Cara Mudah Merawat Tas Wanita

Cara Merawat Tas – Bagi wanita tas merukapan sebuah fashion yang wajib dimiliki. Para wanita akan lebih percaya diri ketika mereka membawa tas saat mengunjungi sebuah acara, seperti pesta, kondangan, rapat dan lain sebagainya.

Dulu mungkin memiliki satu tas itu sudah cukup. Namun sekarang, karena tuntutan fashion yang tiada habisnya, para wanita bisa memiliki tas lebih dari satu. Hal tersebut karena tas bukan lagi sebagai tempat primer untuk membawa barang, melainkan sebuah aksesoris atau pelengkap fashion agar tampak terlihat cantik dan modis.

Berikut ini adalah cara mudah merawat tas wanita:

  1. Simpanlah tas yang telah Anda gunakan ke dalam dust bag (kantong penyimpanan), jika tidak digunakan lagi dalam waktu yang lama. Pastikan sebelum Anda menyimpannya, tas tersebut dalam keadaan kering.
  2. Tas yang tidak Anda gunakan (tas yang disimpan) untuk waktu yang lama. Maka, sesekali dikeluarkan untuk diangin-anginkan.
  3. Gunakan produk anti lembab seperti silica gel atau kamper, lalu letakkan ke dalam tas. Hal tersebut agar tas tidak berjamur, terutama jika Anda menyimpannya di dalam lemari.
  4. Jika Anda memiliki tas sintetis (tas berbahan plastik) dan tas kulit, sebaiknya Anda pisahkan keduanya. Hal tersebut karena tas plastik dapat menyerap bahan warna pada kulit yang nantinya akan menyebabkan tas kulit jamuran dan bernoda.
  5. Perlakukanlah tas kulit Anda dengan perwatan yang khusus, karena tas kulit rentan terhadap gesekan, sobekan dan kerutan. Oleh karena itu hindari berlama-lama terkena kontak langsung dari sinar matahari, karena dapat merusak permukaan kulit seperti retak atau pecah-pecah.
  6. Pastika tas kulit Anda selalu kering. Jika terkena air atau basah, lekas keringkan dengan perlahan menggunakan lap yang lembut.
  7. Bila tas kulit Anda telah berjamur, bersihkan dengan lap yang bertekstur lembut. Jika terdapat bercak putih di dalam tas, maka bersikan terlebih dahulu dengan sikat halus lalu bersihkan dengan lap kering. Gunakan saddle soap (sabun khusus kulit) atau krim khusus pembersih kulit.
  8. Jika tas yang kamu miliki itu terbuat dari tas sintetis, bersihkanlah dengan lap karet. Celupkan terlebih dahulu ke dalam larutan cuka lalu gosok secara perlahan.
  9. Gunakanlah lilin pada resleting tas Anda agar tidak macet. Bersihkanlah kotoran-kotoran yang ada pada resleting tas agar berjalan dengan mulus saat membuka atau menutup tas.

Tips Merawat Tas Wanita Branded

1. Tas Suede

Tas Suede atau sering dikenal bludru ini cukup banyak diminati kaum wanita. Sebenarnya ada perbedaan antara bludru dan seude. Kalau bludru itu berbahan kain sedangkan suede itu berbahan kulit yang dibalik dan sudah di samak.

Suede memiliki model yang unik dan terkesan santai. Akan tetapi perawatan untuk bahan suede ini lebih sulit dari bahan sintetis. Masalah terbesar untuk tas berbahan suede ialah jika ada noda menempel sulit dibersihkan. Oleh sebab itu, berikut ini adalah cara perawatan tas berbahan suede:

  • Jika terkena noda: Usapkan air hanya pada bercaknya saja karena jika dicuci semua makan bercak akan semakin menjalar banyak.
  • Jika terkena minyak: Ambil tepung maizena usapkan sedikit pada bahan suede yang terkena minyak. diamkan 25-30 menit, taburkan sedikit maizena dan sikat suede dengan lembut.
  • Saat mencuci jangan gunakan sabun, cukup gunakan kuas lukis. Basahi tas lalu gosok pelan dengan kain lukis dan gunakan tissue atau kain halus untuk menyerap air agar cepat kering.

2. Tas Taiga

Taiga hampir sama dengan bahan kulit jeruk atau sintetis. Perawatan untuk tas branded ini pun memiliki sedikit perbedaan. Berikut ini cara perawatannya:

  • Hindari terkena minyak wangi, karena tas yang sering terkena mintak wangi warnanya akan mudah memudar.
  • Jangan gunakan detergent untuk mengilangkan noda, cukup campurkan baking soda dalam air kemudian gosokkan perlahan pada noda tersebut.
  • Hindarkan dari paparan sinar matahari langsung terlalu lama.

3. Tas Bahan Sintetis

Sintetis atau sering disebut Pu leather menyerupai bahan kulit asli. Masalah umum tas branded berbahan sintetis adalah kulit mengelupas. Berikut adalah cara perawatan kulit sintetis:

  • Jangan menyimpan tas pada tempat lembab, karena tempat lembab akan membuat tas sintetis cepat rapuh
  • Gunakan dustbag saat menyimpan agar tidak terkena debu
  • Setelah dipakai untuk pergi bersihkan tas dengan lap microfiber untuk menghilangkan debu menempel pada tas
  • Jika terkena noda jangan cuci dengan detergent karena detergent akan merusak bahan sintetis, cukup usap air hangat dengan lembut.
  • Hindari tas terpapar sinar matahari langsung terlalu lama
  • Tas yang sering dipakai akan lebih baik dari pada disimpan lama
  • Jika resleting mengalami gangguan atau susah untuk berjalan cukup gosokkan lilin pada resleting.

4. Tas Bahan Kanvas

Tas ini biasanya digunakan oleh anak sekolah, traveler atau kerja. Jenis tas ini sangat digemari karena mudah dalam perawatan dan tidak mudah rusak. Berikut ini beberapa tips perawatan pada tas bahan kanvas:

  • Sebelum tas dibersihkan, isi penuh tas dengan kain atau kertas agar tas telihat semua.
  • Basuh tas dengan air pelan-pelan sambil gosok-gosok tas dengan sikat semir sepatu yang belum pernah dipakai.
  • Jika ada noda sulit dihilangkan, gunakanlah air hangat untuk membersihkannya.
  • Sebisa mungkin hindari dari noda tinta pulpen karena memang sulit dihilangkan pada bahan kanvas ini.

Demikianlah cara dan tips merawat tas wanita, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pecinta tas wanita (sista-sista dan emak-emak). Terima Kasih.

Tags:,

One Response

  1. tas etnik wanita murah Januari 23, 2017

Leave a Reply