10+ Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami Dengan Cepat

Ada banyak cara memanjangkan rambut. Diantaranya cara memanjangkan rambut secara alami, cara memanjangkan rambut dengan cepat, cara memanjangkan rambut dalam 1 hari, shampo untuk memanjangkan rambut dan lain sebagainya.

Rambut merupakan sebuah mahkota yang harus kita jaga, baik dari segi kesehatannya dan keindahannya bila dipandang mata. Kamu tentu ingin memiliki rambut yang bagus, panjang dan sehat bukan. Oleh karena itu, pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai cara memanjangkan rambut secara alami dengan cepat.

rambut-botak

1. Menggunakan Conditioner

Sering menggunakan conditioner setelah keramas akan membuat rambut cepat panjang dan bagus. Conditioner juga bisa menjaga rambut agar tetap lembab dan terhindar dari kerusakan rambut seperti rambut kusam, rapuh dan kering. Maka dari itu gunakanlah conditioner setelah keramas setidaknya minimal dua kali seminggu.

2. Mengurangi Pemakaian Alat Pemanas Rambut

Banyak kaum wanita yang menggunakan alat pemanas rambut agar rambutnya terlihat lebih indah dan rapih. Namun perlu diketahui bahwa pemakaian alat pemanas rambut seperti hair dryer, pengeriting dan lain sebagainya bisa membuat rambut menjadi rapuh dan mudah rontok atau patah. Hal tersebut disebabkan karena tekanan panas yang dihasilkan dari alat itu menghambat pertumbuhan rambut, jadi proses tumbuhnya rambut akan lebih lama.

Oleh karena itu, sebaiknya proses pengeringan rambut dilakukan secara alami saja. Bisa dengan diangin-angini atau jika memang ketika terburu-buru bisa menggunakan alat pemanas rambut tapi dengan suhu yang tidak terlalu panas. Kamu juga bisa menggunakan vitamin rambut agar rambutmu selalu sehat dan indah.

3. Memijat Kulit Kepala Secara Rutin

Untuk bisa merangsang tumbuhnya rambut, sering-seringlah memijat kulit kepala, setidaknya minimal tiga kali seminggu. Dengan adanya pemijatan yang rutin, sirkulasi peredaran darah pada kulit kepala akan menjadi lancar sehingga rambut akan cepat tumbuh dan panjang.

Pemijatan kulit kepala tidak harus dilakukan di salon (dengan cara creambath), tapi kamu bisa melakukannya sendiri, selain lebih ekonomis juga lebih leluasa. Kamu bisa memijat kulit kepalamu pada saat keramas, kira-kira selama 3-5 menit.

4. Hindari Mewarnai Rambut

Menggunakan pewarna rambut secara terus-menerus sangat tidak baik untuk kesehatan rambut, apalagi sering gonta-ganti pewarna rambut. Kita tahu pewarna rambut memiliki kandungan kimia yang bisa merusak kulit kepala dan menghambat pertumbuhan rambut.

Oleh sebab itu kurangi pemakaian pewarna rambut agar kulit rambutmu selalu sehat dan terjaga.

5. Memperbanyak Konsumsi Protein

Dalam merawat rambut agar tetap sehat dan indah diperlukan perawatan luar dan dalam. Untuk perawatan luar seperti pemakaian shampo, conditioner, pijatan dan lain sebagainya. Sedangkan perawatan dalam yaitu dengan mengkonsumsi asupan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi.

Makanan-makanan yang memiliki kandungan protein seperti kacang-kacangan, daging dan susu bisa dengan mudah kamu dapatkan. Protein merupakan nutrisi yang dibutuhkan rambut untuk tumbuh cepat, selain itu menjaga rambut agar selalu sehat dan tidak mudah rusak.

rambut-panjang

gaya rambut pria masa kini

6. Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu bahan herbal alami yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Memiliki sifat antioksidan yang tinggi sehingga bisa memperlancar sirkulasi aliran darah pada kulit kepala.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan menyeduh teh hijau lalu balurkan pada kulit kepala secara merata, setelah itu bungkus rambut dengan handuk. Lalu, diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Selain untuk dibalurkan pada kulit kepala, kamu juga bisa mengkonsumsi air seduhan teh hijau. Banyak sekali manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh kita diantaranya sebagai penangkal radikal bebas dan antik kanker.

7. Menggunakan Santan

Santan ternyata juga bisa digunakan untuk memanjangkan rambut. Bukan hanya memperpanjang rambut tetapi juga bisa untuk melembutkan dan menghaluskan rambut.

Cara pemakainannya minimal dua kali dalam seminggu. Balur kulit kepala dengan santan sambil melakukan pemijatan. Setelah itu tutup dengan handuk yang hangat, lalu diamkan sampai 20 menit, kemudian bilas sampai bersih. Lakukanlah secara rutin agar rambut menjadi lembut dan halus.

8. Menggukanan Lidah Buaya

Sudah umum banyak diketahui bahwa lidah buaya sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut, terutama untuk memanjangkan rambut. Banyak produk-produk perawatan rambut yang bahanya terbuat dari lidah buaya.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengupas lidah buaya, lalu oleskan gelnya di rambut dan kulit kepala, setelah itu diamkan sekitar 20-30 menit, kemudian bilas sampai bersih. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes madu pada gel lidah buaya agar hasilnya lebih maksimal.

9. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk menyuburkan rambut. Cara menggunakannya cukup mudah, pertama-tama ambil 5 tetes minyak zaitun lalu usapkan pada kulit kepala, kemudian pijat dengan lembut selama 10 menit. Diamkan semalaman, lalu pada saat mandi pagi bilas sampai bersih.

10. Menggunakan Minyak Kemiri

Sama halnya dengan minyak zaitun. Minyak kemiri juga sangat ampuh untuk meyuburkan rambut dan bisa dijadikan obat penumbuh rambut. Kamu bisa melakukan pemijatan di area kulit kepala dengan minyak kemiri. Memang waktu yang paling tepat ialah dilakukan pada saat malam hari, agar hasilnya maksimal. Untuk cara penggunaannya sama dengan menggunakan minyak zaitun.

Leave a Reply