Jepang yang sangat agresif itu. Cerita yang seru dan visualisasi perang yang sangat nyata membuat film ini sangat layak untuk ditonton, apalagi mengingat film ini lahir dari “duet maut" Steven Spielberg dan Tom Hanks.

Saving Private Ryan (1998)

film-perang-Saving-Private-Ryan

Saving-Private-Ryan

Saving Private Ryan yang disutradarai oleh Stephen Spielberg ini menceritakan tentang usaha penyelamatan seorang tentara Amerika yang sedang berperang pada perang dunia ke dua atas permintaan keluarganya dimana seluruh saudaranya telah tewas akibat perang yang berkecamuk saat itu.

Film Saving Private Ryan menghadirkan setting medan perang yang cukup real dan juga menegangkan. Penggambaran perang benar-benar dibuat seperti aslinya. Sound hingga visual effect film ini memang patut diacungi jempol. Saving Private Ryan juga sukses mendapat nominasi 11 Oscar Academy Awards. Lima di antaranya berhasil dimenangkan antara lain pada kategori Best Director, Best Cinematography, Best Sound, Best Film Editing dan Best Sound Editing. Film ini juga mendapat respon positif, dengan rating IMDb 8.6 dan Rotten Tomatoes 92%. Saving Private Ryan pun disebut sebagai salah satu film perang terbaik dan terpopuler di dunia.

The Thin Red Line (1998)

film-perang-the-thin-red-line

the-thin-red-line

Film ini mengisahkan tentang prajurit muda Amerika Serikat yang bergabung dengan Army Rifle Company C-for-Charlie untuk pergi ke pulau Guadalcanal dengan misi menggantikan pasukan marinir yang sudah kelelahan dalam menjaga sebuah lapangan udara di sana.

Sutradara: Terrence Malick
Pemain: Nick Nolte, Sean Penn, Adrien Brody, John Cusack

Bitva za Sevastopol (2015)

film-perang-bitva-za-sevastopol

bitva-za-sevastopol

Kisah tentang perjalanan karir seorang Lyudmila Pavlichenko. Perang menghancurkan hidup seorang mahasiswa muda itu yang memaksanya untuk mendaftar sebagai tentara pada tahun 1941 ketimbang jadi suster bagi para tentara. Gadis itu ternyata memiliki bakat sebagai seorang penembak jitu, memiliki keterampilan dan kecakapan yang membuatnya berdiri di antara para laki-laki secara sederajat.

Lyudmila melakukan kamuflase yang sempurna di gunung yang penuh salju, inilah yang membuat sniper jerman sulit untuk membunuhnya. Melihat Pavlichenko sebagai ancaman yang serius, Komandan Tinggi Jerman memerintahkan untuk menghabisi gadis tersebut apa pun caranya.

Nonton Film Perang

Yuk, nonton film perang penakhlukan Konstantinopel

Film Perang Kerajaan

300 (2006) dan 300: Rise of an Empire (2014)

film-perang-300-Rise-of-an-Empire

300-Rise-of-an-Empire

Film kolosal tentang kisah perjuangan bangsa Romawi dalam perang semenanjung Persia, 300 adalah film action fantasi dibuat berdasarkan kisah komik yang dibuat pada tahun 1998 dengan judul dan nama yang sama. Menceritakan ulang kisah fiksi Pertempuran Thermopylae dalam Perang Persia. Film kolosal ini menceritakan tentang Raja Leonidas, yang memimpin 300 orang prajurit gagah berani dan berani mati dari Spartan ke medan perang melawan Persia yang dipimpin oleh Raja Xerxes dan pasukannya yang datang dengan 300.000 tentara.

Sedangkan 300: Rise of an Empire (2014) masih ada hubungan dengan film kolosal 300, hanya saja tokoh Raja Leonidas sudah tidak bermain lagi di film ini. Settingan masa dalam film ini adalah masa sebelum Leonidas berperang, saat berperang, dan perang setelah tewasnya Leonidas. Ada 3 bagian yang menjadi inti dari film kolosal ini, dan merupakan benang merah yang menghubungankan film kolosal 300 dan 300: Rise of an Empire.

Film Perang Vietnam

Full Metal Jacket (1987)

film-perang-Full-Metal-Jacket

Full-Metal-Jacket

Full Metal Jacket (1987) adalah sebuah film karya sutradara Stanley Kubrick, didasarkan pada novel The Short-Timers oleh Gustav Hasford. Film ini dinamai menurut peluru logam penuh yang digunakan dalam amunisi militer. Film ini menggambarkan perang Vietnam dari sudut pandang Marinir Amerika Serikat.

