Cara Sukses Budidaya Lele Sangkuriang Agar Panen Melimpah

Budidaya Lele Sangkuriang – Bagi kamu yang masih mencari ide bisnis rumahan dengan modal kecil, budidaya ikan lele mungkin bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu jalankan. Bisnis budidaya ikan lele sampai saat ini masih sangat besar peluangnya.

Hal ini dikarenakan permintaan pasar untuk ikan lele semakin besar, baik dalam bentuk bibit lele ataupun lele siap konsumsi. Selain itu ikan lele terbilang cukup mudah untuk dibudidaya.

Ada banyak jenis ikan lele yang bisa dibudidaya, seperti ikan lele lokal, ikan lele dumbo, ikan lele sangkuriang dan ikan lele phyton. Akan tetapi, di Indonesia masih jarang yang membudidaya ikan lele jenis phyton.

Budidaya ikan lele sebenarnya sangat mudah, tidak seperti budidaya ikan jenis lain. Meski demikian, sebagian pembudidaya ikan lele enggan untuk belajar cara budidaya ikan lele yang baik dan benar, sehingga banyak yang gagal.

Penyebab utamanya adalah lambatnya pertumbuhan serta tingginya kematian ikan lele. Hasilnya dapat dipastikan mereka mengalami kerugian karena hasil panen tidak seperti yang diharapkan.

Pada artikel kali ini kita akan mengulas budidaya ikan lele sangkuriang, kita memilih ikan lele jenis sangkuriang karena pertumbuhannya yang relatif cepat dibanding jenis lele lain. Disamping itu permintaan ikan lele jenis sangkuriang saat ini sedang melonjak tinggi. Untuk itu prospek lele sangkuriang cukup menarik untuk dijalankan.

Nah, berikut cara budidaya lele sangkuriang yang baik dan benar.

Persiapan Kolam Budidaya Lele Sangkuriang

kolam-lele-sangkuriang

lelesangkuriangkracak.blogspot.com kolam ikan lele sangkuriang

Perisiapan kolam termasuk hal yang urgen dalam budidaya lele sangkuriang, karena tiap jenis ikan berbeda habitatnya. Kolam untuk budidaya lele sangkuriang tidak harus di tanah atau empang, jika ingin lebih praktis kamu bisa membuat kolam dari terpal. Atau kalau ingin kolam yang tahan lama kamu bisa membuat kolam dari beton. Tentu disesuaikan dengan budget kamu juga ya, jangan sampai modal kamu habis hanya untuk membuat kolamnya saja.

Pemilihan Bibit yang Unggul

bibit-lele-sangkuriang

indotrading.com bibit lele sangkuriang

Jika kamu ingin mendapat hasil melimpah, tentu kamu harus selektif dalam memilih bibit lele sangkuriang. Pilihlah bibit lele yang unggul dan berkualitas, tidak punya cacat fisik, gerakannya lincah serta warnanya cerah. Perlu diketahui bibit lele unggul yang berkualitas biasanya berasal dari indukan lele yang berkualitas pula.

Untuk itu sebelum memilih bibit lele sangkuriang pastikan kamu mengamati indukan dari bibitnya, jika indukannya bagus dapat dipastikan bibit yang dihasilkan juga bagus dan berkualitas.

Penyebaran Bibit ke Kolam

Proses penyebaran bibit lele sangkuring merupakan hal yang sangat penting. Penyebaran bibit harus dilakukan dengan hati-hati dan bertahap, agar bibit lele sangkuriang yang disebar tidak mengalami stress yang akan mengakibatkan penurunan kualitas lele sangkuriang.

Pemberian Pakan Lele Sangkuriang

pakan-lele-sangkuriang

satujam.com pemberian pakan lele sangkuriang

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, berikan pakan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan lele sangkuriang. Salah satu pakan yang bagus untuk pertumbuhan lele sangkuriang adalah pelet. Untuk pemberian pakan bisa dilakukan 2 kali sehari, dan sebaiknya dilakukan secara teratur agar lele sangkuriang bisa berkembang dengan baik. Kalau ingin menghemat biaya pakan bisa juga diberikan pakan tambahan seperti cacing dan keong mas.

Pemanenan Lele Sangkuriang

Pemanenan adalah tahap terakhir dari budidaya lele sangkuriang. Usia lele yang siap dipanen berkisar antara 3-5 bulan. Sebelum lele sangkuriang dipanen, sebaiknya ikan lele jangan diberi pakan agar tidak buang kotoran ketika diangkut. Ketika proses pemanenan jangan lupa juga untuk menyortir lele, pisahkan lele sangkuriang berdasarkan ukurannya. Karena hal ini berdampak pada kualitas harga lele sangkuriang.

Demikianlah pengetahuan seputar budidaya lele sangkuriang. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Leave a Reply