10 Langkah Cara Membuat Cuka Apel yang Benar

Cara Membuat Cuka Apel – Membuat cuka apel banyak sekali caranya. Ada cara membuat ramuan bawang putih cuka apel, cara membuat ramuan bawang putih cuka apel, cara membuat cuka sari apel, cara membuat cuka apel alami, cara membuat cuka apel organik dan cara membuat cuka apel tahesta.

Cara membuat cuka apel buatan sendiri memang sangat ekonomis dan berkhasiat. Cuka apel merupakan air fermentasi yang berasal dari bubuk apel, dalam bahasa ilmiah disebut sebagai apple cider vinegar. Sedangkan orang Indonesia menyebutnya dengan cuka apel.

Cuka apel memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya terdapat kandungan seperti asam asetat, asam amino, vitamin, garam dan mineral. Oleh karena itu, banyak sekali manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh.

cuka-apel-buatan-sendiri

cuka apel

Nah, sekarang bagaimana cara membuat cuka apel sendiri di rumah? Alat dan bahannya cukup mudah kok. Berikut ini akan kami paparkan langkah cara membuat cuka apel yang benar.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 4 Buah Apel yang sudah dipotong dadu ukuran 1 inch
  • 1 Liter air bersih
  • ¼ cangkir gula pasir, untuk proses fermentasi
  • ¼ cangkir cuka apel organik murni (maksudnya yang belum mengalami proses pemanasan), cuka apel organik ini bertujuan untuk mempercepat proses fermentasi cuka, ini hanya optional, kamu juga bisa untuk tidak menggunakannya.
  • Toples kaca yang berukuran besar

Cara membuat cuka apel:

cuka-apel-tahesta

cuka apel tahesta

  1. Pertama-tama masukkan potongan apel ke dalam toples.
  2. Kemudian siapkan secangkir air yang sudah dicampur dengan gula, lalu tuangkan ke dalam toples yang berisi apel.
  3. Masukkan cuka apel organik (optional).
  4. Lalu tambahkan air sampai semua bagian apel terendam oleh air. Kemudian aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Tutup toples serapat mungkin, bila perlu bungkus lagi tutupnya dengan kain, lalu ikat dengan kencang.
  6. Letakkan toples di tempat yang aman dan hangat, hindari terkena langsung sinar matahari. Lalu diamkan 2 sampai 3 minggu.
  7. Setelah 3 minggu, buka toples cuka apel, lalu pindahkan air cuka apel ke wadah atau toples lain, buang potongan apelnya, kemudian masukkan lagi air cuka apel ke toples sebelumnya.
  8. Aduk kembali air cuka apelnya, lalu tutup toples dengan rapat seperti sedia kala. Diamkan lagi selama 2 sampai 3 minggu.
  9. Kemudian kamu bisa memantaunya sekali-kali sambil mengaduk air cuka apel. Sembari mencicipi apakah sudah mendapatkan kadar keasaman yang diinginkan. Bila sudah cuku, maka air cuka apel sudah bisa dikonsumsi.
  10. Agar tetap terjaga, simpan cuka apel yang sudah jadi ke dalam kulkas.

Demikianlah artikel tentang cara membuat cuka apel yang benar. Namun jika kamu kesulitan untuk membuatnya, kamu bisa beli langsung di jual cuka apel. Semoga bermanfaat.

One Response

  1. papapaz Desember 2, 2016

Leave a Reply