10+ Resep Cara Membuat Cakwe yang Empuk, Enak dan Gurih

Banyak resep dan cara membuat cakwe, seperti cara membuat cakwe sederhana, cakwe bangka, cakwe bandung, cakwe bantal, cakwe basah, cakwe medan, cakwe pontianak, cakwe bubur, cakwe udang, cakwe kukus, cakwe china dan lain sebagainya.

Siapa yang tidak kenal cakwe. Makanan ini banyak dijual di sekolah-sekolah. Makannya cakwe sangat populer di Indonesia. Kalaulah dulu kamu hanya bisa jajan cakwe, sekaran kamu juga bisa kok buat sendiri dirumah.

Sebelum membuat cakwe, ketahui dulu yuk sejarah atau asal usul cakwe.

Sejarah Cakwe

cakwe

asal usul cakwe

Cakwe atau bisa juga disebut cakue, cahkwe merupakan makanan khas negeri Tiongkok. Disana makanan ini dikenal dengan nama You Tiao yang artinya hantu yang digoreng. Wah, aneh yaa. Jadi penamaan ini ada kaitannya dengan sejarah Tiongkok dahulu kala.

Diceritakan pada zaman dahulu kala ada seorang perdana menteri Tiongkok bernama Qin Hui, ia sangat kejam dan dibenci oleh rakyatnya. Akhirnya masyarakat yang benci itu membuat makanan dari tepung beras yang dibentuk menjadi dua batang. Tujuannya hanya untuk melambangkan Qin Hui dan juga istrinya.

Karna rakyat tidak bisa berbuat apa-apa, sebagai bentuk kebencian mereka akhirnya menggoreng makanan tadi untuk dimakan bersama-sama. Oleh karena itu makanan tersebut diberi nama zha guo, you tiao atau you gouzi yang istilah populernya di Indonesia cakwe atau cahkwe.

Cakwe ini bisa dikonsumsi secara langsung atau dimakan bersama bubur panas, sebagaimana masyarakat Tiongkok biasanya lakukan. Ada juga yang memakannya dengan susu kedelai.

Makanan cakwe saat ini banyak sekali variasinya, seperti cara membuat cakwe bandung, cakwe bangka, cakwe bantal, cakwe basah, cakwe bubur, cakwe medan, cakwe pontianak, cakwe sederhana, cakwe udang, cakwe china, cakwe kukus dan lain-lain.

Di Bandung biasanya cakwe disantap dengan odading atau menjadi pelengkap bubur ayam. Di Solo cakwe biasanya disantap dengan susu kedelai, “emm..yummy”. Sedangkan di Ketapang dan Pontianak, cakwe dibuat dengan rasa manis lalu disantap besama makanan Tiongkok juga seperti, Lek Taw Zuan.

Seiring berjalannya waktu variasi cakwe saat ini juga semakin banyak diantaranya seperti, cakwe isi udang, cakwe isi bengkoang, cakwe mini, cakwe keju, cakwe kentang, cakwe galaxy, cakwe rebus dan lain sebagainya.

Cara Membuat Cakwe Sederhana

cakwe-gurih

Cakwe Sederhana

Cakwe yang kita akan buat adalah cakwe sederhana, maksudnya resep dan cara membuatnya seperti kebanyakan pada umumnya. Cara membuat cakwe sederhana ini tidak membutuhkan bahan-bahan yang sulit dan cara membuatnya pun mudah. Yuk kita intip apa saja bahan-bahannya.

Bahan-Bahan Cakwe Sederhana

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan sebelum membuat cakwe sederhana adalah sebagai berikut:

  • 250 gram tepung terigu dengan kualitas tinggi
  • ¾ sendok teh garam dapur yang halus
  • ½ sendok teh baking soda
  • ½ sendok makan baking powder
  • 200 mililiter air bersih
  • Minyak goreng secukupnya

Kemudian siapkan bahan-bahan untuk membuat sausnya, yaitu sebagai berikut:

  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 2 sendok makan saus tomat
  • ½ sendok teh garam dapur
  • ½ sendok makan tepung maizena
  • ½ sendok makan sambal yang instan
  • 175 mililiter air bersih

Cara Membuat Cakwe Sederhana

Pertama-tama, ambillah wadah yang cukup besar lalu masukkan baking soda, garam dapur dan baking powder. Aduk semuanya sampai tercampur rata.

Masukkan tepung terigu lalu aduk lagi sampai benar-benar rata (kalis). Kemudian masukkan air bersih, aduk lagi sampai rata. Apabila sudah kalis dan rata, diamkan terlebih dahulu adonannya, kira-kira sekitar 15 sampai 20 menit.

Setelah didiamkan selama 20 menit, aduk lagi adonannya supaya bagian tengah dan pinggirnya tercampur rata, lalu diamkan lagi 20 menit. Proses ini terus diulangi sampai adonan cakwenya elastis, kalis dan mudah dibentuk.

Setelah adonan benar-benar elastis, pipihkan adonan cakwenya lalu olesi minyak di kedua sisinya supaya tetap lembab. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang di bungkus plastik. Lalu simpanlah dalam kulkas selama 8 jam atau satu malam.

Setelah satu malam, keluarkan adonan lalu pipihkan menggunakan gilingan, untuk ketebalannya sesuai dengan keinginan. Tetapi biasanya ketebalannya sekitar setengah sampai 1 centimeter.

Setelah dipipihkan, potong-potong adonan tersebut menjadi beberapa potongan kecil. Lalu gabungkan dua potongan menjadi satu. Tekan bagian tengahnya dengan sumpit dan jangan sampai terputus. Kemudian tarik adonan itu sampai 2 kali lipat lebih panjang dari ukuran sebelumnya.

Langkah terakhir, siapkan penggorengan dengan minyak goreng secukupnya. Panaskan dengan api yang kecil sampai minyak panas. Setelah itu masukkan adonan cakwe satu demi satu ke dalam penggorengan. Jangan lupa untuk membolak-balik adodannya sampai semua matang secara merata.

Cakwe yang sudah matang warnanya kuning kecoklatan. Apabila sudah matang segera diangkat lalu tiriskan, agar minyaknya berkurang.

Oke cakwenya sudah jadi, tapi masih ada yang kurang yaitu sausnya, yuk kita buat sausnya dulu.

Cara Membuat Saus Cakwe Sederhana

Saus cakwe ibarat garam, sayuran kalau tidak ada garam rasanya pasti hambar. Sama halnya dengan saus cakwe, meskipun tanpa sauspun enak, dengan keberadaan sausnya, cakwenya semakin enak.

Cara membuatnya sangatlah mudah, pertama campurkan garam, gula, saus sambal, bawang putih, saus tomat dan air ke dalam satu wadah.

Aduk sampai merata lalu rebus hingga mendidih. Kemudian angkat dan masukkan tepung maizena secara bertahap sambil terus mengaduk. Bila sudah merata, saus ini siap disajikan bersama dengan cakwe yang telah kamu buat.

Demikianlah langkah cara membuat cakwe beserta dengan sausnya. Sebenarnya masih banyak lagi resep membuat cakwe. Dan kami akan selalu terus menambahnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply