10+ Cara Membuat Hantaran Pernikahan yang Bagus, Menarik dan Unik

Banyak cara membuat hantaran pernikahan, seperti cara membuat hantaran pernikahan dari kain, dari pakaian dalam, dari baju, dari mukena, bentuk binatang, dari handuk, dari uang, dari sprei, dari bed cover, dari kain batik, dari mukena bentuk masjid dan lain-lain.

Membuat hantaran pernikahan yang menarik dan cantik tidaklah sulit. Kuncinya hanya pada aksesoris yang digunakan dan cara menghiasnya. Oleh karena itu, membuat hantaran pernikahan membutuhkan beberapa tips. Di bawah ini akan kami berikan tips-tips dalam membuat hantaran pernikahan yang bagus, menarik dan cantik.

Tips-tips Membuat Hantaran Pernikahan

hantaran-nikah

cara membuat hantaran pernikahan

Tidak terlalu banyak aksesoris

Dalam membuat hantaran pernikahan, pertama kali yang dibutuhkan adalah aksesoris. Gunakan aksesoris yang sesuai dan tidak berlebihan. Karena aksesoris yang berlebihan dapat membuat penampilan hantaran pernikahan tidak sedap dipandang dan tidak indah.

Sebaiknya kamu fokus pada hantaran apa yang akan kamu berikan. Dengan membuatnya sesimpel mungkin dan penataan yang bagus, hantaran pernikahanmu akan menjadi lebih indah. Jadi jangan terlalu banyak aksesoris ya.

Gunakan pita sebagai hiasan

Salah satu aksesoris yang penting dalam membuat hantaran pernikahan adalah pita. Hantaran pernikahan akan tampak manis bila dihiasi dengan pita. Pita dapat digunakan untuk menghias hantaran pernikahan pada bagian atasnya, biasanya sebagai tali.

Pita yang bagus untuk hantaran pernikahan adalah pita yang terbuat dari bahan kain, seperti pita jepang, pita organdi dan pita satin. Pita yang terbuat dari bahan kain sangat mudah dibentuk sehingga bisa digunakan untuk hiasan hantaran pernikahan.

Kreasikan bentuk hantarannya

Supaya hantaran pernikahan bisa menarik perhatian orang, alangkah baiknya kamu membuat bentuk hantarannya berbeda satu dengan lainnya. Hal ini untuk mencegah rasa bosan orang yang melihatnya. Misalnya untuk mukena hantarannya dibuat bentuk hewan. Sedangkan hantaran lainnya seperti mas kawin (uang) dapat dibuat seperti kipas. Kreasi bentuk hantaran yang kamu buat dapat membuat orang tertarik dan tidak bosan.

Sesuaikan bentuk hantaran dengan isi hantarannya

Hal yang paling penting dan banyak orang yang keliru ialah dalam mengkombinasikan bentuk hantaran dengan isinya. Sesuaikan bentuk hantaran dengan isi yang akan diberikan. Jangan sampai kamu memilih wadah hantaran yang tidak cocok dengan isinya. Misalnya hantaran yang diberiakan besar, maka wadah hantarannya pun juga harus besar. Sebisa mungkin ada space juga, untuk isi hiasannya.

Gunakan plastik pembungkus serta jarum pentul

Untuk menghindari kotoran dan debu yang berterbangan, sebaiknya gunakan plastik untuk membungkusnya. Plastik yang digunakan pun bisa kamu kreasikan, misalnya menggunakan plastik yang bermotif untuk memperindah hantaran.
Gunakan juga jarum pentul agar hantaran pernikahan tampak rapih dan tidak mudah rusak. Karena dengan kemasan yang rapih dan indah, hantaran pernikahan mu akan tampak lebih elegan.

Gunakan motif yang berbeda

Seperti yang telah disinggung di atas, hantaran pernikahan yang bagus itu adalah ketika orang lain tidak bosan untuk melihatnya. Maka dari itu, sebisa mungkin kamu kreasikan hantaran pernikahanmu. Meskipun hantarannya sederhana tapi karena bagus cara mengemasnya, hantaran pernikahanmu akan banyak dilirik orang. Hehe…

Misalnya dalam memilih plastik pembungkus atau wadah hantaran. Usahakan memakai motif yang berbeda, tujuannya agar orang yang melihatnya tidak bosan.

Cara Membuat Hantaran Pernikahan dari Pakaian Dalam

hantaran-dari-pakaian-dalam

hantaran pernikahan dari pakaian dalam

Cara Membuat Ayam Jago dari Pakaian Dalam

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah:

  • Lingerie (pakaian dalam untuk wanita)
  • Bra Berbusa dan berkawat
  • Plastik dan mata boneka
  • Jarum pentul
  • Pita

Cara Membuatnya

Pertama-tama siapkan baju dalam dan bra

Untuk membuat badan ayam, lipat dan tangkupkan cup bra menjadi satu, lalu sematkan dengan jarum pentul.

Untuk membuat paruh ayam, lipat baju dalam kemudian gulung ke 2 sisinya ke tengah sampai membentuk paruh ayam.

Setelah itu masukkan paruh ayam ke dalam badan ayam, lalu sematkan menggunakan jarum pentul.

Tahap akhir, buatlah paruh dari kertas emas dan buatlah ekornya dari pita.

Cara Membuat Anak Bebek dari Celana Dalam

Pertama-tama, ikat menjadi satu bagian bawah celana dalam dengan pita. Untuk dijadikan ekor anak bebek.

Setelah itu, lipat bagian bawah celana membentuk segitiga kecil sampai membentuk mulut bebek. Lalu ikat dengan pita kecil.

Kemudian ambillah sedikit kertas koran, lalu bentuk bulatan kecil, untuk dijadikan kepala anak bebek. Kemudian gabungkan dan satukan dengan mulutnya.

Rapihkan bagian kepala sampai kebawah untuk membentuk leher. Lalu ikat bawahnya dengan pita kecil.

Untuk membentuk badanya, ambillah kertas koran, lalu buat bulatan. Kemudian pasangkan diantara leher dan ekor.

Setelah itu, gabungkan leher ke badan dan juga ekor ke badan. Bantu dengan menggunakan jarum pentul.

Terakhir, rapihkan bagian sampingnya dengan cara mengikat bahan ke ke2 sisi badan untuk dijadikan sebagai sayap.

Lalu pasang mata mainan dengan ukuran yang sesuai.

Cara Membuat Cumi-cumi dari Pakaian Dalam

Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, diantaranya sebagai berikut:

  • Jarum pentul
  • Lingerie
  • Mata boneka dan plastik
  • Pita
  • Kain felt (untuk membuat hidung)

Cara Membuatnya

Pertama-tama, tumpuklah bra menjadi satu, lipat lalu gulung secara bersamaan hingga bertemu di pertengahan mangkuk bra. Usahakan sampai membentuk badan cumi-cumi.

Sematkan jarum pentul di bagian belakangnya.

Terakhir, tempelkan mata dan hidung dari kain felt.

One Response

  1. Kalkulator Grosir Oktober 21, 2016

Leave a Reply