Tagline: “In Vietnam the wind doesn’t blow; it sucks.”

Platoon (1986)

film-perang-platoon

platoon

Film ini mengisahkan pertikaian sebuah platoon dengan musuh dan juga sesama tentara amerika pada masa perang vietnam akibat perbedaan idealisme dari para pemimpinnya. Film yang dibintangi oleh Charlie Sheen, Johnny Depp dan Willem Dafoe ini mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik pada pagelaran Academy Award Tahun 1987.

Hamburger Hill (1987)

film-perang-Hamburger-Hill

Hamburger-Hill

Film ini bersama dengan Saving Private Ryan sering dianggap sebagai film perang paling realistis dan brutal
Bahkan saat adegan awal penonton sudah disuguhi banyak adegan berdarah .

Diangkat dari kejadian nyata pertempuran di bukit 937 pada tahun 1969 antara pasukan Airborne Amerika melawan pasukan komunis Vietnam.

Pemain: Michael Boatman, Don Cheadle, Anthony Barille, dan lain-lain.

Film Perang Salib

Kingdom of Heaven (2005)

film-perang-Kingdom-of-Heaven

Kingdom-of-Heaven

Sebuah film kolosal berlatar sejarah perang Salib yang terjadi sekitar abad 12 Masehi. Ini merupakan film kolosal epic perang antara pasukan Crusaders dan pasukan Muslim. Film ini mengambil kisah dari sudut panjang umat Kristen, film ini lebih menitik beratkan kisahnya pada seorang pribadi bernama Balian yang berasal dari Ibelin. Filmnya tentu saja adalah sebuah kisah yang dipenuhi dengan bumbu dan tokoh Balian inilah yang di sorot dan dititik beratkan sebagai tokoh sentral dalam film tersebut.

Film Perang Amerika

Apocalypse Now (1979)

film-perang-Apocalypse-Now

Apocalypse-Now

Film yang selalu masuk perdebatan sebagai film perang terbesar sepanjang masa ini disutradarai oleh Francis Ford Coppola dan menceritakan tentang petualangan seorang yang ditugaskan mencari dan membunuh seorang mantan tentara Amerika yang membelot pada saat perang vietnam terjadi.

Film Perang Kisah Nyata

The Imitation Game (2014)

film-perang-The-Imitation-Game

The-Imitation-Game

Perang adalah pemicu utama kemajuan teknologi. Diangkat dari kisah nyata film ini menceritakan bagaimana Alan Turing menciptakan komputer pertama di dunia yang diguanakan untuk mentranslate pesan penuh sandi pasukan Nazi. Pesan ini lah yang menjadi kunci kemenangan pasukan Inggris karena mereka dapat mengetahui rencana pasukan Nazi.

Hitler: Rise Of Evil (2003)

film-perang-Hitler-Rise-Of-Evil

Hitler-Rise-Of-Evil

Film ini menceritakan seluruh kehidupan hitler mulai dari anak-anak hingga tewas dalam perang. Film ini sangat panjang dan menceritakan semua hal tentang hitler, bagaimana dia membenci kaum yahudi, bagaimana dia mempunyai keinginan untuk membalas kekalahan pada perang dunia 1 dan bagaimana cara dia berpolitik hingga menjadi pimpinan tertinggi Nazi dikupas tuntas pada film ini. Saking banyaknya cerita disajikan film ini mempunya 2 episode. Yah sangat panjang juga ceritanya soalnya.

Film Perang Jepang

Tora! Tora! Tora! (1970)

film-perang-Tora-Tora-Tora

Tora-Tora-Tora

Film Tora! Tora! Tora! ini adalah film documenter tentang penyerangan pasukan jepang ke amerika serikat di pangkalan militer pearl harbor yang digarap pada tahun 1970, Banyak tokoh yang mengatakan bahwa film Tora! Tora! Tora! ini lebih mendekati yang sebenarnya terjadi jika dibandingkan dengan film Pearl Harbor (2010).

Film Perang Kemerdekaan

Battle of Surabaya

film-perang-Battle-of-Surabaya

Battle-of-Surabaya

Battle of Surabaya diadaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Musa, seorang remaja penyemir sepatu yang kemudian membawa misi sebagai kurir surat-surat rahasia untuk para tentara dan milisi pejuang Indonesia. Selain surat rahasia Musa juga mengantar surat-surat pribadi para pejuang untuk keluarganya.

Jenderal Soedirman

film-perang-Jenderal-Soedirman

Jenderal-Soedirman

Jenderal Soedirman menjadi salah satu tokoh bangsa yang sangat berperan dalam memperebutkan kemerdekaan RI. Film Jenderal Soedirman bersetting saat Belanda menyatakan secara sepihak sudah tidak terikat dengan perjanjian Renville, sekaligus menyatakan penghentian gencatan senjata. Semangat perjuangan film Jenderal Soedirman akan kental terasa karena ditayangkan usai peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-70. Lokasi syuting film yang dibintangi Adipati Dolken ini bertempat di empat kota di pulau Jawa yaitu Yogyakarta, Bandung, Magelang, dan Wonosari.

Guru Bangsa: Tjokroaminoto

film-perang-Guru-Bangsa-Tjokroaminoto

Guru-Bangsa-Tjokroaminoto

Film ini mengisahkan tentang perjuangan HOS Tjokroaminoto untuk kemerdekaan RI. Film yang rilis pada 9 April 2015 ini menampilkan suasana perjuangan Tjokroaminoto dengan organisasi Serekat Islam yang didirikannya pada tahun 1800-an. Aktor utama pemeran pahlawan asal Yogyakarta ini yaitu Reza Rahadian.

Soekarno

film-perang-Soekarno

Soekarno

Hanung Bramantyo kembali memproduksi film bertemakan pahlawan. Kali ini giliran tokoh proklamator Soekarno. Film yang rilis pada 11 Desember 2013 ini telah memenangkan ajang ASEAN Intertanional Film Festival and Awards 2015. Sederet artis ternamaan ikut membintangi film seperti Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi dan Sujiwo Tejo.

Merah Putih

film-perang-merah-putih

merah-putih

Film Merah Putih merupakan kolaborasi rumah produksi nasional dengan internasional. Film yang dirilis 2009 lalu ini merupakan drama fiksi yang mengisahkan tentang peristiwa Agresi Militer Belanda I pada tahun 1947. Tiga aktor utama yang membintangi film arahan Yadi Sugandi dan Conor Allyn ini yaitu Lukman Sardi, Donny Alamsyah dan Darius Sinathrya.

Darah Garuda

film-perang-darah-garuda

darah-garuda

Film Darah Garuda merupakan lanjutan dari film Merah Putih. Masih ditangani oleh sutradara yang sama, film ini berhasil rilis pada 2010. Tiga aktor di film terdahulunya pun masih hadir di film Darah Garuda.

Film Perang China

The Lost Bladesman (2011)

film-perang-The-Lost-Bladesman

The-Lost-Bladesman

Ketiga kerajaan besar yang berkuasa di daratan China memang tak pernah berhenti saling memerangi. Kekuasaan jelas adalah alasan utama mereka saling bermusuhan. Kalau sudah bicara soal kekuasaan, kadang orang tak ragu mengorbankan banyak hal selama tujuannya bisa tercapai.

Jenderal Cao Cao (Jiang Wen) adalah salah satu penguasa yang ingin memperluas wilayahnya. Sayangnya, hanya ada satu cara agar tujuannya ini tercapai. Cao Cao harus merekrut Guan Yu (Donnie Yen), sang pendekar sakti. Ada satu masalah. Guan Yu adalah sahabat baik Liu Bei (Alex Fong), musuh besar Cao Cao.

Untuk memastikan Guan Yu berpihak padanya, Cao Cao lantas menculik Qi Lan (Betty Sun) dan tak akan melepaskan wanita ini sebelum Guan Yu menghancurkan kekuatan Liu Bei. Dengan terpaksa Guan Yu melaksanakan perintah Cao Cao. Sayangnya rencana busuk Cao Cao tak berhenti sampai di sana. Setelah Guan Yu berhasil mengalahkan tentara Liu Bei, Cao Cao malah berusaha membunuh Guan Yu karena menganggap pendekar ini terlalu berbahaya bila dibiarkan hidup.

The Rise of Genghis Khan (2007)

film-perang-The-Rise-of-Genghis-Khan

The-Rise-of-Genghis-Khan

Film ini merupakan kisah tentang Genghis Khan, sang penakluk. Berbeda dengan film-film lain yang juga menyorot kehidupan Genghis Khan, film ini memberi gambaran yang lebih dalam mengenai pribadi Genghis Khan. Tidak digambarkan sebagai manusia yang bengis, dalam film ini Genghis Khan ditampilkan sebagai sosok pemimpin yang matang ditempa alam dan kehidupan. Genghis Khan (Temudgin) tumbuh menjadi laki-laki yang kuat dan akhirnya sanggup memimpin tentaranya untuk menguasai hampir seluruh benua Asia bahkan sampai ke Rusia.

Leave a Reply